Warga Limo Kembangkan Tanaman Anggur Beromzet Jutaan Rupiah

Bisnis

Warga Limo Kembangkan Tanaman Anggur Beromzet Jutaan Rupiah

Banyak masyarakat yang mengisi waktu luang dengan menjalankan hobi. Tapi siapa sangka suatu hobi yang dijalankan secara serius, bisa berkembang menjadi bisnis yang potensial. Seperti halnya, Abdullah Naja warga Jalan Pinang 2 Nomor 59 Kampung Lebong RT 03/15, Kelurahan Limo, Kota Depok, yang mengembangkan tanaman anggur, sehingga meraup jutaan rupiah setiap bulan.

Abdullah memang memiliki hobi menanam anggur. Namun, dia baru serius menjalani hobinya sejak berhasil menanam anggur, sehingga menghasilkan buah untuk menjadi lahan penghasilan. “Awalnya saya hanya menanam karena hobi ternyata saya berhasil menanamnya hingga berbuah. Menanam anggur juga tidak perlu lahan luas, hanya memerlukan jarak tanam 2 meter persegi,” ucapnya seperti diberitakan depok.go.id (17/11/20).

Warga Limo Kembangkan Tanaman Anggur Beromzet Jutaan Rupiah

Dikatakanya, anggur yang ditanam kurang lebih berjumlah 30 jenis. Di antaranya jenis Ninel, Transfigurasi, Jupiter, Akademik dan Dixon. Menurutnya, setelah usia satu tahun, tanaman anggur sudah bisa dipanen. Dalam setahun anggur bisa dipanen sebanyak tiga kali.

“Sekarang bukan saya saja namun tetangga juga ada yang tertarik. Kami tergabung kelompok petani anggur, kurang lebih ada 20 anggotanya. Jika awalnya mereka pembelajaran bibit sekarang sudah bisa menjual bibit anggur,” jelasnya.

[Baca Juga: Berburu Belimbing untuk Hipertensi di Depok Baru]

Dia menambahkan, harga bibit anggur juga cukup tinggi mulai dari Rp125.000 hingga Rp1 juta. Kelompok tani anggur ini sudah berdiri kurang lebih enam bulan. Kemudian, sambung Abdullah, dalam sebulan pihaknya bisa meraup laba kurang lebih Rp4 juta. Setiap bulannya tidak kurang 30 bibit tanaman anggur ludes dibeli oleh masyarakat.

“Kami sangat didukung oleh pemerintah setempat khususnya Kelurahan Limo. Harapan kami ini bisa berkembang, makin banyak lagi yang menanam dan mengembangkan tanaman anggur menjadi ciri khas di Limo,” tutup Abdullah.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.