Festival Pecinan Glodok 2019 2.jpg

Berita Kawasan

Warga Padati Festival Pecinan 2019 di Kawasan Petak Sembilan

Ribuan pengunjung memadati Festival Pecinan 2019 di Kawasan Petak Sembilan, Kelurahan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat kemarin (19/2/2019). Selain menikmati pertunjukan seni budaya, pengunjung bisa berbelanja makanan, minuman dan suvenir di 50 booth UKM.

Sebanyak 50 booth yang menjual makanan, minuman dan suvenir disiapkan panitia Festival Pecinan 2019 untuk memanjakan pengunjung. Tak hanya budaya dan seni Tionghoa, makanan khas dodol Betawi juga dapat ditemukan di Festival Pecinan 2019. Proses pembuatan dodol Betawi langsung dilakukan di booth. Ada pula penjual pakaian cheongsam. Cheongsam merupakan pakaian tradisional khas Tionghoa yang seringkali digunakan saat perayaan hari besar.

Mainan Barongsai di Festival Pecinan Glodok 2019

Pecinan Sebagai Destinasi Wisata

Dalam pembukaan festival ini hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan. Dalam sambutannya dia mengharapkan kawasan Pecinan menjadi salah satu destinasi wisata Ibukota Jakarta.

“Saya berharap kawasan Pecinan yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, ini dapat menjadi tempat berkunjung. Tak hanya warga Jakarta, tapi juga masyarakat global,”ujarnya seperti dikuti dari barat.jakarta.go.id (20/2/2019).

[Baca Juga: Ribuan Pengisi Acara Meriahkan Bogor Katumbiri Lighting Festival]

Ia menambahkan, kawasan Pecinan dahulu menjadi tempat berkumpulnya masyarakat global. Sehingga terjadi persenyawaan yakni munculnya entitas masyarakat baru. Ini menjadi bagian sejarah panjang yang terjadi di kawasan Pecinan.

Anies juga mengharapkan bahwa budaya masyarakat Tionghoa tidak sekadar dilestarikan, tapi juga dikembangkan. Sehingga nantinya dapat dinikmati oleh generasi masa depan. “Ini perayaan tahunan yang harus dilanggengkan. Ini bagian budaya di Jakarta, saya pribadi setiap ada kegiatan di Pecinan, saya datang,” ujar Anies yang didampingi Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi dan Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, Asiantoro.

Usai memberikan sambutan, Anies melakukan peninjauan pada sejumlah stan kuliner di kawasan tersebut. Ia pun mendapat cinderamata, berupa kaligrafi Tiongkok, yang artinya selalu memperoleh keberuntungan.

[Baca Juga: Kampung Silat Beksi Direncanakan Jadi Tempat Wisata]

Festival Pecinan 2019, dimeriahkan seni dan budaya Tionghoa serta Betawi. Mulai dari pagelaran tari dan music Tionghoa, parade Koko Cici, Barongsai, Liong, Gozhen, Wayang Potehi dan tarian 1000 tangan dewi Kuan Im. Untuk kebudayaan Betawi, menampillam gambang kromong, ondel-ondel dan enggrang. Festival Pecinan juga diisi dengan berbagai stan kuliner khas Tionghoa. Acara berlangsung mulai dari pukul 14.00-22.00 WIB.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.