Warga di Kelurahan Bekasi Budidayakan Lele Sangkuriang di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Warga di Kelurahan Bekasi Budidayakan Lele Sangkuriang di Tengah Pandemi

Ekonomi yang cenderung melesu akibat pandemi COVID-19 mendorong semua lapisan masyarakat agar mau mengolah kreativitas serta semangatnya dalam mencari pundi-pundi rupiah dengan tak hanya berdiam diri saja di rumah. Mungkin inilah yang ada di benak warga Kelurahan Jati Cempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi selama masa pandemi. Pasalnya, mereka mampu memanfaatkan masa pandemi COVID-19 untuk mencoba mengembangbiakkan ikan lele sangkuriang yang dapat dijual sekaligus dapat jadi konsumsi warga setempat.

Budidaya ikan lele sangkuriang ini disebut diinisiasi oleh Kelompok Pokdakan Kemang (KPK) yang ditujukan sebagai upaya warga beradaptasi di tengah pandemi COVID-19. Pihak Kelurahan Jati Cempaka pada 16 November 2020 menyempatkan diri untuk melihat langsung kolam budidaya ikan yang dibuat atas inisiatif dari warganya. Dengan Sekretaris Kelurahan Jati Cempaka Ridwan dan Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Aswin yang menjadi perwakilan kelurahan.

Warga di Kelurahan Bekasi Budidayakan Lele Sangkuriang di Tengah Pandemi .jpg

Ketua RT 03 Nurali menjelaskan, budidaya ikan ini memang dicetuskan warga guna memanfaatkan lahan kosong yang ada di wilayah permukiman mereka. “Pertamanya kami beternak beberapa ikan, namun baru kemarin kami mendapatkan benih ikan lele sangkurian bantuan indukan lele dari Sukabumi serta bantuan pakan ternak sebanyak 15 kg dari Bogor,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari bekasikota.go.id (16/11/2020).

Terkait pemilihan jenis ikannya, ikan lele sangkuriang disinyalir sebagai ikan yang paling cocok untuk dikembangbiakkan. Karena sebagai informasi, ikan lele sangkuriang dipandang jauh lebih baik kualitasnya dibandingkan ikan lele dumbo. Mengingat ikan yang dikembangkan Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi pada tahun 2004 itu memiliki kemampuan bertelur yang jauh lebih tinggi, pembesaran yang cepat, dan rasio konversi pakan yang lebih sedikit dibandingkan lele dumbo.

[Baca Juga: Ternak Lele dan Tanaman Hidroponik di RPTRA Kelurahan Meruya]

Dari sisi media pengembangbiakkan warga RT 03 Kelurahan Jati Cempaka menggunakan kolam terpal untuk 15 kolam yang ada di sini alih-alih membangun kolam semen atau tanah konvensional. Menurut Nurali, kolam terpal memiliki daya tahan sekitar tiga hingga empat tahun, harga yang terjangkau, mudah untuk dibongkar pasang, dan lebih menarik dari segi warnanya.

Selain mengembangbiakkan ikan lele sangkuriang, para warga juga berternak ikan gurame dan nila. Usai melihat inisiatif dari warganya, Sekretaris Kelurahan Jati Cempaka memiliki rencana untuk mengembangkan lagi usaha kolam ikan ini dengan menggabungkannya bersama budidaya maggot atau belatung dari lalat tentara hitam yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ikan lele sangkuriang sekaligus lebih banyak menggandeng warga setempat.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.