DEPOK_PENDIDIKAN_WARGA-BINA-LAPAS-CIPINANG-DAPAT-PELATIHAN-SOFT-KILL-DARI-VOCASI-UI_INGGIL_1100-X-600-px.jpg

Pendidikan

Warga Binaan Lapas Cipinang dapat Pelatihan Soft Skill Vokasi UI

Sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia, kampus yang berlokasi di daerah Depok ini, Universitas Indonesia (UI) menggelar pelatihan soft skill bagi puluhan warga binaan rumah tahanan di Cipinang. Pemateri pada pembekalan ini diisi oleh dosen Vokasi UI. Mengangkat tema “Peningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Pelatihan Soft Skill Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang” pelatihan ini sebagai salah satu wujud pengalaman Tridhama perguruan tinggi dalam pengabdian masyarakat, dosen Vokasi UI.

Sebanyak 50 orang dari Rutan Kelas 1 Cipinang, mendapatkan sejumlah pembekalan. Selain itu ada 20 petugas lembaga pemasyarakatan yang juga diberi pelatihan untuk membantu Warga Binaan Rutan dalam menyongsong hari akhir di masa tahanan. Selaku ketua program Istiadi mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini memiliki tujuan memberikan pembekalan atau pelatihan guna menyiapkan daya saing kompetitif sehingga dapat memberikan kepercayaan diri bagi mantan narapidana yang akan selesai masa tahanannya.

Diharapkan melalui pembekalan ini warga binaan dapat lebih mudah untuk beradaptasi pada masyarakat setelah menyelesaikan masa tahanannya, selain itu melalui pelatihan juga dibekali untuk menjadi masyarakat yang lebih baik dalam menjalani kehidupan. Sehingga kepribadian dan mental narapidana berubah normal dan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

Dosen Vokasi UI, Mila Viendyasari menambahkan, perlunya kerjasama dari komponen-komponen yang menunjang keberhasilan proses pembinaan narapidana, yakni petugas Lembaga Pemasyarakatan, narapida, dan masyarakat. Cakupan pelatihan yang diberikan untuk warga binaan sendiri berupa motivasi diri, dasar-dasar kewirausahaan, kreatifitas, dan inovasi.

Pelatihan dalam dasar-dasar wirausaha peserta di sini, diajarkan menganalisa potensi bisnis hingga membuat proposal usaha. Tidak lupa juga pelatihan ini memberikan untuk memasuki dunia kerja nantinya. Peserta yang ingin bekerja dibimbing dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja, membuat surat lamaran kerja dan memuat resume yang baik. Dalam melaksanakan pelatihan program Vokasi UI mendapat dukungan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.