Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan 1.jpg

Berita Kawasan

Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan

Sejak tahun 2016, kelompok tani bahu-membahu menyulap lahan tidak produktif di sepanjang bantaran Saluran Penghubung Rawa Kerbau untuk bercocok tanam menggunakan konsep urban farming atau pertanian perkotaan.

Ketua Poktan Daun Hijau Adian Sudiana menuturkan, para anggota Poktan menanam sejumlah jenis sayuran menggunakan lahan dengan luas sekitar 50 meter persegi. Jenis sayuran yang ditanamnya seperti, samhong, kale, pakcoy, dan kangkung.

[Baca Juga: Sudin KPKP Jakarta Pusat Tambah 50 Lokasi Urban Farming]

"Kami menggunakan media tanam hidroponik dan vertiminaponik. Rata-rata hasil jual panen sayuran mencapai Rp2 juta per bulan," ujarnya seperti dilansir dari lama beritajakarta.id (10/03/2019).

Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan

Menurut Adian, dengan melakukan cocok tanam seperti itu, selain membuat lingkungan lebih hijau dan asri, anggota Poktan Daun Hijau bisa mendapatkan penghasilan tambahan. "Mudah-mudahan ke depan semakin berkembang lagi," ucapnya.

Adian menambahkan, selain sayur mayur, Poktan Daun Hijau juga melakukan penanaman beragam jenis tanaman obat herbal, seperti tanaman obat keluarga atau toga yang diberikan secara gratis bagi warga yang membutuhkan. “Selain itu, kami juga menanam buah anggur," ungkapnya.

[Baca Juga: Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap Penen 450 Kilogram Melon]

Sementara, Lurah Cempaka Putih Timur, Sinta Purnama Sari menuturkan, pengelolaan lahan tersebut juga disinergikan dengan PKK setempat. "Saat ini sudah ada 27 anggota Poktan. Ke depan masih ada lahan seluas 450 meter persegi yang masih bisa dimanfaatkan," tandasnya.

[Baca Juga: Pemanfaatan Sungai Ciliwung Sebagai Lahan Pertanian]

Read More

Artikel Lainnya

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Berita Kawasan

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

24 October 2020, 18:03

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor.

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

Kecantikan dan Fashion

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

24 October 2020, 15:08

Masih sama dengan edisi sebelumnya, Maybelline Superstay Matte Ink Coffee Edition diklaim memiliki formula lip cream yang intens, tahan lama hingga 16 jam, dan transferproof.

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

24 October 2020, 12:21

Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09, Kelurahan Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.