Warga Depok Bisa Tes PCR COVID-19 Gratis di Sini .jpg

Kesehatan

Warga Depok Bisa Tes PCR COVID-19 Gratis di Sini

Mulai Senin lalu, Unik Pelaksanaan Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah atau Labkesda Kota Depok telah membuka layanan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan metode real-time untuk mendeteksi COVID-19. Layanan untuk deteksi virus SARS-CoV-2 ini diberikan secara gratis usai Labkesda Depok diberikan izin resmi untuk tes PCR COVID-19 dari Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Balitbangkes Kemenkes RI).

Diberikannya Surat Balitbangkes Nomor SR.01.07/II/2087/2020 Tanggal 3 Juni 2020 kepada Labkesda Kota Depok disinyalir dipicu oleh menumpuknya sampel COVID-19 yang masih belum melalui proses pemeriksaan. Di mana metode yang digunakan sebelum surat izin ini turun adalah menggunakan tes PCR non-real time sehingga memakan waktu yang lama.

Warga Depok Bisa Tes PCR COVID-19 Gratis di Sini.jpg

Pihak Labkesda Kota Depok memastikan tes PCR COVID-19 di tempat mereka tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Namun terdapat syarat yang harus dipenuhi, yaitu menunjukkan bahwa Anda memang warga Kota Belimbing dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Depok. “Warga Depok bisa ikut pemeriksaan ini secara gratis dengan melakukan pendaftaran di Puskesmas setempat dengan KTP,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (15/6/2020).

Ia melanjutkan, tes PCR COVID-19 gratis ini akan diprioritaskan untuk warga Kota Depok yang masuk ke dalam golongan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG). “ Pemeriksaan ini dikhususnya bagi yang rapid tes positif, tenaga kesehatan yang kontak dengan kasus konfirmasi atau kontak serumah dengan kasus konfirmasi,” tambahnya.

[Baca Juga: Kota Depok Luncurkan Aplikasi Kampung Siaga COVID-19]

Pada dasarnya tes PCR COVID-19 kerap dilakukan demi memastikan hasil rapid test. Mengingat rapid tes dipandang sebagai skrining awal untuk mendeteksi indikasi tubuh Anda terinfeksi oleh virus SARS CoV-2. Sedangkan tes PCR dipandang lebih detail karena tes ini dapat mendeteksi keberadaan virus SARS CoV-2 dengan melihat perubahan pada RNA dari sampel yang diambil dari tubuh pasien.

Sebagaimana dilansir dari alodokter.com (27/5/2020) tes PCR sendiri dilakukan dengan melakukan swab atau mengambil sampel dahak, lendir, atau cairan dari area nasofaring, orofaring, atau paru-paru pasien. Proses ini biasanya memakan waktu kurang daru satu menit dan langkah pengujian keberadaan COVID-19 pun akan dilanjutkan di laboratorium, seperti di Labkesda Kota Depok.

[Baca Juga: Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah]


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.