Warga Jakarta Saksikan Gerhana Bulan Sebagian di Planetarium Jakarta

Berita Kawasan

Warga Jakarta Saksikan Gerhana Bulan di Planetarium Jakarta

Pernah mengunjungi Planetarium dan Observatorium yang ada di Taman Ismail Marzuki (TIM)? Planetarium tak hanya sekadar menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi warga untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, seperti ruang pameran, pertunjukan teater bintang, dan yang lainnya. Tetapi, Planetarium juga terkadang mengadakan kegiatan di momen-momen tertentu. Seperti mengadakan kegiatan Peneropongan gerhana bulan sebagian yang berlangsung pada 16 Juli 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan Unit Pengelola (UP) Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ).

Warga Jakarta Saksikan Gerhana Bulan Sebagian di Planetarium Jakarta

Kegiatan peneropongan ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Warga yang datang ke Planetarium Jakarta pada 16 Juli 2019 hanya perlu mengisi formulir registrasi yang disediakan di tempat acara. Kegiatan ini dibuka mulai pukul 21.00 untuk registrasi peserta Peneropongan Gerhana Bulan Sebagian sebagaimana dirilis planetarium.jakarta.go.id (12/7/2019).

[Baca Juga: Menjelajah Antariksa di Planetarium Jakarta]

Namun, ternyata agenda kegiatan ini tak hanya untuk bisa meneropong gerhana bulan sebagian saja. Peserta kegiatan ini juga berkesempatan meneropong planet Jupiter dan Saturnus yang dilakukan pada pukul 22.00-24.00. Setelah itu, peneropongan gerhana bulan sebagian baru bisa dilakukan saat sudah memasuki tanggal 17 Juli 2019 sekitar pukul 01.30 hingga pukul 06.00.

Berdasarkan unggahan akun instagram @jktinfo (17/7/2019), sejumlah warga yang mengikuti kegiatan ini rela mengantre untuk bisa meneropong planet Jupiter dan Saturnus, serta gerhana bulan sebagian. Kegiatan peneropongan ini memang menarik minat para warga. Terbukti dengan banyaknya warga yang berdatangan ingin menyaksikan gerhana tersebut dengan peralatan yang modern milik Planetarium Jakarta.

[Baca Juga: Begini Cara Dapatkan Tiket ke Mars dari NASA]

Gerhana bulan sebagian termasuk momen langka yang tak bisa dilihat setiap waktu. Kegiatan ini pun diselenggarakan berdasarkan perhitungan astronomi yang menyatakan wilayah Indonesia mengalami gerhana bulan sebagian pada dini hari (17/7/2019), mulai pukul 01.43 WIB dan berakhir pada pukul 07.17 WIB.

Apakah Anda ikut menyaksikan peneropongan di Planetarium Jakarta kemarin?


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.