Warga Rawa Badak Selatan Percantik Lingkungan dengan Manfaatkan Limbah

Berita Kawasan

Warga Rawa Badak Selatan Percantik Lingkungan dengan Manfaatkan Limbah

Pemukiman RW 02 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara tampil beda dengan berbagai pernak-pernik. Warga permukiman tersebut mempercantik lingkungan dengan memanfaatkan limbah barang bekas yang diolah menjadi pernak-pernik. Berbagai hasil kreatif warga Rawa Badak Selatan kini menghiasi jalan permukiman di empat RT setempat.

Melansir dari beritajakarta.id (10/4/2019), mengolah limbah dan barang bekas seperti botol, gelas plastik dan produk anyaman menjadi sebuah kreatifitas bisa terwujud atas inisiatif warga yang ingin menghiasi lingkungannya yang dirasa kumuh dan tidak tertata sebagaimana diutarakan ketua RT 04/02 Kelurahan Rawa Badak Selatan Ida Maria. "Namanya gang senggol dengan banyak sampah, ya jadi kumuh. Berangkat dari persoalan itu kita coba benahi," ujarnya.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Ida menambahkan, sudah satu tahun ini dia bersama seluruh warga mempercantik lingkungannya dengan mengumpulkan limbah dan barang bekas yang tidak dipakai. Setelah terkumpul, limbah dan barang bekas kemudian dihias dengan cat dan dibentuk agar memiliki nilai seni.

Selain mewarnai untuk mempercantik barang bekas seperti botol dan gelas, mereka juga melengkapinya dengan lampu yang dipasang untuk penerangan saat malam hari. Lingkungan permukiman Kelurahan Rawa Badak Selatan tidak hanya dipercantik dari olahan limbah dan barang bekas, tetapi warga juga menggalakkan penghijauan.

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Ketua RW 02 Kelurahan Rawa Badak Selatan Jamaludin mengatakan, sudah ada empat RT dari 10 RT yang ada di wilayahnya yang menggencarkan penataan lingkungan secara swadaya dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Dia juga bersama pengurus RW lainnya sudah sepakat untuk mendorong RT lainnya agar ikut mempercantik lingkungan.

Inisiasi warga yang mempercantik lingkungan sekaligus salah satu bentuk dukungan mengurangi volume sampah dengan menciptakan produk kreatif ini juga diapresiasi Lurah Rawa Badak Selatan Suhaena. Dia mengatakan, hasil kreatifitas ini menjadi percontohan bagi 10 RW lainnya di Rawa Badak Selatan agar mau menata bersama lingkungan permukimannya.

Read More

Artikel Lainnya

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco.jpg

Kuliner

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco

30 September 2020, 18:14

Brand takoyaki Gindaco baru-baru ini menghadirkan menu baru dengan rasa kari otentik dari Negeri Sakura.

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.


Comments


Please Login to leave a comment.