Warga Penjaringan Hadiri Edukasi Virus Corona

Kesehatan

Warga Penjaringan Hadiri Edukasi Virus Corona

Beberapa waktu terakhir masyarakat Ibu Kota dihebohkan dengan kabar menyebarnya penyakit yang dipicu oleh Virus Corona. Virus yang pertama kali menyebar di Tiongkok ini sempat memicu kekhawatiran dapat masuk ke Indonesia, apalagi ini ditambah dengan kabar-kabar di media sosial yang simpang siur. Oleh karena itulah sangat penting sosialisasi mengenai penyakit serta virus ini dan cara mencegahnya. Inilah yang dilakukan Puskesmas Penjaringan pada Senin lalu.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Gebrak promosi Kesehatan atau program Promkes ini dihadiri oleh ratusan warga Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Menurut pihak Puskesmas Kecamatan Penjaringan, kegiatan ini penting dalam rangka agar warga dapat meningkatkan kewaspadaannya mengenai Virus Corona serta bagaimana cara agar dapat mencegah terjangkit.

Warga Penjaringan Hadiri Edukasi Virus Corona

Berdasarkan keterangan dari Penanggung Jawab Program Promkes Puskesmas Kecamatan Penjaringan Merryani Purba, sosialisasi pada 27 Januari 2020 digelar di seluruh kawasan Kecamatan Penjaringan yang terdiri dari lima kelurahan. “Untuk hari ini ada 12 lokasi yang kami sambangi untuk sosialisasi pencegahan Virus Corona. Setiap kelurahan ada yang dua sampai empat lokasi,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (27/1/2020).

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

Sekadar informasi, Virus Corona sendiri merupakan virus yang mampu menjangkiti hewan burung serta mamalia, termasuk manusia. Dalam hewan sendiri, untuk babi serta sapi yang terjangkit virus ini disebut dapat menderita diare, sedangkan untuk unggas seperti ayam dapat menderita gangguan di bagian pernapasan bagian atas. Sedangkan di manusia, pada umumnya virus Corona dapat menyebabkan infeksi pernapasan ringan tapi dalam kasus yang parah, virus ini juga dapat berbahaya, apalagi hingga kini masih belum ada vaksinnya.

Dalam sosialisasi yang digelar di Kecamatan Penjaringan, pihak puskesmas mengajarkan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS, seperti mencuci tangan dengan air mengalir, sebelum dan sesudah beraktivitas. Hal ini merupakan aspek penting untuk menjaga higienitas dalam rangka mencegah terjangkit virus Corona.

[Baca Juga: Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona]

Sosialisasi di Kecamatan Penjaringan ini disebut dihadiri warga, tokoh masyarakat, pelajar, petugas pelangi yang terdiri dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum atau PPSU, Suku Dinas Sumber Daya Air atau SDA, serta Suku Dinas Pertamanan dan Hutan kota.

“Materi sosialisasi diberikan baik secara tatap muka dan melalui media cetak seperti brosur, pamflet, atau lainnya. Tidak hanya hari ini, sosialisasi ini akan berkelanjutan. Bahkan nanti petugas akan sosialisasi di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, pemukiman elit, dan apartemen,” tambah Merryani.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.