Ubah Sampah Plastik Jadi Kreasi Layak Jual

Berita Kawasan

Warga Rusun Marunda Ubah Sampah Plastik Jadi Kreasi Layak Jual

Bagi sebagian orang, sampah sudah tidak berguna lagi, namun lain halnya dengan Mila Sumilah warga Rusun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara yang mengubah sampah plastik jadi sofa set.

Pengelola Bank Sampah Rumah Susuh (Rusun) Marunda Bisa Mila Sumilah mengatakan, pemanfaatan sampah plastik menjadi produk sofa set layak jual selain untuk mengurangi volume sampah juga diharapkan dapat merangsang warga ikut menjadi nasabah bank sampah.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

"Hingga saat ini nasabah kita sudah sekitar 600. Makanya sejak Januari lalu kita inisiatif kembangkan produk kreatif ini," ujarnya mengutip laman beritajakarta.id (15/03/2019).

Sampah-sampah plastik botol air mineral diisi plastik bungkus permen, sabun dan kopi saset. diubah menjadi satu set produk, terdiri dari empat bangku dan satu meja. Botol plastik dirangkai membentuk bulatan dengan teknik ecobrick. Lalu, botol tersebut ditutup oleh cover set. Harga dibanderol dengan harga cukup bersaing.

[Baca Juga: Kerajinan Koran Bekas Bisa Capai Omzet 15 Juta per Bulan]

Masing-masing, cover set bangku berukuran diameter sekitar 30 cm dan meja 60 cm dengan ketinggian 50 cm. "Material bahan pembuat sofa set tersebut pun didapat dari nasabah bank sampah yang dihargai Rp500 per kg. Untuk satu set sofa dibutuhkan sekitar delapan kilogram sampah plastik," ucap Mila.

Saat ini produk yang baru bisa jual Rp2 juta per set. Mila berharap, agar ia mendapatkan pelatihan sehingga bisa memproduksi cover set sendiri untuk menekan ongkos produksi.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.