Warga Depok Diminta Antisipasi Potensi Munculnya Subvarian Baru Omicron.jpg

Kesehatan

Warga Depok Diminta Antisipasi Potensi Munculnya Subvarian Baru Omicron

Kementerian Kesehatan sudah memberikan pengumuman bahwa subvarian baru dari COVID-19 jenis Omicron sudah masuk ke Tanah Air sejak awal Juni 2022. Walau hingga kini, subvarian ini tak menunjukan indikasi memiliki gejala yang lebih parah dibandingkan dua varian sebelumnya di Omicron tapi pihak kementerian mewanti-wanti bahwa virus ini memiliki sifat transmisi yang lebih cepat. Melihat kondisi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun bergerak untuk meminta warganya kembali disiplin protokol kesehatan.

Sosialisasi mengenai Subvarian BA.4 dan BA.5 disampaikan Pemkot Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) pada pekan ini. Di mana Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati mengungkapkan, subvarian ini penularannya sangat mudah, baik bagi yang belum atau sudah pernah terkena infeksi COVID-19 dengan masa inkubasi dua sampai tiga hari. “Gehalanya ringat dari varian lainnya seperti alpha dan delta,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari Berita.Depok.go.id (14/6/2022).

Warga Depok Diminta Antisipasi Potensi Muncul nya Subvarian Baru Omicron.jpg

Ia melanjutkan, orang yang terpapar subvarian dari Omicron ini ada yang memiliki gejala seperti flu (pilek, sakit tenggorokan, batuk, sampai sakit kepala) dan ada yang tidak memiliki gejala. Mary menegaskan, saat ini di Kota Depok masih belum ditemukan indikasi ada yang terpapar COVID-19 jenis baru ini dengan laporan yang dimilikinya mengungkapkan, temuan pasien yang terkena subvarian itu ada di Jakarta serta Bali.

Walau belum masuk Kota Depok, Mary tetap meminta warganya untuk berhati-hati dan sudah saatnya kembali berdisplin protokol kesehatan. Kunci utama menangkal Omicron BA.4 dan BA.5 adalah 5M dan 1D. Di mana ini terdiri dari Menggunakan masker, Mencuci tangan menggunakan sabun serta air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilisasi. Lalu yang terakhir adalah 1D alias divaksin, baik yang belum sama sekali hingga yang belum booster.

[Baca Juga: Kasus COVID-19 Varian Omicron Pertama Ditemukan di Jakarta!]

Dari sisi tren kasus COVID-19 di Kota Depok sendiri, saat ini total kasusnya dari awal hingga pekan ini ada 164.520 pasien. Angka ini disebut muncul usai ditemukan 207 kasus konfirmasi aktif dengan penambahan 33 kasus baru pada 14 Juni 2022. Sedangkan total jumlah pasien COVID-19 yang sembuh sudah ada 162.081 pasien.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.