Warga Duser Dapat 2000 Benih Ikan Gurame Dari Disnaker

Berita Kawasan

Warga Duser Dapat 2.000 Benih Ikan Gurame Dari Disnaker

Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang disukai masyarakat Indonesia karena dagingnya yang lezat. Ikan Gurame tak hanya ada di Indonesia, namun menyebar di kawasan Asia Tenggara. Bila dijual, harga Ikan Gurame cukup tinggi dan relatif stabil. Dan, Ikan Gurame ini kaya akan protein. Selain memiliki kandungan nutrisi protein pada Ikan Gurame, terdapat di dalamnya Vitamin A, B1, B2, dan B3. Ikan Gurame lebih menyukai perairan yang tenang dan dalam seperti rawa, situ, waduk, atau danau.

Salah satu warga yang berkesempatan untuk budidaya Ikan Gurame adalah Warga Kelurahan Duren Seribu (Duser), Kecamatan Bojongsari beruntung menerima bantuan ikan Gurami sebanyak 2.000 ekor beserta pakannya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok. Hal tersebut berkenaan dengan program Padat Karya bagi masyarakat.

[Baca Juga: Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang]

Melansir laman depok.go.id (10/07/2019). Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Depok Epiyanti mengatakan, nantinya hasil panen Ikan Gurame akan diberikan sepenuhnya kepada kelompok Tani Ikan Nina Seribu. Benih ikan sekaligus pakannya yang sudah diberikan ini hasil panennya bisa dibagi dengan anggota kelompok. “Jika ikan gurame ini sudah dipanen, hasilnya tidak akan kami ambil. Namun sepenuhnya untuk para anggota kelompok tani sebanyak 16 orang,” ucapnya.

Epiyanti menambahkan, bahwa pihaknya hanya akan intensif memonitori bantuan yang telah diberikan. Selain itu dirinya juga bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Depok untuk mengawasi dan memberikan pelatihan budidaya Ikan Gurame. “Disnaker dan DKPPP memonitor dan membantu kelompok tani kalau menemukan kendala. Ikan Gurame itu di tempatkan dalam satu kolam berukuran 8 x 6 meter,” jelasnya.

[Baca Juga: Ada Budidaya Ikan Nila di RPTRA Amanah Jakarta Utara]

Sementara itu, Lurah Duser Suhendar mengaku, bantuan yang diterima warga di Kampung Kandang RW 09 sangat bermanfaat. Terlebih, kalau program ini berhasil, ke depannya akan ditingkatkan lagi pembinaan bahkan jumlah bantuannya. “Kami sangat antusias sekali mendapat bantuan ini. Harapannya bisa berhasil dan meningkatkan kesejahteraan warga sehingga jumlah bantuannya bisa meningkat,” tutup Suhendar.

Read More

Artikel Lainnya

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

Bisnis

Toyota Hadirkan Aplikasi mToyota Guna Tingkatkan Layanan Digital

09 December 2019, 18:00

Toyota berikan pelayanan digital kepada konsumen setia lewat Mobile Apps mToyoya

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

Berita Kawasan

Film Kucumbu Tubuh Indahku Borong Piala Citra FFI 2019

09 December 2019, 17:00

Dari 12 nominasi yang didapat, film Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho sukses meraih delapan penghargaan di ajang FFI 2019.

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Sebuah Biografi

Berita Kawasan

Rayakan 10 Tahun Pernikahan, Musisi Endah N Rhesa Luncurkan Biografi

09 December 2019, 16:00

buku ini akan mengangkat bagaimana peran sosok-sosok inspiratif yang ada di kehidupan Endah dan Rhesa selama berkarir di dunia musik.

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value Produk Lokal

Bisnis

LOKALisme By Ninja Xpress, Gandeng UKM untuk Tingkatkan Value ProdukLokal

09 December 2019, 15:00

Semangat yang digaungkan oleh LOKALisme ini disambut positif oleh brand dan kreator lokal berkualitas global yang berkolaborasi melalui Pop Up Market.


Comments


Please Login to leave a comment.