KEMAYORAN-KAWASAN-236 ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TERATASI DENGAN SISTEM JEMPUT BOLA-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Warga Sambut Baik Sistem Jemput Bola Administrasi Kependudukan

Tuntutan kerja memang kadang memakan waktu, jangankan pergi berlibur. Untuk mengurus berkas-berkas penting saja terkadang Anda tak memiliki waktu. Mengurus administrasi di kantor pemerintahan nyatanya masih jadi momok mengerikan di kebanyakan masyarakat. Regulasi yang panjang dan tidak transparan, kerap kali membuat masyarakat jengah datang ke kantor pemerintahan untuk mengurus sesuatu.

Untuk menangani ini, pihak pemerintah akhirnya melakukan berbagai cara agar warga mendapatkan pelayanan yang sama. Terlebih lagi untuk warga yang mungkin sibuk dan tak bisa meluangkan waktu di hari kerja. Salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan sistem pelayanan jemput bola.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Melansir dari jurnal karya Nila Widiyajayanti, Efektivitas Pelayanan Dengan Sistem Bola Dalam Pengurusan IMB Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Tulungagung (2014) menyebutkan, pelayanan dengan sistem jemput bola merupakan pelayanan yang dilakukan suatu organisasi dengan cara mendatangi masyarakat atau pelanggan, dan melaksanakan pelayanan di tempat.

Pembuatan KTP lebih mudah dengan sistem layanan jemput bola

Sistem pelayanan ini dipilih Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Pusat (Sudin Dukcapil Jakpus) untuk melayani masyarakat Kelurahan Kartini, Sawah Besar (12/1/2019). Sistem pelayanan ini terbukti berhasil merangkul banyak masyarakat di RW 01, Kelurahan Kartini. Terbukti pada satu hari tersebut Dukcapil Jakpus berhasil membuat dan melayani 236 berkas administrasi. Berkas tersebut berupa, 132 Kartu Identitas Anak (KIA), 5 Akta Lahir, 47 Kartu Keluarga, 1 Surat Keteranga Domisili Sementara (SKDS), 1 Rekam, 32 Konsultasi, dan 18 Kartu Tanda Penduduk (KTP).

[Baca Juga: Kelurahan Cikini Akan Gelar Kelas Batik di Museum Tekstil]

Melansir dari pusat.jakarta.go.id (14/1/2019), sistem jemput bola yang dilakukan Dukcapil Jakpus ini baru dilaksanakan pada awal tahun 2019 di Kelurahan Kartini, Kasudin Dukcapil Pusat Remon Mastadian mengatakan, ke depannya kegiatan serupa akan dilaksanakan di seluruh kelurahan Jakarta Pusat setiap Sabtu.

Lurah Kartini Samuel menyambut posisif kegiatan ini. Menurutnya, antusias warga dengan sistem pelayanan ini cukup besar. “Warga yang datang untuk nikmati sistem pelayanan jemput bola tadi ramai sekali, mereka (masyarakat) juga senang akhirnya bisa melengkapi administrasi kependudukannya,” katanya. Ia juga menambahkan, warga yang berpartisipasi dalam pelayanan ini kebanyakan yang tidak ada waktu mengurus administrasi karena sibuk bekerja.

Read More

Artikel Lainnya

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

Berita Kawasan

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

18 November 2019, 19:00

Euis Kurniawati adalah salah satu nominasi Ibu Ibukota Awards Bidang Pelestarian Lingkungan. Simak #AksiHidupBaik yang dilakukannya di sini.

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

Berita Kawasan

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

18 November 2019, 18:00

Kapal pembersih sungai yang diberikan oleh Waste4Change ini mampu menjaring sampah setidaknya 200-300 kilogram.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

18 November 2019, 17:00

Pemilihan sepatu lari yang pas berpengaruh terhadap performa loh. Salah-salah malah bikin kaki kamu terkilir. Berikut tips bagi kalian yang ingin membeli sepatu lari.

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

Berita Kawasan

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

18 November 2019, 16:00

Gedung sekolah yang kini menjadi SMPN 1 Jakarta ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Inilah sejarah sekolah pribumi pertama di Batavia.


Comments


Please Login to leave a comment.