Wali Kota Tangerang Soroti Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh.jpg

Pendidikan

Wali Kota Tangerang Soroti Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh

Hampir setahun sudah metode Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ diterapkan di Indonesia dengan siswa-siswi belajar secara daring di rumah masing-masing dengan pendampingan orangtua sebagai pengganti guru. Tak bisa dipungkiri walau hampir setahun berjalan, kendala kerap muncul dalam metode PJJ, khususnya dari sisi orangtuanya terkait kesabaran dan wawasan mereka di berbagai mata pelajaran saat mendampingi putra-putrinya. Hal inilah yang disoroti Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang mendorong agar kegiatan parenting online rutin digelar demi mengatasi hal tersebut.

Masalah yang muncul saat PJJ sebenarnya pernah terjadi di Kecamatan Larangan Kota Tangerang dan berakhir nahas. Di mana pada tahun 2020 seorang ibu tega memukuli buah hati yang susah untuk diajak mengikuti PJJ. Dari mulai cubitan hingga dihantam menggunakan gagang sapu, ketidaksabaran itu berujung dengan buah hatinya yang berumur delapan tahun itu mengembuskan napas terakhirnya. Sehingga tak dipungkiri pembinaan orangtua dalam menggandeng putra-putrinya saat PJJ sangat dibutuhkan.

Wali Kota Tangerang Soroti Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh .jpg

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tersebut saat membuka kegiatan parenting online bertajuk Pembahasan Mendampingi Anak Dengan Bijak Pada Pembelajaran Berbasis Digital sangat mendorong parenting online rutin digelar karena disinyalir dapat menjadi metode untuk membantu pembinaan orangtua saat PJJ. Di mana kegiatan ini digelar secara daring dan digelar Dinas Pendidikan Kota Tangerang untuk kepala sekolah, orangtua serta para penilik pendidikan di Kota Tangerang.

Saat membuka kegiatan virtual ini, Arief menyoroti mengenai kendala yang dihadapi oleh orangtua dalam sesi PJJ. Karena selain menjadi orangtua, mereka juga tetap harus mampu mengemban tugas sebagai pengganti guru di rumah di tengah pandemi COVID-19. Namun di sisi lain, Wali Kota Tangerang itu juga mengapresiasi langkah Dinas Pendidikan Kota Tangerang yang berusaha mengurangi beban orangtua saat PJJ melalui video pembelajaran.

[Baca Juga: PJJ Masih Berlanjut, Orangtua Harus Tetap Semangat Dampingi Anak]

“(Video pembelanjaran) akan terus dievaluasi dan disempurnakan agar ilmunya bisa didapatkan oleh anak-anak. Semua stakeholder pendidikan memiliki kepentingan yang sama untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Tangerang,” sambung Arief, Sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (3/3/2021).

Kembali mengulas mengenai kendala yang dihadapi orangtua di Tangerang saat mendampingi buah hatinya PJJ, Wali Kota Tangerang itu mendorong agar kegiatan parenting online terus digelar secara rutin dan bisa memanfaatkan YouTube demi menjangkau lebih banyak orangtua lagi di wilayahnya. “Agar orangtua juga bisa mengawal proses pembelajaran bagi anak-anaknya,” tambah Arief.

Dari sisi Dinas Pendidikan Kota Tangerang sendiri menjelaskan, tujuan utama dari parenting online yang digelar pihaknya selama dua hari (3-4 Maret 2021) adalah untuk meningkatkan kemampuan orangtua perihal memanfaatkan teknologi dalam mendampingi putra-putrinya di PJJ. Di mana dalam realisasinya terdapat tiga zona dengan pembahasan topik yang berbeda.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.