Warga Jakarta Utara Diajak Bawa Tumbler saat Beraktivitas

Berita Kawasan

Warga Jakarta Utara Diajak Bawa Tumbler saat Beraktivitas

Wilayah Jakarta Utara yang langsung berbatasan dengan laut bisa dikatakan sudah sangat paham dengan bagaimana masalah yang ditimbulkan akibat sampah plastik. Seperti pemandangan di kawasan Pelabuhan Muara Baru yang terlihat tumpukan sampah plastik di area pinggir lautnya pada akhir Juli 2019. Oleh karena itulah tidak mengherankan bila Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara mengampanyekan pengurangan penggunaan sampah plastik. Salah satunya melalui kegiatan membawa tumbler.

Kampanye ini disampaikan Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau di depan Aparatur Sipil Negara (ASN) di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara. Ia mengajak agar semua warga Jakarta Utara untuk ikut kampanye pengurangan sampah plastik dan hal ini bisa dilakukan hanya dengan cara membawa tumbler untuk air minum agar tidak membeli air minum kemasan sekali konsumsi yang langsung dibuang.

Warga Jakarta Utara Diajak Bawa Tumbler saat Beraktivitas

“Membawa tumbler itu ada manfaatnya selain mengurangi sampah plastik juga untuk kesehatan karena kita akan sering mengingat untuk selalu mengonsumsi air putih setiap harinya. Tubuh jadi lebih sehat dan sampah plastik bisa berkurang,” ungkap Wali Kota Jakarta Utara, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (7/8/2019).

[Baca Juga: Warga Rusun Marunda Ubah Sampah Plastik Jadi Kreasi Layak Jual]

Syamsuddin menyadari bahwa kampanye membawa tumbler ini tidaklah mudah untuk diterapkan begitu saja bagi warga Jakarta Utara. Namun menurutnya langkah ini perlu disosialisasikan dan dicoba dilakukan mengingat sampah plastik memiliki efek membahayakan bagi lingkungan serta kesehatan. Atas dasar itulah, mengapa menurutnya penting untuk ASN terus membawa tumbler saat bekerja agar dapat turut ikut sosialisasi kampanye pengurangan sampah plastik.

“Dimulai dari para ASN yang akan menerapkan dan menyosialisasikannya lagi ke masyarakat. Saat rapat dan pertemuan lainnya di dalam snack-nya tidak lagi disediakan air minum kemasan tapi di ruangan sudah disiapkan galon air minum isi ulang. Sosialisasi seperti ini akan terus dilakukan supaya terbiasa,” tambah Syamsuddin.

[Baca Juga: Kurangi Konsumsi Plastik, Penggunaan Tumbler Terus Digencarkan]

Sebenarnya kampanye penggantian air minum kemasan plastik dengan tumbler untuk ASN di lingkungan Pemkot Jakarta Utara sudah disampaikan semenjak awal tahun 2019. Kala itu Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyampaikan adanya instruksi dari Pemkot Jakarta utara yang melarang penggunaan botol air minum sekali pakai. Pasalnya, ditemukan fakta penyumbatan air di sejumlah titik di Jakarta Utara dipicu penumpukan sampah plastik.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.