Pastikan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru di Surabaya Stabil, Wamendag RI Sidak.jpg

Bisnis

Wamendag Pastikan Stabilitas Harga Bahan Pokok Jelang Nataru

Kementerian Perdagangan pada pertengahan November 2021 sempat menggelar Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok di Kota Bandung. Dalam pertemuan itu Menteria Perdagangan M. Lutfi memastikan stok serta harga bahan pokok stabil menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Demi menjamis situasi tersebut, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga turun langsung ke pasar di Kota Surabaya untuk mengecek ketersediaan serta harga bahan pokok di sini.

Kegiatan sidak harga kebutuhan pokok itu diadakan pada 7 Desember 2021 dengan Jerry yang didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta Dinas Perdagangan Jawa Timur. Di mana lokasi yang disidak adalah Pasar Wonokromo. Dalam peninjauan tersebut, Wamendag RI berkeliling sembari bertanya harga bahan-bahan pokok di pasar ini dan berdasarkan pandangannya, warga Surabaya tidak perlu khawatir.

Pastikan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru di Surabaya Stabil, Wamendag RI Sidakt.jpg

Jerry mengakui memang terdapat kenaikan harga tapi menurutnya masih berada di angka yang aman. “Terpenting, kenaikannya masih dalam taraf wajar dan tentunya kami meminta kepada perdagang kalau bisa memang dalam situasai menyambut Nataru semuanya kondusif,” ujar Jerry, sebagaimana dikutip dari jatim-jpnn.com (7/12/2021).

Dari sisi kenaikan harga ini, Wali Kota Surabaya memberikan respons bahwa pihaknya sudah memiliki rencana jika angkanya dipandang sudah melewati ‘taraf’. “Karena biasanya, kalau ada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, kita langsung lakukan operasi pasar. Oleh karena itu, kita selalu berkoordinasi dengan Pak Wamen dan Pak Kadisperindag Jatim. Insya allah, kalau kita bersama, pasti bisa kita selesaikan semuanya,” jelas Eri, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (7/12/2021).

[Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Bahan Pokok di Depok Aman dan Terkendali]

Kemudian dari sisi ketersediaan bahan pokok, Eri memastikan menjelang Nataru sampai tahun 2022 masih aman. Hal ini disambut baik Jerry, karena menurutnya dengan stok yang aman maka masyarakat Kota Surabaya tetap mendapatkan harga yang stabil ketika mereka membeli kebutuhan pokok.

Menariknya, pada sidak itu, Wamendag RI turut merasakan bagaimana penerapan layanan pembayaran digital alias cashless yang terapkan di berbagai pasar Kota Surabaya, termasuk Pasar Wonokromo. Jerry menyebut, ini merupakan hal yang patut dicontoh di pasar-pasar tradisional lain di Tanah Air. Karena ia hanya membutuhkan waktu tiga detik saja usai memindai QR Code untuk membayar barang yang dibeli. Selain cepat, layanan ini semakin memicu rasa aman dari potensi paparan COVID-19 karena bersifat nirkontak.


Read More

Pasar Wonokromo

Pasar

None
None

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.