DEPOK_PENDIDIKAN_WARGA-BINA-LAPAS-CIPINANG-DAPAT-PELATIHAN-SOFT-KILL-DARI-VOCASI-UI_INGGIL_1100-X-600-px.jpg

Pendidikan

Warga Binaan Lapas Cipinang dapat Pelatihan Soft Skill Vokasi UI

Sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia, kampus yang berlokasi di daerah Depok ini, Universitas Indonesia (UI) menggelar pelatihan soft skill bagi puluhan warga binaan rumah tahanan di Cipinang. Pemateri pada pembekalan ini diisi oleh dosen Vokasi UI. Mengangkat tema “Peningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Pelatihan Soft Skill Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang” pelatihan ini sebagai salah satu wujud pengalaman Tridhama perguruan tinggi dalam pengabdian masyarakat, dosen Vokasi UI.

Sebanyak 50 orang dari Rutan Kelas 1 Cipinang, mendapatkan sejumlah pembekalan. Selain itu ada 20 petugas lembaga pemasyarakatan yang juga diberi pelatihan untuk membantu Warga Binaan Rutan dalam menyongsong hari akhir di masa tahanan. Selaku ketua program Istiadi mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini memiliki tujuan memberikan pembekalan atau pelatihan guna menyiapkan daya saing kompetitif sehingga dapat memberikan kepercayaan diri bagi mantan narapidana yang akan selesai masa tahanannya.

Diharapkan melalui pembekalan ini warga binaan dapat lebih mudah untuk beradaptasi pada masyarakat setelah menyelesaikan masa tahanannya, selain itu melalui pelatihan juga dibekali untuk menjadi masyarakat yang lebih baik dalam menjalani kehidupan. Sehingga kepribadian dan mental narapidana berubah normal dan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

Dosen Vokasi UI, Mila Viendyasari menambahkan, perlunya kerjasama dari komponen-komponen yang menunjang keberhasilan proses pembinaan narapidana, yakni petugas Lembaga Pemasyarakatan, narapida, dan masyarakat. Cakupan pelatihan yang diberikan untuk warga binaan sendiri berupa motivasi diri, dasar-dasar kewirausahaan, kreatifitas, dan inovasi.

Pelatihan dalam dasar-dasar wirausaha peserta di sini, diajarkan menganalisa potensi bisnis hingga membuat proposal usaha. Tidak lupa juga pelatihan ini memberikan untuk memasuki dunia kerja nantinya. Peserta yang ingin bekerja dibimbing dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja, membuat surat lamaran kerja dan memuat resume yang baik. Dalam melaksanakan pelatihan program Vokasi UI mendapat dukungan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.