Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan 1.jpg

Berita Kawasan

Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan

Sejak tahun 2016, kelompok tani bahu-membahu menyulap lahan tidak produktif di sepanjang bantaran Saluran Penghubung Rawa Kerbau untuk bercocok tanam menggunakan konsep urban farming atau pertanian perkotaan.

Ketua Poktan Daun Hijau Adian Sudiana menuturkan, para anggota Poktan menanam sejumlah jenis sayuran menggunakan lahan dengan luas sekitar 50 meter persegi. Jenis sayuran yang ditanamnya seperti, samhong, kale, pakcoy, dan kangkung.

[Baca Juga: Sudin KPKP Jakarta Pusat Tambah 50 Lokasi Urban Farming]

"Kami menggunakan media tanam hidroponik dan vertiminaponik. Rata-rata hasil jual panen sayuran mencapai Rp2 juta per bulan," ujarnya seperti dilansir dari lama beritajakarta.id (10/03/2019).

Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan

Menurut Adian, dengan melakukan cocok tanam seperti itu, selain membuat lingkungan lebih hijau dan asri, anggota Poktan Daun Hijau bisa mendapatkan penghasilan tambahan. "Mudah-mudahan ke depan semakin berkembang lagi," ucapnya.

Adian menambahkan, selain sayur mayur, Poktan Daun Hijau juga melakukan penanaman beragam jenis tanaman obat herbal, seperti tanaman obat keluarga atau toga yang diberikan secara gratis bagi warga yang membutuhkan. “Selain itu, kami juga menanam buah anggur," ungkapnya.

[Baca Juga: Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap Penen 450 Kilogram Melon]

Sementara, Lurah Cempaka Putih Timur, Sinta Purnama Sari menuturkan, pengelolaan lahan tersebut juga disinergikan dengan PKK setempat. "Saat ini sudah ada 27 anggota Poktan. Ke depan masih ada lahan seluas 450 meter persegi yang masih bisa dimanfaatkan," tandasnya.

[Baca Juga: Pemanfaatan Sungai Ciliwung Sebagai Lahan Pertanian]


Read More

Artikel Lainnya

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indom aret.jpg

Bisnis

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indomaret

28 January 2022, 15:07

Saat ini Pemkot Jakarta Selatan tengah melakukan kurasi terhadap produk UMKM di wilayahnya untuk mencari mana yang layak untuk dijual di mini market Indomaret.

Feng Shui Secara Logika

Properti dan Solusi

Datangkan Keberuntungan, Begini Dekorasi Rumah untuk Tahun Macan

28 January 2022, 14:05

Anda dapat membawa chi positif dengan membuat perubahan sederhana pada lingkungan dengan menyeimbangkan lima elemen Feng Shui.

Pakar Genetik UGM Gejala Omicron Tidak Jinak .jpg

Kesehatan

Pakar Genetik UGM: Gejala Omicron Tidak Jinak!

28 January 2022, 13:01

Menurut pakar genetik di UGM, masyarakat tidak bisa terus berasumsi bahwa Omicron gejalanya tidak berat, karena menurutnya penyakit ini bersifat tidak jinak.

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus,Irwandi Jangan Remehkant.jpg

Kesehatan

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus, Irwandi: Jangan Remehkan

28 January 2022, 11:01

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat meminta warganya untuk tak memandang sebelah mata Omicron dengan kasus di wilayahnya yang saat ini sudah mencapai 35 pasien.


Comments


Please Login to leave a comment.