Warga Antusias Sambut Gelaran Lebaran Depok

Berita Kawasan

Warga Antusias Sambut Gelaran Lebaran Depok

Selama dua hari, 6-7 Juli 2019, ribuan warga Kota Depok berbondong-bondong mendatangi kawasan Perumahan Sawangan Village. Pasalnya, pemukiman yang berada di Kecamatan Sawangan ini menjadi lokasi digelarnya Lebaran Depok 2019. Event kebudayaan ini kaya akan elemen dari budaya masyarakat Betawi yang disinyalir memang menjadi akar dari perkembangan budaya setempat di Depok.

Inisiator dari acara Lebaran Depok adalah organisasi Kumpulan Orang-Orang Depok atau KOOD. Organisasi yang berfokus untuk pengembangan kebudayaan asli Betawi Depok itu disinyalir melalui Lebaran Depok ingin melestarikan budaya tradisional agar tidak tergerus zaman. Oleh karena itulah, pada acara ini ditampilkan gambang kromong, tanjidor, lenong bocah, atraksi silat dan acara lain yang kental unsur budaya Betawi.

Warga Antusias Sambut Gelaran Lebaran Depok

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyambut baik dengan digelarnya Lebaran Depok 2019. “Berkembangan budaya Betawi di Depok, tentunya menjadi perhatian pemerintah juga. Terlebih, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Jawa Barat No.5 Tahun 2003, mengakui adanya tiga suku asli di Jawa Barat, yaitu suku Betawi yang berbahasa Melalyu dialek Betawi, suku Sunda yang berbahasa Sunda, dan suku Cirebon yang berbahasa Cirebon,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (8/7/2019).

[Baca Juga: Camat Sawangan Rekomendasikan Destinasi Libur Lebaran]

Melihat sisi positif dari Lebaran Depok sekaligus respons yang bagus dari masyarakat, Mohammad ingin menjadi agenda tahunan di kota yang dipimpinnya tersebut. Bahkan, ia berencana memasukan unsur kebudayaan yang ditampilkan di acara ini dalam muatan lokasi di sekolah-sekolah Kota Depok.

Warga Antusias Sambut Gelaran Lebaran Depok

“Bisa saja dari sisi kesenian dan beladiri silat Depok, agar dapat menjadi ekstrakulikuler di sekolah-sekolah yang ada di Kota Depok. Sangat bisa ajukan di Jawa Barat,” jelas Wali Kota Depok tersebut. Sebagaimana dilansir dari antaranews.com, Mohammad menambahkan, Lebaran Depok juga bagus untuk menjadi momen masyarakat untuk berkumpul serta bersilaturahmi melalui tradisi rantangan yang menjadi bagian rangkaian acara budaya tersebut.

[Baca Juga: 6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran]

Sekadar informasi, rantangan merupakan tradisi lebaran atau Idulfitri yang erat dilakukan oleh warga Betawi di Depok. Di mana dalam tradisi ini, kerabat atau tetangga mengirimkan makanan ke rumah seseorang yang lebih tua atau dihormati. Kemudian dalam rangka silaturahmi, si pengantar serta yang diantarkan rantangan tersebut dapat menikmati makanan itu secara bersama.

Melihat ramainya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang menjajakan makanan tradisional di Lebaran Depok membuat Wali Kota Depok melihat terdapat potensi pengembangan lebih lanjut. “Jadi saya sempat bilan tadi, kegiatan ini bisa dibuat lebih besar seperti PRJ (Pekan Raya Jakarta) di Jakarta. Kita bikin Pasar Raya Depok dengan mengikutsertakan UMKM seperti hari ini sebagai ajang unjuk produk,” tambahnya.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  3 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.