Ubah Sampah Plastik Jadi Kreasi Layak Jual

Berita Kawasan

Warga Rusun Marunda Ubah Sampah Plastik Jadi Kreasi Layak Jual

Bagi sebagian orang, sampah sudah tidak berguna lagi, namun lain halnya dengan Mila Sumilah warga Rusun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara yang mengubah sampah plastik jadi sofa set.

Pengelola Bank Sampah Rumah Susuh (Rusun) Marunda Bisa Mila Sumilah mengatakan, pemanfaatan sampah plastik menjadi produk sofa set layak jual selain untuk mengurangi volume sampah juga diharapkan dapat merangsang warga ikut menjadi nasabah bank sampah.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

"Hingga saat ini nasabah kita sudah sekitar 600. Makanya sejak Januari lalu kita inisiatif kembangkan produk kreatif ini," ujarnya mengutip laman beritajakarta.id (15/03/2019).

Sampah-sampah plastik botol air mineral diisi plastik bungkus permen, sabun dan kopi saset. diubah menjadi satu set produk, terdiri dari empat bangku dan satu meja. Botol plastik dirangkai membentuk bulatan dengan teknik ecobrick. Lalu, botol tersebut ditutup oleh cover set. Harga dibanderol dengan harga cukup bersaing.

[Baca Juga: Kerajinan Koran Bekas Bisa Capai Omzet 15 Juta per Bulan]

Masing-masing, cover set bangku berukuran diameter sekitar 30 cm dan meja 60 cm dengan ketinggian 50 cm. "Material bahan pembuat sofa set tersebut pun didapat dari nasabah bank sampah yang dihargai Rp500 per kg. Untuk satu set sofa dibutuhkan sekitar delapan kilogram sampah plastik," ucap Mila.

Saat ini produk yang baru bisa jual Rp2 juta per set. Mila berharap, agar ia mendapatkan pelatihan sehingga bisa memproduksi cover set sendiri untuk menekan ongkos produksi.


Read More

Artikel Lainnya

Feng Shui Secara Logika

Properti dan Solusi

Datangkan Keberuntungan, Begini Dekorasi Rumah untuk Tahun Macan

28 January 2022, 14:05

Anda dapat membawa chi positif dengan membuat perubahan sederhana pada lingkungan dengan menyeimbangkan lima elemen Feng Shui.

Pakar Genetik UGM Gejala Omicron Tidak Jinak .jpg

Kesehatan

Pakar Genetik UGM: Gejala Omicron Tidak Jinak!

28 January 2022, 13:01

Menurut pakar genetik di UGM, masyarakat tidak bisa terus berasumsi bahwa Omicron gejalanya tidak berat, karena menurutnya penyakit ini bersifat tidak jinak.

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus,Irwandi Jangan Remehkant.jpg

Kesehatan

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus, Irwandi: Jangan Remehkan

28 January 2022, 11:01

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat meminta warganya untuk tak memandang sebelah mata Omicron dengan kasus di wilayahnya yang saat ini sudah mencapai 35 pasien.

Unpad Geser Jadwal Wisuda Gelombang II Akibat Lonjakan Omic ron.jpg

Pendidikan

Unpad Geser Jadwal Wisuda Gelombang II Akibat Lonjakan Omicron

27 January 2022, 16:06

Unpad putuskan memundurkan jadwal wisuda Gelombang II yang seharusnya digelar pada awal Februari 2022 ke akhir Maret 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.