Warga Ciganjur Memanfaatkan Lahan untuk Bertani.jpg

Berita Kawasan

Warga Ciganjur Memanfaatkan Lahan untuk Bertani

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memiliki lahan kosong yang kini dimanfaatkan warga Ciganjur untuk bertani. Salah satu warga yang memanfaatkan lahan tersebut yaitu Fatmawati (52). Warga RW 05 Kelurahan Ciganjur ini telah tiga tahun bercocok tanam berbagai jenis sayuran.

"Alhamdulillah kita boleh memanfaatkan lahan ini untuk tanam sayuran. Macamnya seperti kangkung, bayam, kenikir, cabai, kadang diselingi kacang panjang dan timun," ungkapnya seperti dikutip dari laman beritajakarta.id (09/03/2019).

[Baca Juga: Pemanfaatan Sungai Ciliwung Sebagai Lahan Pertanian]

Manfaat yang dirasakan warga Ciganjur, selain meningkatkan perekonomiannya juga bisa mengurangi pengeluaran membeli sayuran. Hasil dari bertani, dapat dinikmati warga atau dijual di pasar bahkan banyak warga yang juga membeli lahan tersebut.

Menurutnya, jenis sayuran yang ditanam memiliki masa panen relatif singkat. Sehingga dalam setahun bisa berkali-kali panen. "Seperti bayam dan kangkung itu kan sebulan sekali panen. Kecuali kacang panjang dan timun, bisa sampai enam bulan," tuturnya.

[Baca Juga: Bintaro Persiapkan Lahan untuk Urban Farming]

Fatmawati menambahkan, untuk kangkung dan bayam dijual dengan harga Rp600 per ikat. "Timun dan kacang panjang liat harga pasar, bisa Rp2.500 sampai Rp5.000 per kilogram. Ya lumayan buat tambahan belanja kebutuhan rumah tangga ," tandasnya.

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Ikut Panen di Cagar Buah Condet]


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.