Warga Ciganjur Memanfaatkan Lahan untuk Bertani.jpg

Berita Kawasan

Warga Ciganjur Memanfaatkan Lahan untuk Bertani

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memiliki lahan kosong yang kini dimanfaatkan warga Ciganjur untuk bertani. Salah satu warga yang memanfaatkan lahan tersebut yaitu Fatmawati (52). Warga RW 05 Kelurahan Ciganjur ini telah tiga tahun bercocok tanam berbagai jenis sayuran.

"Alhamdulillah kita boleh memanfaatkan lahan ini untuk tanam sayuran. Macamnya seperti kangkung, bayam, kenikir, cabai, kadang diselingi kacang panjang dan timun," ungkapnya seperti dikutip dari laman beritajakarta.id (09/03/2019).

[Baca Juga: Pemanfaatan Sungai Ciliwung Sebagai Lahan Pertanian]

Manfaat yang dirasakan warga Ciganjur, selain meningkatkan perekonomiannya juga bisa mengurangi pengeluaran membeli sayuran. Hasil dari bertani, dapat dinikmati warga atau dijual di pasar bahkan banyak warga yang juga membeli lahan tersebut.

Menurutnya, jenis sayuran yang ditanam memiliki masa panen relatif singkat. Sehingga dalam setahun bisa berkali-kali panen. "Seperti bayam dan kangkung itu kan sebulan sekali panen. Kecuali kacang panjang dan timun, bisa sampai enam bulan," tuturnya.

[Baca Juga: Bintaro Persiapkan Lahan untuk Urban Farming]

Fatmawati menambahkan, untuk kangkung dan bayam dijual dengan harga Rp600 per ikat. "Timun dan kacang panjang liat harga pasar, bisa Rp2.500 sampai Rp5.000 per kilogram. Ya lumayan buat tambahan belanja kebutuhan rumah tangga ," tandasnya.

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Ikut Panen di Cagar Buah Condet]


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.