Warga Bogor, Cek E-KTP Anda Sudah Dicetak atau Belum Di sini

Berita Kawasan

Warga Bogor, Cek E-KTP Anda Sudah Dicetak atau Belum Di Sini

Walau tahun sudah berganti KTP elektronik masih jadi masalah, pasalnya banyak orang yang masih menggunakan Suket (Surat Keterangan) sebagai pengganti KTP Elektronik atau e-ktp sementara. Walau berlaku layaknya e-KTP, nyatanya Suket masih memiliki keterbatasan. Jika kantor camat atau pun lurah dikonfirmasi mengenai hal ini, pihak yang bertanggung jawab selalu mengucapkan, keterbatasan blanko dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi alasan.

Namun, bulan Januari lalu, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri telah menyediakan 16 juta blanko untuk pencetakan e-KTP. Mengutip dari kompas.com, sebanyak 961.000 banko sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota. Sisanya akan didistribusikan secara bertahap. 16 juta blanko e-KTP ini akan diprioritaskan untuk anak yang baru berumur 17 tahun pada 2020, korban bencana, dan masyarakat yang sudah memiliki Suket.

Warga Bogor, Cek E-KTP Anda Sudah Dicetak atau Belum Di sini

Maka dari itu, untuk Anda warga Kota Bogor yang masih memegang Suket, saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor telah melakukan pencetakan Suket (surat keterangan) sementara secara massal menjadi e-KTP.

Melansir dari kotabogor.go.id (12/2/2020), masyarakat Kota Bogor bisa melihat status atau memantau kondisi Suket mereka, apakah sudah dicetak menjadi e-KTP atau belum oleh Disdukcapil Kota Bogor dengan mudah. Tak perlu datang ke Disdukcapil, warga bisa melakukan pengecekan menggunakan aplikasi scan QR & Barcode Scanner yang tertera pada suket. Aplikasi dapat diunduh (download) gratis di Play Store khusus Android.

[Baca Juga: Sudin Dukcapil Jaksel Jemput Bola Layani Perekaman e-Ktp di Rumah]

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, warga selanjutnya bisa membuka tautan atau link yang keluar setelah memindai QR & Barcode. Tautan tersebut akan menampilkan informasi, yang berisi e-KTP Anda sudah tercetak atau belum.

“Jika belum, akan ada keterangan informasi, silahkan mendatangi Kecamatan masing-masing atau kantor Disdukcapil Kota Bogor,” kata Kepala Disdukcapil Kota Bogor Sujatmiko Baliarto.

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Dengan hal ini, Sujatmiko berharap warga Kota Bogor yang sudah memiliki Suket bisa mendapatkan e-KTP semua tanpa terkecuali. Silahkan cek terlebih dahulu melalui aplikasi, apakah sudah dicetak atau belum.

Salah satu warga, Kaum Sari, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara Supriatna saat ditemui di kantor Disdukcapil Kota Bogor mengaku terbantu dengan inovasi dan terobosan dari Disdukcapil Kota Bogor dalam proses pencetakan e-KTP ini, sehingga kini ia sudah mengetahui status surat keterangan sudah dicetak atau belum.

“Alhamdulillah, tadi dibantu sama petugas Disdukcapil melalui aplikasi dan hasilnya ternyata statusnya sudah dicetak, tinggal menunggu e-KTP dibagikan pihak kelurahan,” kata Supriatna.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.