Warga Semper Barat Berhasil Tuntaskan Kasus Gizi Kurang

Kesehatan

Warga Semper Barat Berhasil Tuntaskan Kasus Gizi Kurang

Kasus kekurangan gizi bisa dikatakan terjadi di seluruh dunia, termasuk wilayah Ibu kota. Namun salah satu wilayah DKI Jakarta berhasil mengentaskan kasus gizi kurang, yaitu kawasan Jakarta Utara, tepatnya di Kelurahan Semper Barat, Cilincing.

Sebagaimana dilansir beritajakarta.id (8/4/2019), keberhasilan tersebut merupakan hasil kerjasama warga RW 04 Kelurahan Semper Barat melalui gerakan peduli kesehatan masyarakat (Rakalisa) yang dijalankan sejak tiga tahun lalu.

[Baca Juga: Posyandu Teratai 2 Wakili Banten di Tingkat Nasional]

Rakalisa di Kelurahan Semper Barat memiliki lima program kerja yang mengubah angka dari kasus gizi kurang di wilayahnya menjadi nihil. Kelima program kerja yang dijalankan yaitu mobile posyandu (M Posyandu), juru pemantau gizi (Jumanzi), sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), jumantik mandiri (one home, one jumantik dan Jumantik Click) dan kelompok pendukung ibu hamil sebagaimana di jelaskan Sekretaris RW 04 Kelurahan Semper Barat Jumadi.

Jumadi juga mengatakan, dengan berjalannya lima program kerja dalam Rakalisa sejak 2016 hingga sekarang mencapai hasil yang sangat maksimal. Diketahui pada tahun 2016, Kelurahan Semper Barat memiliki empat kasus gizi kurang. Sejak Rakalisa berjalan, pada 2017 berkurang menjadi tiga kasus dan di tahun 2018 hingga saat ini sudah nihil.

[Baca Juga: Kantor Wali Kota Jakarta Utara Kini Sediakan Taman Penitipan Anak]

Keberhasilan menuntaskan kasus kurang gizi di wilayah tersebut juga tidak lepas dari peran para Jumanzi yang berjumlah 19 orang. Peran para Jumanzi tidak hanya melakukan pemantauan di rumah-rumah, tetapi juga turut memantau tumbuh kembang anak secara rutin melalui empat posyandu pada program M Posyandu.

Jumadi menjelaskan, pemantauan kesehatan yang dilakukan juga tidak hanya pada anak-anak. Kegiatan pemantauan kesehatan sudah dilakukan sejak masa kehamilan yang diawasi para anggota dari kelompok pendukung ibu hamil yang rutin dilakukan dengan berkunjung ke rumah warga. "Keberhasilan ini hasil dari kekompakan warga untuk saling menjaga dan paham pentingnya kesehatan," ujarnya.

[Baca Juga: Hindari Stunting dengan Perhatikan Gizi Anak]

Lurah Semper Barat Benhard Sihotang turut menyampaikan, keberhasilan dari gerakan kolaborasi yang melibatkan partisipasi warga yang sudah diraih RW 04 ini akan menjadi contoh bagi wilayah RW lain. "Kita akan terus berkolaborasi mendukung agar kekompakan dan gerakan yang berangkat dari masyarakat ini terus terjaga," ucapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.


Comments


Please Login to leave a comment.