Warga Kampung Bahari Gelar Upacara Peringatan 17 Agustus

Berita Kawasan

Warga Kampung Bahari Gelar Upacara Peringatan 17 Agustus

Setiap wilayah di Jakarta memiliki caranya masing-masing dalam menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia atau HUT ke-74 RI. Ada yang menggelar perlombaan demi memeriahkan suasana di sekitar pemukiman warga. Tapi ada juga yang memilih untuk mengadakan upacara peringatan 17 Agustus secara khidmat, seperti yang digelar warga Kampung Bahari di Jakarta Utara. Mereka menggandeng ratusan pelajar dalam mengadakan upacara tersebut.

Upacara 17 agustus ini dihadiri sekitar 130 warga Kampung Bahari RW 012, Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pada proses pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia serta pengibaran bendera merah-putih, warga Kampung Bahari mengajak 120 siswa-siswi Madrasah Ibtdaiyah Swasta Al Amin untuk turut terlibat. Pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini, proses upacara tersebut memiliki tajuk Bersama Kita bisa.

Warga Kampung Bahari Gelar Upacara Peringatan 17 Agustus

Menariknya, ini bukan kali pertamanya warga Kampung Bahari memilih untuk mengadakan upacara 17 Agustus. “Wilayah kami ini lingkupnya itu sangat terbatas jadi kita dari tahun ke tahun selalu mengadakan upacara bersama antara sekolah dan masyarakat,” ujar Ketua RW 012 sekaligus inspektur upacara Sugriwo, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (19/8/2019).

[Baca Juga: Tangsel Adakan Lombaan Bersih Saluran untuk 17 Agustusan]

Sugriwo menyebut, upacara 17 Agustus bagi warga Kampung Bahari RW 012 merupakan hal yang penting. Pasalnya, ini merupakan upaya para warga dalam menghormati jasa pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. “Upacara ini kita gelar sejak beberapa tahun lalu supaya masyarakat mengenang dan merasa bangga bahwa kita merdeka,” tutur ketua RW 012 itu.

Selain warga Kampung Bahari, upacara 17 Agustus juga digelar di wilayah Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja. Upacara ini dihadiri oleh warga RW 10, para pengurus RT, PKK, kader juru pemantau jentik (jumantik), serta para pelajar. Ketua RW 10 Rawa Badak Selatan Fransiskus Xaverius Pati berlaku sebagai inspektur upacara yang di mana dalam pidatonya, ia mengingatkan perjuangan para pahlawan demi memerdekakan Tanah Air.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Ia menegaskan, semua orang patut meneladani perjuangan tersebut dengan cara yang sederhana tapi patut untuk dilakukan. “Dengan cara mau ikut bersama-sama menjalin persaudaraan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ikut serta dalam proses pembangunan untuk memajukan bangsa,” ujar Fransiskus.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.