Warga Rawabunga Terapkan Program Kampung Iklim

Berita Kawasan

Warga Rawabunga Terapkan Program Kampung Iklim

Persoalan perubahan iklim sudah menjadi fenomena lingkungan yang nyata dan diakui sebagai salah satu ancaman terbesar bagi kehidupan manusia. Menanggapi hal tersebut, banyak pihak yang mengampanyekan dan langsung bergiat mengurangi dampak perubahan iklim.

Seperti halnya yang dilakukan warga RW 03, 04, 06 dan 07 Kelurahan Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur yang turut kembangkan program kampung iklim (proklim) atau kampung hijau sebagai gerakan pengendalian perubahan iklim.

[Baca Juga: Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda]

Ketua RW 04 Rawabunga Sam Alwi mengatakan, program yang bertujuan untuk menciptakan kampung hijau ini murni dilakukan warga dengan dukungan dari pihak kelurahan serta kecamatan. “Harapannya kampung kami bisa menjadi lebih hijau, sejuk, dan nyaman,” katanya seperti dikutip Berita Jakarta (18/3/2019).

Salah seorang warga Gandhi (42) memaparkan, sasaran awal dari program kampung iklim ini berupa penghijauan di Jalan Masjid 1, Jalan Warung Asem, dan Jalan Bekasi Timur 2. Tidak hanya itu, jalan-jalan yang ada di pemukiman warga akan ditanami berbagai tanaman dengan media pot besar.

[Baca Juga: Kampung Tematik Tangerang Tingkatkan Pola Asuh Orang Tua]

“Selain itu, kami akan mengecat tembok yang sudah kusam serta membuat mural pada tembok-tembok,” kata Gandhi.

Warga Rawabunga Terapkan Program Kampung Iklim

Sementara itu, Lurah Rawabunga Agustina menambahkan, untuk mendukung program warganya, pihak kelurahan membantu dalam pencairan corporate social responsibility (CSR) serta berkoordinasi dengan Suku Dinas (Sudin) Kehutanan untuk pemberian bantuan tanaman serta sudin terkait lainnya.

“Harapannya program warga untuk menghijaukan kampungnya dapat berjalan dengan lancar,” kata Agusti.

Sekadar informasi, program kampung iklim adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK).

[Baca Juga: Nelayan Kepulauan Seribu Waspada Perubahan Cuaca]

Melalui pelaksanaan program ini, pemerintah memberikan penghargaan terhadap masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara bekelanjutan.

Pelaksanaan program kampung iklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 19/2012 tentang Program Kampung Iklim. Program ini dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah minimal setingkat dusun, dukuh atau RW dan maksimal setingkat desa atau kelurahan atau yang dipersamakan dengan wilayah tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.