Warga Kecamatan Gambir Ikut Program Kewirausahaan.jpg

Bisnis

Warga Kecamatan Gambir Ikut Program Kewirausahaan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menggencarkan pelaksanaan program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT). Tujuan PKT adalah untuk memberikan keterampilan dan keahlian bagi para wirausahawan, serta sebagai modal menghadapi persaingan berwirausaha.

Dalam rangka menyukseskan program PKT, sebanyak 42 warga di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat mengikuti pengembangan kewirausahaan terpadu di bidang fesyen yang berlangsung di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kenanga.

[Baca Juga: Lewat PKT, Jakarta Pusat Targetkan Cetak 5.600 Wirausahawan Baru]

Salah seorang peserta pelatihan dari Kelurahan Petojo Utara, Nana mengatakan, melalui pelatihan pengembangan kewirausahaan terpadu ini dirinya ingin memiliki keterampilan membuat pakaian atau menjahit. “Kalau sudah mahir saya mau buka usaha jasa menjahit di rumah,” katanya seperti dikutip dari Berita Jakarta (13//2019).

Langsung Praktik

Metode pelatihan yang diberikan dalam pengembangan kewirausahaan terpadu ini cukup mudah untuk dipahami. Sebab, Nana menerangkan, selain teori juga langusung dilakukan praktik. Seperti mulai dari mengukur bahan, membuat pola, hingga pengoperasian mesin jahit.

Selain Nana, hal senada juga diungkapkan warga Kelurahan Petojo Utara Husep Suryana. Dirinya merasa senang dengan ada pelatihan pengembangan kewirausahaan terpadu. Pasalnya, berbekal kemampuan yang dimiliki dirinya berkeinginan membuat usaha jahit di rumah. “Mudah-mudahan bisa segera mendapatkan akses untuk permodalan,” kata Husep.

[Baca Juga: Warga Binaan Lapas Cipinang dapat Pelatihan Soft Skill Vokasi UI]

Sebelumnya, kegiatan pelatihan pengembangan kewirausahaan terpadu di wilayah Kecamatan Gambir diselenggarakan di empat lokasi, yakni RPTRA Melati Duri Pulo, RPTRA Tanah Abang 3, RPTRA Kenanga, dan RPTRA Kejora.

Pelatihan pengembangan kewirausahaan terpadu dibagi menjadi empat bidang usaha meliputi kuliner, fashion, kerajinan, dan pembuatan sabun. Pelatihan pengembangan kewirausahaan terpadu berlangsung selama empat hari mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

[Baca Juga: Tangerang Expo 2019 Sukses Diikuti 310 Pelaku UMKM]

Read More

Artikel Lainnya

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.


Comments


Please Login to leave a comment.