Warga Rawa Badak Selatan Percantik Lingkungan dengan Manfaatkan Limbah

Berita Kawasan

Warga Rawa Badak Selatan Percantik Lingkungan dengan Manfaatkan Limbah

Pemukiman RW 02 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara tampil beda dengan berbagai pernak-pernik. Warga permukiman tersebut mempercantik lingkungan dengan memanfaatkan limbah barang bekas yang diolah menjadi pernak-pernik. Berbagai hasil kreatif warga Rawa Badak Selatan kini menghiasi jalan permukiman di empat RT setempat.

Melansir dari beritajakarta.id (10/4/2019), mengolah limbah dan barang bekas seperti botol, gelas plastik dan produk anyaman menjadi sebuah kreatifitas bisa terwujud atas inisiatif warga yang ingin menghiasi lingkungannya yang dirasa kumuh dan tidak tertata sebagaimana diutarakan ketua RT 04/02 Kelurahan Rawa Badak Selatan Ida Maria. "Namanya gang senggol dengan banyak sampah, ya jadi kumuh. Berangkat dari persoalan itu kita coba benahi," ujarnya.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Ida menambahkan, sudah satu tahun ini dia bersama seluruh warga mempercantik lingkungannya dengan mengumpulkan limbah dan barang bekas yang tidak dipakai. Setelah terkumpul, limbah dan barang bekas kemudian dihias dengan cat dan dibentuk agar memiliki nilai seni.

Selain mewarnai untuk mempercantik barang bekas seperti botol dan gelas, mereka juga melengkapinya dengan lampu yang dipasang untuk penerangan saat malam hari. Lingkungan permukiman Kelurahan Rawa Badak Selatan tidak hanya dipercantik dari olahan limbah dan barang bekas, tetapi warga juga menggalakkan penghijauan.

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Ketua RW 02 Kelurahan Rawa Badak Selatan Jamaludin mengatakan, sudah ada empat RT dari 10 RT yang ada di wilayahnya yang menggencarkan penataan lingkungan secara swadaya dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Dia juga bersama pengurus RW lainnya sudah sepakat untuk mendorong RT lainnya agar ikut mempercantik lingkungan.

Inisiasi warga yang mempercantik lingkungan sekaligus salah satu bentuk dukungan mengurangi volume sampah dengan menciptakan produk kreatif ini juga diapresiasi Lurah Rawa Badak Selatan Suhaena. Dia mengatakan, hasil kreatifitas ini menjadi percontohan bagi 10 RW lainnya di Rawa Badak Selatan agar mau menata bersama lingkungan permukimannya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.