Warga Jakarta Saksikan Gerhana Bulan Sebagian di Planetarium Jakarta

Berita Kawasan

Warga Jakarta Saksikan Gerhana Bulan di Planetarium Jakarta

Pernah mengunjungi Planetarium dan Observatorium yang ada di Taman Ismail Marzuki (TIM)? Planetarium tak hanya sekadar menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi warga untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, seperti ruang pameran, pertunjukan teater bintang, dan yang lainnya. Tetapi, Planetarium juga terkadang mengadakan kegiatan di momen-momen tertentu. Seperti mengadakan kegiatan Peneropongan gerhana bulan sebagian yang berlangsung pada 16 Juli 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan Unit Pengelola (UP) Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

Warga Jakarta Saksikan Gerhana Bulan Sebagian di Planetarium Jakarta

Kegiatan peneropongan ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Warga yang datang ke Planetarium Jakarta pada 16 Juli 2019 hanya perlu mengisi formulir registrasi yang disediakan di tempat acara. Kegiatan ini dibuka mulai pukul 21.00 untuk registrasi peserta Peneropongan Gerhana Bulan Sebagian sebagaimana dirilis planetarium.jakarta.go.id (12/7/2019).

[Baca Juga: Menjelajah Antariksa di Planetarium Jakarta]

Namun, ternyata agenda kegiatan ini tak hanya untuk bisa meneropong gerhana bulan sebagian saja. Peserta kegiatan ini juga berkesempatan meneropong planet Jupiter dan Saturnus yang dilakukan pada pukul 22.00-24.00. Setelah itu, peneropongan gerhana bulan sebagian baru bisa dilakukan saat sudah memasuki tanggal 17 Juli 2019 sekitar pukul 01.30 hingga pukul 06.00.

Berdasarkan unggahan akun instagram @jktinfo (17/7/2019), sejumlah warga yang mengikuti kegiatan ini rela mengantre untuk bisa meneropong planet Jupiter dan Saturnus, serta gerhana bulan sebagian. Kegiatan peneropongan ini memang menarik minat para warga. Terbukti dengan banyaknya warga yang berdatangan ingin menyaksikan gerhana tersebut dengan peralatan yang modern milik Planetarium Jakarta.

[Baca Juga: Begini Cara Dapatkan Tiket ke Mars dari NASA]

Gerhana bulan sebagian termasuk momen langka yang tak bisa dilihat setiap waktu. Kegiatan ini pun diselenggarakan berdasarkan perhitungan astronomi yang menyatakan wilayah Indonesia mengalami gerhana bulan sebagian pada dini hari (17/7/2019), mulai pukul 01.43 WIB dan berakhir pada pukul 07.17 WIB.

Apakah Anda ikut menyaksikan peneropongan di Planetarium Jakarta kemarin?


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.