Warga Depok Bisa Tes PCR COVID-19 Gratis di Sini .jpg

Kesehatan

Warga Depok Bisa Tes PCR COVID-19 Gratis di Sini

Mulai Senin lalu, Unik Pelaksanaan Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah atau Labkesda Kota Depok telah membuka layanan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan metode real-time untuk mendeteksi COVID-19. Layanan untuk deteksi virus SARS-CoV-2 ini diberikan secara gratis usai Labkesda Depok diberikan izin resmi untuk tes PCR COVID-19 dari Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Balitbangkes Kemenkes RI).

Diberikannya Surat Balitbangkes Nomor SR.01.07/II/2087/2020 Tanggal 3 Juni 2020 kepada Labkesda Kota Depok disinyalir dipicu oleh menumpuknya sampel COVID-19 yang masih belum melalui proses pemeriksaan. Di mana metode yang digunakan sebelum surat izin ini turun adalah menggunakan tes PCR non-real time sehingga memakan waktu yang lama.

Warga Depok Bisa Tes PCR COVID-19 Gratis di Sini.jpg

Pihak Labkesda Kota Depok memastikan tes PCR COVID-19 di tempat mereka tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Namun terdapat syarat yang harus dipenuhi, yaitu menunjukkan bahwa Anda memang warga Kota Belimbing dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Depok. “Warga Depok bisa ikut pemeriksaan ini secara gratis dengan melakukan pendaftaran di Puskesmas setempat dengan KTP,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (15/6/2020).

Ia melanjutkan, tes PCR COVID-19 gratis ini akan diprioritaskan untuk warga Kota Depok yang masuk ke dalam golongan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG). “ Pemeriksaan ini dikhususnya bagi yang rapid tes positif, tenaga kesehatan yang kontak dengan kasus konfirmasi atau kontak serumah dengan kasus konfirmasi,” tambahnya.

[Baca Juga: Kota Depok Luncurkan Aplikasi Kampung Siaga COVID-19]

Pada dasarnya tes PCR COVID-19 kerap dilakukan demi memastikan hasil rapid test. Mengingat rapid tes dipandang sebagai skrining awal untuk mendeteksi indikasi tubuh Anda terinfeksi oleh virus SARS CoV-2. Sedangkan tes PCR dipandang lebih detail karena tes ini dapat mendeteksi keberadaan virus SARS CoV-2 dengan melihat perubahan pada RNA dari sampel yang diambil dari tubuh pasien.

Sebagaimana dilansir dari alodokter.com (27/5/2020) tes PCR sendiri dilakukan dengan melakukan swab atau mengambil sampel dahak, lendir, atau cairan dari area nasofaring, orofaring, atau paru-paru pasien. Proses ini biasanya memakan waktu kurang daru satu menit dan langkah pengujian keberadaan COVID-19 pun akan dilanjutkan di laboratorium, seperti di Labkesda Kota Depok.

[Baca Juga: Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.