Warga Kampung Akuarium Diajak Jaga Lingkungan Melalui Festival Ini

Berita Kawasan

Warga Kampung Akuarium Diajak Jaga Lingkungan Melalui Festival Ini

Pada 20 Oktober 2019 ada hal yang berbeda di area Kampung Akuarium yang berlokasi di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Pasalnya terlihat hingar-bingar dari para warganya yang tengah merayakan Festival Akuarium. Selain membawa berkah untuk para warga Kampung Akuarium yang bisa menjajakan dagangannya, kegiatan ini juga memiliki agenda untuk kebersihan lingkungan seperti yang digaungkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara.

Festival Kampung Akuarium sendiri diinisiasi kelompok relawan Kanopea dan Rujak Center. Mereka menginginkan mendorong upaya Jakarta yang bersih dari sampah dan memulainya dengan Kampung Akuarium. Mereka selama lebih dari dua bulan berada di Kampung Akuarium dan bekerja dengan masyarakatnya. Di sana mereka memberikan edukasi terkait lingkungan dan kewirausahaan untuk para warganya.

[Baca Juga: Kampung Akuarium Didorong Jadi Bagian Wisata Pesisir Jakarta Utara]

Setelah semua proses edukasinya berakhir, Festival Kampung Akuarium digelar yang menjadi acara puncak sekaligus memperlihatkan hasil dari pembelajaran para warganya selama sembilan minggu. Bahkan pada kegiatan ini sendiri, unsur edukasi masih disisipi pihak penyelenggara dengan berusaha menerapkan konsep less-waste pada suatu event.

Warga Kampung Akuarium Diajak Jaga Lingkungan Melalui Festival Ini

Dalam gelaran festival itu, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko juga menyempatkan diri untuk hadir. Ia tak lupa menyampaikan apresiasinya terhadap para relawan yang sudah memberikan waktunya untuk mengembangkan potensi para warga di sana. “Dalam memberikan edukasi buat masyarakat Kampung Akuarium Jakarta Utara,” ujarnya sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (21/10/2019).

Sigit memandang, Festival Kampung Akuarium dapat menjadi momen kampung tersebut lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungannya bahkan memicu “bibit” kewirausahaan di kampung Jakarta Utara yang lain. “Dengan terus berkembangnya masyarakat di sini, bukan tidak mungkin Kampung Akuarium bisa menjadi motor dalam menjaga lingkungannya, menjadi motor dalam pemberdayaan kewirausahaan. Kampung Akuarium bisa dijadikan contoh dan teladan buat kampung-kampung lainnya di Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Utara,” tuturnya.

[Baca Juga: Pencanangan HUT ke-492 DKI Akan Berlangsung di Kampung Akuarium]

Para relawan dan penyelenggara Festival Kampung Akuarium merasa senang dengan hasil usaha mereka selama beberapa minggu terakhir. Pasalnya, respons yang diberikan pun ternyata positif dari masyarakat Kampung Akuarium hingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Masyarakat aktif dalam mengikuti edukasi mengenai lingkungan dan pemberdayaan kewirausahaan yang diberikan. Ditambah dukungan dari Pemprov DKI Jakarta yang saat ini diwakili oleh Pemkot Administrasi Jakarta Utara sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” ucap Ketua Penyelenggara Knopea Ellen Septianne.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.