Warga Depok Dianjurkan Waspada Penyebaran Penyakit ISPA

Kesehatan

Warga Depok Dianjurkan Waspada Penyebaran Penyakit ISPA

Saat ini pertanda turunnya hujan di wilayah Jabodetabek semakin tak terlihat akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Pada musim seperti ini tentu saja potensi penyebaran penyakit pun semakin meningkat, khususnya penyakit yang berhubungan dengan virus, bakteri, serta jamur yang memicu munculnya Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA. Oleh karena itulah warga Depok diimbau untuk mewaspadai penyebaran penyakit ISPA di wilayah ini.

Imbauan ini disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Limo Elin Herliana. Pasalnya, berdasarkan data dari puskesmas tersebut per semester I tahun 2019 dari sekitar 11.646 pasien yang datang berobat, ada 1960 pasien atau lebih dari 14 persen yang terkena penyakit ISPA.

Warga Depok Dianjurkan Waspada Penyebaran Penyakit ISPA

Elin menyebut, terdapat indikasi penyebaran penyakit ini memang dipicu oleh musim kemarau berkepanjangan di wilayah Jabodetabek. “Dari total pasien, ISPA masih mendominasi. Penyakit ini cenderung tinggi sejak kemarau melanda wilayah Kota Depok dan sekitarnya,” ujar Kepala UPT Puskesma Kecamatan Limo itu, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (28/8/2019).

[Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau]

Sekadar informasi, ISPA atau Upper Respiratory Tract Infection merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan atas di tubuh. Gejala yang biasa ditimbulkan saat Anda terkena ISPA adalah badan yang mendadak terasa pegal, pilek, batuk, sakit kepala, serta sakit di area tenggorokan yang umumnya terasa saat Anda menelan.

Elin menjelaskan, faktor yang biasanya memicu ISPA adalah makanan, cuaca, hingga aktivitas yang membebani fisik Anda hingga menyebabkan kelelahan. Ia pun menyarankan demi mencegah penyakit ini, sebisa mungkin Warga Depok menjaga pola hidup sehat agar aktivitas tidak terganggu oleh ISPA.

“Saya juga mengingatkan agar masyarakat tetap terus menjaga kesehatan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jangan tunggu sakit baru kemudian menjaga perilaku hidup sehat,” ujarnya.

[Baca Juga: Kemenkes: ISPA Menjadi Penyakit yang Banyak Diderita Pemudik]

Seperti yang dianjurkan oleh Kepala UPT Puskesma Kecamatan Limo, Anda bisa menerapkan PHBS demi menghindari ISPA di musim kemarau seperti saat ini. Menurut laman resmi Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kementerian Kesehatan RI, terdapat sejumlah indikator dalam PHBS yang dapat dilakukan di rumah untuk menghindari ISPA, yaitu cuci tangan dengan sabun dan air bersih, selalu menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehat, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, konsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari, serta tidak merokok di dalam rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.