ads
WARGA KALIBATA CITY APARTEMENT AKTIFKAAN KEMBALI POSYANDU

Kesehatan

Warga Kalibata City Apartment Aktifkan Kembali Posyandu

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Tujuannya memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Artinya, keberhasilan Posyandu bergantung pada inisiatif warga. Selama ini, warga kota yang memiliki berbagai kemudahan akses layanan kesehatan, tidak memanfaatkan Posyandu. Tidak demikian dengan warga Kalibata City Apartment.

Posyandu Melati 4 Warga Kalibata di Selasar Tower Herbras, apartemen Kalibata City merupakan Posyandu pertama yang berdiri di lingkungan apartemen di Jakarta, bahkan di Indonesia. Posyandu ini murni digerakkan oleh warga dan ditujukan untuk warga apartemen Kalibata City.

[Baca Juga : Kalibata City Green Palace dan Konsep Kawasan TOD]

Seperti dilansir dari situs www.wingscorp.com yang mendukung aktivitas warga ini, ada lebih dari 100 Kepala Keluarga (KK) yang terdaftar ketika pertama kali Posyandu ini dibuka pada 2015. Pendirian Posyandu ini dinilai penting karena akan memudahkan warga dalam memperoleh hak layanan dasar di bidang kesehatan, khususnya untuk bayi dan balita secara reguler dan teratur.

Undang-Undang nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menyatakan Pemerintah wajib memenuhi hak-hak anak, yakni mencakup kelangsungan hidup, pertumbuhan dan perkembangannya serta perlindungan demi kepentingan terbaik anak. Saat peresmian Posyandu, sebanyak 166 bayi dan balita peserta Posyandu mendapat layanan penimbangan, vitamin A gratis dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Para ibu juga mendapatkan edukasi seputar tumbuh kembang anak, imunisasi dan gizi. Sebagai salah satu bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat.

Menunjukkan Sisi Positif

Jika Anda mencari kata kunci Kalibata City Apartment, tulisan yang keluar rata-rata berita negatif seputar prostitusi. Tidak mau menyerah pada situasi ini, warga terus mengadakan aktivitas positif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan apartemen sebagai hunian keluarga.

Posyandu itu hanya salah satu kegiatan positif yang dilakukan warga Kalibata City Apartment. Setiap bulan, ibu hamil, bayi, dan balita akan berkumpul untuk pemeriksaan kesehatan serta tumbuh kembangnya di selasar salah satu tower. Ibu-ibu kader Posyandu juga membuat WhatsApp grup yang sangat produktif. Mereka berbagi masalah kesehatan ibu hamil, bayi, serta balitanya. Mulai dari makanan, dokter, hingga obat apabila terjadi sesuatu. Bahkan ibu kader Posyandu ini juga aktif menolong ketika ada ibu hamil yang suaminya sementara sedang berada di luar kota. Mereka siap sedia mengantar hingga ke rumah sakit.

[Baca Juga : Posyandu di Kelurahan Cibubur Mulai Diminati Warga]

Biasanya, jika ada Posyandu diadakan pula Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ini juga terjadi di Kalibata City Apartment. Ada banyak pilihan PAUD, mulai dari yang umum, bilingual, bersifat agamis hingga hafal Quran. Kegiatan ini menjadi ini tumpuan perkembangan pendidikan anak-anak tanpa perlu keluar area kompleks apartemen. Bukan hanya untuk ibu dan anak, ada pula kegiatan bagi lansia. Setiap Rabu pagi ada senam osteoporosis. Setiap Jumat sore ada kegiatan senam yang lebih umum.

Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga warga di seluruh Indonesia. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Keberhasilan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial seperti yang dilakukan warga Kalibata City Apartment. Selain itu diperlukan adanya kerjasama, tekanan dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader. Apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar, dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  12 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  31 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  12 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads