Warga Kelurahan Tugu di Cimanggis Diimbau Kurangi Sampah Saat Iduladha

Berita Kawasan

Warga Kelurahan Tugu, Cimanggis Diimbau Kurangi Sampah Iduladha

Tak hanya di kawasan DKI Jakarta, kebijakan terkait upaya mengurangi sampah saat Hari Raya Iduladha juga berlaku di kawasan Depok. Karena kebijakan mengenai pengurangan sampah di Lebaran Iduladha merupakan kebijakan nasional. Sehingga, Pemerintah Kota Depok menindaklanjutinya dengan mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 658.1/368 tentang pengurangan sampah pada saat perayaan Iduladha 1440 Hijriah.

Untuk mendukung kebijakan nasional tersebut, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok juga turut mengeluarkan surat edaran yang serupa. Lurah Tugu Abdul Muthalib mengatakan, pihaknya memberikan edaran berupa imbauan dan mengajak masyarakat se-Kelurahan Tugu untuk berpartisipasi mengurangi sampah saat Lebaran Iduladha.

Warga Kelurahan Tugu di Cimanggis Diimbau Kurangi Sampah Saat Iduladha

Surat edaran berisi imbauan tersebut dibagikan kepada ketua RW, ketua DKM Masjid dan Musala, serta panitia hewan kurban se-Kelurahan Tugu. Selanjutnya, mereka akan menyampaikan imbauan tersebut kepada warga. “Jadi warga kami minta untuk melakukan pengurangan sampah saat Iduladha nanti,” tuturnya.

Dia menerangkan, imbauan sesuai surat edaran yang diberikan antara lain dengan membawa kembali alas salat dan menimbun dengan baik limbah bekas kurban dalam tanah atau mengolahnya menjadi pupuk. Jika membawa alas salat berupa koran bekas, warga diimbau untuk menyerahkan ke penampung kertas.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Pakai Bongsang untuk Daging Kurban pada Iduladha]

Warga juga diimbau untuk menggunakan wadah makanan atau membawa besek atau pun daun pelepah pisang dan lainnya untuk tempat membungkus daging kurban. Serta, Lurah Tugu berharap agar warganya tidak menggunakan kantong plastik konvensional yang sulit diurai dan kantong kresek hitam hasil daur ulang. “Diharapkan dalam membungkus daging kurban, warga menggunakan wadah dan menghindari penggunaan plastik,” ujarnya sebagaimana dilansir depok.go.id (8/8/2019).

Dia berpesan kepada warga Kelurahan Tugu untuk turut serta mendukung kebijakan nasional dan surat edaran Wali Kota Depok tersebut. Jika imbauan tersebut dilakukan, maka dapat mengurangi sampah yang dikirimkan ke tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung.

[Baca Juga: Cegah Pencemaran Sampah Plastik dengan Lakukan Hal Ini]

Untuk diketahui, kebijakan untuk tidak menggunakan plastik sebagai wadah pembungkus daging kurban juga tidak hanya bertujuan mendukung kampanye pengurangan sampah plastik. Tapi, penggunaan kantong ramah lingkungan dinilai lebih baik, karena penggunaan wadah dari kantong plastik bisa memengaruhi kualitas daging kurban ketika dimasak untuk santapan keluarga.

Jadi, siapkan kantong ramah lingkungan untuk pembagian daging kurban di Iduladha nanti ya Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.