Warga Depok Dianjurkan Waspada Penyebaran Penyakit ISPA

Kesehatan

Warga Depok Dianjurkan Waspada Penyebaran Penyakit ISPA

Saat ini pertanda turunnya hujan di wilayah Jabodetabek semakin tak terlihat akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Pada musim seperti ini tentu saja potensi penyebaran penyakit pun semakin meningkat, khususnya penyakit yang berhubungan dengan virus, bakteri, serta jamur yang memicu munculnya Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA. Oleh karena itulah warga Depok diimbau untuk mewaspadai penyebaran penyakit ISPA di wilayah ini.

Imbauan ini disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Limo Elin Herliana. Pasalnya, berdasarkan data dari puskesmas tersebut per semester I tahun 2019 dari sekitar 11.646 pasien yang datang berobat, ada 1960 pasien atau lebih dari 14 persen yang terkena penyakit ISPA.

Warga Depok Dianjurkan Waspada Penyebaran Penyakit ISPA

Elin menyebut, terdapat indikasi penyebaran penyakit ini memang dipicu oleh musim kemarau berkepanjangan di wilayah Jabodetabek. “Dari total pasien, ISPA masih mendominasi. Penyakit ini cenderung tinggi sejak kemarau melanda wilayah Kota Depok dan sekitarnya,” ujar Kepala UPT Puskesma Kecamatan Limo itu, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (28/8/2019).

[Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau]

Sekadar informasi, ISPA atau Upper Respiratory Tract Infection merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan atas di tubuh. Gejala yang biasa ditimbulkan saat Anda terkena ISPA adalah badan yang mendadak terasa pegal, pilek, batuk, sakit kepala, serta sakit di area tenggorokan yang umumnya terasa saat Anda menelan.

Elin menjelaskan, faktor yang biasanya memicu ISPA adalah makanan, cuaca, hingga aktivitas yang membebani fisik Anda hingga menyebabkan kelelahan. Ia pun menyarankan demi mencegah penyakit ini, sebisa mungkin Warga Depok menjaga pola hidup sehat agar aktivitas tidak terganggu oleh ISPA.

“Saya juga mengingatkan agar masyarakat tetap terus menjaga kesehatan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jangan tunggu sakit baru kemudian menjaga perilaku hidup sehat,” ujarnya.

[Baca Juga: Kemenkes: ISPA Menjadi Penyakit yang Banyak Diderita Pemudik]

Seperti yang dianjurkan oleh Kepala UPT Puskesma Kecamatan Limo, Anda bisa menerapkan PHBS demi menghindari ISPA di musim kemarau seperti saat ini. Menurut laman resmi Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kementerian Kesehatan RI, terdapat sejumlah indikator dalam PHBS yang dapat dilakukan di rumah untuk menghindari ISPA, yaitu cuci tangan dengan sabun dan air bersih, selalu menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehat, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, konsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari, serta tidak merokok di dalam rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.