Warga Penjaringan Hadiri Edukasi Virus Corona

Kesehatan

Warga Penjaringan Hadiri Edukasi Virus Corona

Beberapa waktu terakhir masyarakat Ibu Kota dihebohkan dengan kabar menyebarnya penyakit yang dipicu oleh Virus Corona. Virus yang pertama kali menyebar di Tiongkok ini sempat memicu kekhawatiran dapat masuk ke Indonesia, apalagi ini ditambah dengan kabar-kabar di media sosial yang simpang siur. Oleh karena itulah sangat penting sosialisasi mengenai penyakit serta virus ini dan cara mencegahnya. Inilah yang dilakukan Puskesmas Penjaringan pada Senin lalu.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Gebrak promosi Kesehatan atau program Promkes ini dihadiri oleh ratusan warga Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Menurut pihak Puskesmas Kecamatan Penjaringan, kegiatan ini penting dalam rangka agar warga dapat meningkatkan kewaspadaannya mengenai Virus Corona serta bagaimana cara agar dapat mencegah terjangkit.

Warga Penjaringan Hadiri Edukasi Virus Corona

Berdasarkan keterangan dari Penanggung Jawab Program Promkes Puskesmas Kecamatan Penjaringan Merryani Purba, sosialisasi pada 27 Januari 2020 digelar di seluruh kawasan Kecamatan Penjaringan yang terdiri dari lima kelurahan. “Untuk hari ini ada 12 lokasi yang kami sambangi untuk sosialisasi pencegahan Virus Corona. Setiap kelurahan ada yang dua sampai empat lokasi,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (27/1/2020).

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

Sekadar informasi, Virus Corona sendiri merupakan virus yang mampu menjangkiti hewan burung serta mamalia, termasuk manusia. Dalam hewan sendiri, untuk babi serta sapi yang terjangkit virus ini disebut dapat menderita diare, sedangkan untuk unggas seperti ayam dapat menderita gangguan di bagian pernapasan bagian atas. Sedangkan di manusia, pada umumnya virus Corona dapat menyebabkan infeksi pernapasan ringan tapi dalam kasus yang parah, virus ini juga dapat berbahaya, apalagi hingga kini masih belum ada vaksinnya.

Dalam sosialisasi yang digelar di Kecamatan Penjaringan, pihak puskesmas mengajarkan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS, seperti mencuci tangan dengan air mengalir, sebelum dan sesudah beraktivitas. Hal ini merupakan aspek penting untuk menjaga higienitas dalam rangka mencegah terjangkit virus Corona.

[Baca Juga: Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona]

Sosialisasi di Kecamatan Penjaringan ini disebut dihadiri warga, tokoh masyarakat, pelajar, petugas pelangi yang terdiri dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum atau PPSU, Suku Dinas Sumber Daya Air atau SDA, serta Suku Dinas Pertamanan dan Hutan kota.

“Materi sosialisasi diberikan baik secara tatap muka dan melalui media cetak seperti brosur, pamflet, atau lainnya. Tidak hanya hari ini, sosialisasi ini akan berkelanjutan. Bahkan nanti petugas akan sosialisasi di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, pemukiman elit, dan apartemen,” tambah Merryani.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.