Ini Sebabnya Virus Corona Mudah Menyebar dengan Cepat

Berita Kawasan

Warga Kota Bekasi Sudah Bisa Jalankan Ibadah di Rumah Ibadah

Mulai tanggal 30 Mei, warga Kota Bekasi yang rindu beribadah di masjid bisa sedikit lega karena Pemerintah Kota Bekasi baru saja memperbolehkan masyarakat untuk melakukan kegiatan beribadah di rumah ibadah termasuk salat Jumat besok secara berjemaah di masjid atau musala.

Izin diperbolehkannya beribadah kembali di tengah pandemi ini berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Bekasi bernomor 450/3408/SETDA.KESSOS tentang Protokol Pelaksanaan Ibadah Berjemaah bagi Masyarakat untuk Mencegah dan Penularan COVID-19 di Kota Bekasi.

Ini Sebabnya Virus Corona Mudah Menyebar dengan Cepat

Surat edaran tersebut telah ditanda tangani pada 27 Mei lalu oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Dalam surat edaran tersebut, dicantumkan pelaksanaan ibadah berjemaah bagi kaum muslimin maupun kegiatan di rumah ibadah bagi nonmuslim diwajibkan mengacu pada standar protokol kesehatan COVID-19.

Melansir dari berbagai sumber (28/5/2020) protokol kesehatan yang dimaksud adalah, tempat ibadah untuk melaksanakan ibadah berjamaah harus dibersihkan terlebih dahulu dengan disinfektan.

[Baca Juga: MUI Kota Bandung Keluarkan Imbauan Beribadah di Tengah Pandemi]

Kemudian, pengurus tempat ibadah pelaksanaan ibadah berjamaah harus menyampaikan pemberitahuan pelaksanaan kegiatan ibadah kepada Wali Kota Bekasi. Para pengurus tempat ibadah juga wajib menyediakan hand sanitizer dan pengukur suhu tubuh elektrik untuk pengecekan masing-masing Jemaah yang hadir.

Setiap jemaah yang hadir dan akan melaksanakan ibadah berjemaah wajib menggunakan masker dan diwajibkan untuk membawa peralatan ibadah masing-masing sehingga lebih terjamin kebersihan dan kehigienisannya. Setiap Jemaah yang datang haru tetap menjalankan protokol Physical Distancing atau Social Distancing dengan tetap menjaga jarak aman, yaitu minimal satu meter.

[Baca Juga: Tengok Patuhnya Warga Bekasi Saat Salat Id di Zona Hijau]

Dalam surat edaran tersebut, Wali Kota Bekasi juga mengatur durasi kutbah atau ceramah, sebisa mungkin ceramah dilakukan dengan singkat, paling lama 15 menit. Lalu, setiap Jemaah yang yang hadir juga diwajibkan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan sesama Jemaah, misalnya berjabat tangan, berpelukan, atau yang lainnya.

Terakhir, usai ibadah selesai jemaah diharapkan bisa langsung membubarkan diri dan tidak mengobrol satu sama lain.

Walaupun Wali Kota Bekasi sudah menetapkan standar protokol kesehatan di rumah ibadah, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, Anda juga diharuskan menjaga kesehatan masing-masing dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.