DEPOK_PENDIDIKAN_WARGA-BINA-LAPAS-CIPINANG-DAPAT-PELATIHAN-SOFT-KILL-DARI-VOCASI-UI_INGGIL_1100-X-600-px.jpg

Pendidikan

Warga Binaan Lapas Cipinang dapat Pelatihan Soft Skill Vokasi UI

Sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia, kampus yang berlokasi di daerah Depok ini, Universitas Indonesia (UI) menggelar pelatihan soft skill bagi puluhan warga binaan rumah tahanan di Cipinang. Pemateri pada pembekalan ini diisi oleh dosen Vokasi UI. Mengangkat tema “Peningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Pelatihan Soft Skill Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang” pelatihan ini sebagai salah satu wujud pengalaman Tridhama perguruan tinggi dalam pengabdian masyarakat, dosen Vokasi UI.

Sebanyak 50 orang dari Rutan Kelas 1 Cipinang, mendapatkan sejumlah pembekalan. Selain itu ada 20 petugas lembaga pemasyarakatan yang juga diberi pelatihan untuk membantu Warga Binaan Rutan dalam menyongsong hari akhir di masa tahanan. Selaku ketua program Istiadi mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini memiliki tujuan memberikan pembekalan atau pelatihan guna menyiapkan daya saing kompetitif sehingga dapat memberikan kepercayaan diri bagi mantan narapidana yang akan selesai masa tahanannya.

Diharapkan melalui pembekalan ini warga binaan dapat lebih mudah untuk beradaptasi pada masyarakat setelah menyelesaikan masa tahanannya, selain itu melalui pelatihan juga dibekali untuk menjadi masyarakat yang lebih baik dalam menjalani kehidupan. Sehingga kepribadian dan mental narapidana berubah normal dan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

Dosen Vokasi UI, Mila Viendyasari menambahkan, perlunya kerjasama dari komponen-komponen yang menunjang keberhasilan proses pembinaan narapidana, yakni petugas Lembaga Pemasyarakatan, narapida, dan masyarakat. Cakupan pelatihan yang diberikan untuk warga binaan sendiri berupa motivasi diri, dasar-dasar kewirausahaan, kreatifitas, dan inovasi.

Pelatihan dalam dasar-dasar wirausaha peserta di sini, diajarkan menganalisa potensi bisnis hingga membuat proposal usaha. Tidak lupa juga pelatihan ini memberikan untuk memasuki dunia kerja nantinya. Peserta yang ingin bekerja dibimbing dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja, membuat surat lamaran kerja dan memuat resume yang baik. Dalam melaksanakan pelatihan program Vokasi UI mendapat dukungan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  2 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  3 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  6 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  5 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.