Warga di Cinangka Olah Jantung Pisang Jadi Lebih Kreatif

Kuliner

Warga di Cinangka Olah Jantung Pisang Jadi Lebih Kreatif

Masyarakat kerap kali melakukan banyak cara untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Biasanya pada hari kemerdekaan masyarakat mengadakan perlombaan bagi anak-anak, perlombaan ini kaya akan nilai sosial, perjuangan, dan gotong royong. Tentunya untuk menumbuhkan nilai cinta tanah air sejak dini, tapi perlombaan bukan hanya ada untuk anak-anak saja, tapi ada lomba-lomba tertentu yang dibuat khusus untuk orang dewasa.

Di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Depok misalnya yang membuat perlombaan bagi ibu-ibu. Panitia menyediakan lomba cipta kreasi menu untuk memeriahkan acara 17an. Ibu-ibu di Cinanagka mengikuti lomba cipta kreasi dengan memanfaatkan jantung pisang.

Warga di Cinangka Olah Jantung Pisang Jadi Lebih Kreatif

Sebagaimana dilansir dari depok.go.id (20/8/2019) di Indonesia jantung pisang sering kali dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti melawan radikal bebas, menyembuhkan infeksi, meningkatkan air susu ibu, mengatasi anemia, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Balap Bakiak atau Terompah, Permainan Tradisional Langganan di 17an]

Pada lomba tersebut, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna hadir untuk menyaksikan jalannya acara. Pradi juga menyaksikan para ibu yang mengolah jantung pisang jadi makanan yang unik. Menurutnya Ibu-ibu dari Kelurahan Cinangka kreatif karena bisa dan berhasil mengolah jantung pisang menjadi sate, steak, salad, urap, pepes, hingga makaroni.

Warga di Cinangka Olah Jantung Pisang Jadi Lebih Kreatif

“Kalau jantung pisang bisa diolah seperti ini, ke depannya jantung pisang bukan hanya sekedar olahan rumahan saja. Sebab bisa menjadi olahan khas Kota Depok,” kata Pradisaat ditemui di Jalan Pendidikan, Cinangka.

Pradi mengharapkan, dengan lomba cipta kreasi menu dengan bahan dasar jantung pisang ini memungkinkan masakan atau olahan tersebut jadi komoditas unggulan di Depok. Jika olahan jantung pisang bisa jadi komoditas dan menu utama di Kota Depok, dengan begitu para ibu rumah tangga di Kelurahan Cinangka ini mampu menambah pemasukan untuk keluarga.

[Baca Juga: Permainan Olahraga Tradisional Lari Balok Populer di 17an]

“Saya yakin ibu-ibu di Kelurahan Cinangka ini kreatif dan jago masak. Mari kita asah terus kemampuan ini agar bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujar Pradi.

Untuk mengolah jantung pisang agar rasanya nikmat dan tidak bergetah dan bisa dinikmati dalam berbagai cara, ada trik khusus untuk menghilangkan rasa pahit dan getir jantung pisang. Bukan hanya pahit, jika Anda tak pandai mengolahnya, jantung pisang akan berubah warna menjadi kehitaman.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.