Warga Ciganjur Memanfaatkan Lahan untuk Bertani.jpg

Berita Kawasan

Warga Ciganjur Memanfaatkan Lahan untuk Bertani

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memiliki lahan kosong yang kini dimanfaatkan warga Ciganjur untuk bertani. Salah satu warga yang memanfaatkan lahan tersebut yaitu Fatmawati (52). Warga RW 05 Kelurahan Ciganjur ini telah tiga tahun bercocok tanam berbagai jenis sayuran.

"Alhamdulillah kita boleh memanfaatkan lahan ini untuk tanam sayuran. Macamnya seperti kangkung, bayam, kenikir, cabai, kadang diselingi kacang panjang dan timun," ungkapnya seperti dikutip dari laman beritajakarta.id (09/03/2019).

[Baca Juga: Pemanfaatan Sungai Ciliwung Sebagai Lahan Pertanian]

Manfaat yang dirasakan warga Ciganjur, selain meningkatkan perekonomiannya juga bisa mengurangi pengeluaran membeli sayuran. Hasil dari bertani, dapat dinikmati warga atau dijual di pasar bahkan banyak warga yang juga membeli lahan tersebut.

Menurutnya, jenis sayuran yang ditanam memiliki masa panen relatif singkat. Sehingga dalam setahun bisa berkali-kali panen. "Seperti bayam dan kangkung itu kan sebulan sekali panen. Kecuali kacang panjang dan timun, bisa sampai enam bulan," tuturnya.

[Baca Juga: Bintaro Persiapkan Lahan untuk Urban Farming]

Fatmawati menambahkan, untuk kangkung dan bayam dijual dengan harga Rp600 per ikat. "Timun dan kacang panjang liat harga pasar, bisa Rp2.500 sampai Rp5.000 per kilogram. Ya lumayan buat tambahan belanja kebutuhan rumah tangga ," tandasnya.

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Ikut Panen di Cagar Buah Condet]

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.