Warga Duser Dapat 2000 Benih Ikan Gurame Dari Disnaker

Berita Kawasan

Warga Duser Dapat 2.000 Benih Ikan Gurame Dari Disnaker

Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang disukai masyarakat Indonesia karena dagingnya yang lezat. Ikan Gurame tak hanya ada di Indonesia, namun menyebar di kawasan Asia Tenggara. Bila dijual, harga Ikan Gurame cukup tinggi dan relatif stabil. Dan, Ikan Gurame ini kaya akan protein. Selain memiliki kandungan nutrisi protein pada Ikan Gurame, terdapat di dalamnya Vitamin A, B1, B2, dan B3. Ikan Gurame lebih menyukai perairan yang tenang dan dalam seperti rawa, situ, waduk, atau danau.

Salah satu warga yang berkesempatan untuk budidaya Ikan Gurame adalah Warga Kelurahan Duren Seribu (Duser), Kecamatan Bojongsari beruntung menerima bantuan ikan Gurami sebanyak 2.000 ekor beserta pakannya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok. Hal tersebut berkenaan dengan program Padat Karya bagi masyarakat.

[Baca Juga: Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang]

Melansir laman depok.go.id (10/07/2019). Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Depok Epiyanti mengatakan, nantinya hasil panen Ikan Gurame akan diberikan sepenuhnya kepada kelompok Tani Ikan Nina Seribu. Benih ikan sekaligus pakannya yang sudah diberikan ini hasil panennya bisa dibagi dengan anggota kelompok. “Jika ikan gurame ini sudah dipanen, hasilnya tidak akan kami ambil. Namun sepenuhnya untuk para anggota kelompok tani sebanyak 16 orang,” ucapnya.

Epiyanti menambahkan, bahwa pihaknya hanya akan intensif memonitori bantuan yang telah diberikan. Selain itu dirinya juga bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Depok untuk mengawasi dan memberikan pelatihan budidaya Ikan Gurame. “Disnaker dan DKPPP memonitor dan membantu kelompok tani kalau menemukan kendala. Ikan Gurame itu di tempatkan dalam satu kolam berukuran 8 x 6 meter,” jelasnya.

[Baca Juga: Ada Budidaya Ikan Nila di RPTRA Amanah Jakarta Utara]

Sementara itu, Lurah Duser Suhendar mengaku, bantuan yang diterima warga di Kampung Kandang RW 09 sangat bermanfaat. Terlebih, kalau program ini berhasil, ke depannya akan ditingkatkan lagi pembinaan bahkan jumlah bantuannya. “Kami sangat antusias sekali mendapat bantuan ini. Harapannya bisa berhasil dan meningkatkan kesejahteraan warga sehingga jumlah bantuannya bisa meningkat,” tutup Suhendar.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.