Warga Rawa Badak Selatan Percantik Lingkungan dengan Manfaatkan Limbah

Berita Kawasan

Warga Rawa Badak Selatan Percantik Lingkungan dengan Manfaatkan Limbah

Pemukiman RW 02 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara tampil beda dengan berbagai pernak-pernik. Warga permukiman tersebut mempercantik lingkungan dengan memanfaatkan limbah barang bekas yang diolah menjadi pernak-pernik. Berbagai hasil kreatif warga Rawa Badak Selatan kini menghiasi jalan permukiman di empat RT setempat.

Melansir dari beritajakarta.id (10/4/2019), mengolah limbah dan barang bekas seperti botol, gelas plastik dan produk anyaman menjadi sebuah kreatifitas bisa terwujud atas inisiatif warga yang ingin menghiasi lingkungannya yang dirasa kumuh dan tidak tertata sebagaimana diutarakan ketua RT 04/02 Kelurahan Rawa Badak Selatan Ida Maria. "Namanya gang senggol dengan banyak sampah, ya jadi kumuh. Berangkat dari persoalan itu kita coba benahi," ujarnya.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Ida menambahkan, sudah satu tahun ini dia bersama seluruh warga mempercantik lingkungannya dengan mengumpulkan limbah dan barang bekas yang tidak dipakai. Setelah terkumpul, limbah dan barang bekas kemudian dihias dengan cat dan dibentuk agar memiliki nilai seni.

Selain mewarnai untuk mempercantik barang bekas seperti botol dan gelas, mereka juga melengkapinya dengan lampu yang dipasang untuk penerangan saat malam hari. Lingkungan permukiman Kelurahan Rawa Badak Selatan tidak hanya dipercantik dari olahan limbah dan barang bekas, tetapi warga juga menggalakkan penghijauan.

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Ketua RW 02 Kelurahan Rawa Badak Selatan Jamaludin mengatakan, sudah ada empat RT dari 10 RT yang ada di wilayahnya yang menggencarkan penataan lingkungan secara swadaya dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Dia juga bersama pengurus RW lainnya sudah sepakat untuk mendorong RT lainnya agar ikut mempercantik lingkungan.

Inisiasi warga yang mempercantik lingkungan sekaligus salah satu bentuk dukungan mengurangi volume sampah dengan menciptakan produk kreatif ini juga diapresiasi Lurah Rawa Badak Selatan Suhaena. Dia mengatakan, hasil kreatifitas ini menjadi percontohan bagi 10 RW lainnya di Rawa Badak Selatan agar mau menata bersama lingkungan permukimannya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.