Warga Semarang Dalam Kondisi Darurat Hubungi 112 Saja.jpg

Berita Kawasan

Warga Semarang Dalam Kondisi Darurat? Hubungi 112 Saja

Sejak masa awal pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sudah terus menggaungkan panggilan darurat 112. Di mana warga yang sedang berada di situasi seperti kecelakaan, bencana alam, gangguan keamanan, kebakaran, evakuasi ODGJ, laporan KRDT bahkan hingga darurat COVID-19 bisa langsung menghubungi nomor 112 dan Pemkot Semarang akan mengirimkan petugas untuk melayani Anda secara gratis. Namun ternyata berdasarkan data dari pemkot, baru setengah dari total jumlah penduduk Kota Semarang yang mengetahui nomor 112.

Pemkot Semarang pada akhir pekan yang lalu, tepatnya ketika momen Car Free Day atau CFD Simpanglima pada 6 November 2022 melakukan kampenye bertajuk #darurat112. Di mana peserta kampanye yang berjumlah 200 orang itu terdiri dari petugas Diskominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Kebakaran, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Disperkim, BPBD, PMI, hingga komunitas relawan

Warga Semarang Dalam Kondisi Darura Hubungi 112 Saja.jpg

Kampanye ini disebut tak terlepas dari survei yang menemukan fakta bahwa hanya sekitar 56,2 persen saja dari total warga Kota Semarang yang mengetahui mengenai nomor 112, bahkan hanya 18,3 persen yang memang pernah memanfaatkan nomor darurat ini.

Kampanye #darurat112aja digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang yang ingin warganya dapat menghafal nomor tersebut. “Kami paham bahwa sebagian masyarakat masih bingung harus telpon ke mana saat terjadi hal darurat. Untuk itu sengaja kami buat kampanye bertajuk #darurat112aja dengan nada khasnya untuk memudahkaan masyarakat menghafal layanan nomor darurat 112 ini dan dapat getok tular ke tetangga dan saudara yang membutuhkan,” jelas Kepala Diskominfo Kota Semarang Soenarto, sebagaimana dikutip dari Semarangkota.go.id (7/11/2022).

[Baca Juga: Pusat Data Cyber 1 Terbakar, Layanan 112 Surabaya Dialihkan Sementara]

Soenarto menegaskan, masyarakat tak perlu khawatir untuk langsung menggunakan nomor 112 kapanpun mereka dalam keadaan darurat. Karena selain tak dipungut biaya sepeser pun, petugas siap melayani Anda selama 24 jam dan ini sesuai dengan 3T yang terdiri dari Tenang, Tolong, dan Telepon call center 112.

Menariknya pada kampanye #darurat112aja juga terungkap bahwa memang ada warga Kota Semarang yang belum mengetahui nomor tersebut. “Luar biasa ternyata Semarang punya layanan darurat seperti 911. Kami pasti akan merasa aman jika ada 112,” tutur salah satu warga di CFD Simpanglima Roni Gunawan.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.