Warga Kampung Bahari Gelar Upacara Peringatan 17 Agustus

Berita Kawasan

Warga Kampung Bahari Gelar Upacara Peringatan 17 Agustus

Setiap wilayah di Jakarta memiliki caranya masing-masing dalam menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia atau HUT ke-74 RI. Ada yang menggelar perlombaan demi memeriahkan suasana di sekitar pemukiman warga. Tapi ada juga yang memilih untuk mengadakan upacara peringatan 17 Agustus secara khidmat, seperti yang digelar warga Kampung Bahari di Jakarta Utara. Mereka menggandeng ratusan pelajar dalam mengadakan upacara tersebut.

Upacara 17 agustus ini dihadiri sekitar 130 warga Kampung Bahari RW 012, Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pada proses pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia serta pengibaran bendera merah-putih, warga Kampung Bahari mengajak 120 siswa-siswi Madrasah Ibtdaiyah Swasta Al Amin untuk turut terlibat. Pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini, proses upacara tersebut memiliki tajuk Bersama Kita bisa.

Warga Kampung Bahari Gelar Upacara Peringatan 17 Agustus

Menariknya, ini bukan kali pertamanya warga Kampung Bahari memilih untuk mengadakan upacara 17 Agustus. “Wilayah kami ini lingkupnya itu sangat terbatas jadi kita dari tahun ke tahun selalu mengadakan upacara bersama antara sekolah dan masyarakat,” ujar Ketua RW 012 sekaligus inspektur upacara Sugriwo, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (19/8/2019).

[Baca Juga: Tangsel Adakan Lombaan Bersih Saluran untuk 17 Agustusan]

Sugriwo menyebut, upacara 17 Agustus bagi warga Kampung Bahari RW 012 merupakan hal yang penting. Pasalnya, ini merupakan upaya para warga dalam menghormati jasa pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. “Upacara ini kita gelar sejak beberapa tahun lalu supaya masyarakat mengenang dan merasa bangga bahwa kita merdeka,” tutur ketua RW 012 itu.

Selain warga Kampung Bahari, upacara 17 Agustus juga digelar di wilayah Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja. Upacara ini dihadiri oleh warga RW 10, para pengurus RT, PKK, kader juru pemantau jentik (jumantik), serta para pelajar. Ketua RW 10 Rawa Badak Selatan Fransiskus Xaverius Pati berlaku sebagai inspektur upacara yang di mana dalam pidatonya, ia mengingatkan perjuangan para pahlawan demi memerdekakan Tanah Air.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Ia menegaskan, semua orang patut meneladani perjuangan tersebut dengan cara yang sederhana tapi patut untuk dilakukan. “Dengan cara mau ikut bersama-sama menjalin persaudaraan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ikut serta dalam proses pembangunan untuk memajukan bangsa,” ujar Fransiskus.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.