Warga Surabaya Bisa Tes Swab COVID-19 Gratis di Labkesda .jpg

Kesehatan

Warga Surabaya Bisa Tes Swab COVID-19 Gratis di Labkesda

Baru-baru ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah atau Labkesda Surabaya. Di mana Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang langsung meresmikan dengan kegiatan penandatanganan prasasti, pemotongan tumpeng dan untaian melati. Wali Kota Risma mengajak masyarakat Kota Surabaya, khususnya yang kerap bertugas di luar Kota Pahlawan, untuk memanfaatkan Labkesda ini untuk mengikuti tes swab COVID-19. Pasalnya, Labkesda Surabaya tak memungut biaya untuk tes tersebut.

Peresmian Labkesda yang berlokasi di Jalan Gayungsari nomor 124 itu digelar pada 15 September 2020 dengan Risma yang menyebut, sebelum akhirnya dibuka, laboratorium ini sudah beberapa kali dikunjunginya. Hal ini dilakukannya dalam rangka memastikan proses pembangunannya berjalan lancar tanpa kesalahan. “Makanya saya berkali-kali memonitor pembangunan ini,” ungkap Risma, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (15/9/2020).

Warga Surabaya Bisa Tes Swab COVID-19 Gratis di Labkesda.jpg

Dengan peresmian ini, Wali Kota Risma meminta agar warga Kota Pahlawan yang sering keluar-masuk wilayah Surabaya untuk menyempatkan diri untuk tes swab di sini. Ia mencontohkan, warganya yang berprofesi sebagai sopir atau pengusaha dengan mobilitas tinggi agar datang ke Labkesda Surabaya tanpa melihat jam berapa mereka tiba di Kota Pahlawannya. Pasalnya, laboratorium ini disebut standby setiap saat untuk melayani masyarakat.

“Karena ini buka 24 jam nonstop, supaya kalau masuk ke rumahnya sudah dalam kondisi aman, kasihan keluarganya nanti kalau tertular, apalagi ini tesnya gratis untuk warga Kota Surabaya,” tambah Risma.

[Baca Juga: Pastikan Perawatan COVID-19 Gratis, Pemkot Bekasi Keluarkan Surat Edaran]

Hal yang senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita. Ia menyebut, warga Kota Pahlawan yang beraktivitas selama tujuh hari di luar kota maka bisa langsung datang ke Labkesda. Warga dari luar kota yang sedang tinggal atau menginap di Kota Surabaya juga sebenarnya bisa memanfaatkan tes swab.

Febria memaparkan, untuk warga luar daerah yang ingin mengikuti tes swab COVID-19, mereka cukup membawa surat keterangan domisili serta tujuannya selama berada di Surabaya atau bila menginap di hotel maka cukup membawa keterangan reservasinya. Kemudian ketika sudah memiliki syarat administrasinya, Anda cukup datang ke Labkesda dan membayar Rp125.000.

[Baca Juga: Tekan COVID-19, Pemkot Surabaya Terus Tegaskan Protokol Kesehatan]

Namun tidak semua warga luar kota bisa tes swab di sini. Karena syarat minimalnya untuk mengikutinya adalah minimal Anda akan tinggal atau telah tinggal tiga hari di Kota Pahlawan. Sedangkan untuk warga asli Surabaya, selain langsung datang ke Labkesda, mereka bisa mengunjungi puskesmas terdekat yang nantinya sampelnya akan dikirim ke Labkesda untuk dianalisa apakah Anda terinfeksi COVID-19 atau tidak.

Read More

Artikel Lainnya

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

Hobi dan Hiburan

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

31 October 2020, 18:01

Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.