Warga Hingga Kader Partai di Semarang Bahu-Membahu Atasi COVID-19

Berita Kawasan

Warga Hingga Kader Partai di Semarang Bahu-Membahu Atasi COVID-19

Merebaknya COVID-19 di Semarang membuat berbagai kalangan mengulurkan tangan. Mulai dari warga hingga kader partai ikut mengerahkan kemampuan mereka demi penanggulangan penyakit ini. Ada yang membantu melalui produksi masker dan menjualnya dengan harga murah, pun ada yang menyerahkan gajinya untuk penyediaan APD dan sembako.

Warga Membuat Masker Kain dan Menjualnya dengan Harga Murah

Warga dengan profesi pengrajin eceng gondok sejak awal April 2020 mulai memproduksi masker kain karena melihat harga masker yang melambung tinggi di tengah pandemi COVID-19. Ia bernama Firman Setyaji (29), warga Dusun Sejambu, Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Firman akhirnya membuat masker kain bermotif menarik dan menjualnya dengan harga terjangkau, bahkan sebagian produksinya dibagikan gratis pada warga Desa Kesongo.

Warga Hingga Kader Partai di Semarang Bahu-Membahu Atasi COVID-19

Selain menjadi solusi dari mahalnya harga masker, produksi ini, kata Firman, bertujuan menyadarkan warga tentang pentingnya menjaga kesehatan diri. Ia berharap warga dapat mengenakannya untuk melindungi diri.

Laki-laki yang merupakan lulusan Kriminologi Universitas Indonesia itu dibantu oleh lima orang penjahit dalam memproduksi masker.

“Kami membuat masker kain ini juga untuk memenuhi kebutuhan warga desa. Harga jualnya sangat murah bahkan sebagian dibagi gratis menyikapi harga masker yang mahal di pasaran,” ungkap Firman, dikutip dari semarangkab.go.id (06/04/2020).

[Baca Juga: DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona]

Harga masker per helainya dibanderol Rp3.000. Pemasarannya dilakukan melalui media online. Firman mengaku mendapat pesanan terbanyak di wilayah Semarang yaitu 200 helai. Ada juga di luar daerah, yakni Tangerang sebanyak 50 helai.

Firman sehari-harinya merupakan pengrajin eceng gondok yang memproduksi tas belanja, topi, case ponsel hingga bangku lesehan. Ia menjelaskan banyak dari pembeli produk eceng gondoknya yang kini turut memesan masker.

“Sebagian besar peminat memang kaum muda. Mereka sebelumnya telah tertarik dengan produk unik dari eceng gondok buatan kami,” lanjutnya.

Warga Hingga Kader Partai di Semarang Bahu-Membahu Atasi COVID-19

Ia berharap dengan memproduksi masker, dirinya mendukung sosialisasi pemakaian masker untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Untuk diketahui, Badan Kesehatan Dunia (WHO) kini mendukung semua orang memakai masker untuk mencegah penularan Virus Corona baru atau SARS-CoV-2. Sebelumnya WHO hanya merekomendasikan penggunaan masker bagi orang yang sakit dan menangani pasien. Akan tetapi ditegaskan bila masker bedah tetap digunakan oleh petugas medis.

“Kami melihat keadaan di mana penggunaan masker, baik buatan sendiri maupun masker kain di tingkat masyarakat dapat membantu untuk merespon penyakit ini,” jelas Kepala Program Darurat Kesehatan WHO Michael Ryan, dikutip dari cnnindonesia.com (06/04/2020)

2) Kader PDIP Menyerahkan Gajinya untuk Tangani COVID-19

Setelah dari kalangan warga, kini kader PDI Perjuangan Kota Semarang juga mengulurkan tangan untuk menangani COVID-19 di wilayahnya. Kader PDIP yang menduduki jabatan strategis akan memberikan seratus persen gajinya untuk penyediaan masker, Alat Pelindung Diri (APD), dan bantuan sembako di Kota Semarang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua PDIP sekaligus Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada Minggu (05/04/2020) di Kantor DPC PDIP Kota Semarang.

Warga Hingga Kader Partai di Semarang Bahu-Membahu Atasi COVID-19

“Kami mengikhlaskan gaji untuk tiga bulan ke depan, tapi kalau nanti persoalan COVID-19 lebih dari tiga bulan, teman-teman juga sudah siap untuk terus menyerahkan gajinya,” jelas pria yang akrab disapa Hendi ini, dikutip dari semarang.kompas.com (06/04/2020)

Inisiatif ini, dijelaskan olehnya sudah dikomunikasikan dengan pimpinan PDIP di tingkat atas.

Total kader PDIP Kota Semarang yang sudah sepakat mengikhlaskan gajinya untuk penanganan COVID-19 adalah 21 orang, 19 di antarnya merupakan kader di legislatif sedangkan dua lainnya kader di eksekutif.

[Baca Juga: Siapkan Masker Pribadi Kalau Mau Naik Transjakarta, MRT dan LRT!]

Pada penerapannya, penyaluran dana diungkapnya akan transparan dan profesional, dikoordinir oleh Wakil Ketua PDI Perjuangan Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Hevearita juga bertindak sebagai ketua Tim Penanganan COVID-19 PDI Perjuangan Kota Semarang.

“Kami membentuk tim yang diketuai Bu Ita dan Bu Trifena, anggota Fraksi PDI Perjuangan Kota Semarang. Mulai mengumpulkan gaji hingga menjaga kerja tim tersebut agar transparan dan profesional,” tutur Hendi.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Biang 2 years, 6 months lalu
    biang

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di poker165.co dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎