Intip Kegiatan Warga Surabaya di Hari Raya

Berita Kawasan

Warga Surabaya Ini Tetap Tertib Karantina Mandiri pada Hari Raya

Hingga Selasa (26/5/2020) kemarin, laman lawancovid-19.surabaya.go.id mencatat sebanyak 2.118 warga Surabaya terkonfirmasi positif COVID-19. Jumlah tersebut terdiri dari 191 pasien meninggal dunia dan 193 pasien sembuh. Pemerintahan Kota (Pemkot) memperpanjang kembali masa berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB pada H+2 Idul Fitri. PSBB jilid III ini, akan berakhir pada 8 Juni 2020 mendatang.

Akibat pandemi, perayaan hari raya Idulfitri di tahun ini jadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Alih-alih memilih nekat berpergian untuk silaturahmi, beberapa warga Surabaya masih memilih bersabar untuk tetap berdiam diri di rumah, demi mendorong upaya memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2.

Kesabaran Yayuk Sri Wahyuni benar-benar diuji pada Lebaran kali ini. Selain tidak bisa berkumpul dengan dua buah hatinya yang tidak mudik, perempuan yang menjabat ketua RT 4, RW 1, Kelurahan Asemrowo ini harus menjalani karantina di hotel untuk sementara waktu.

[Baca Juga: Dibuka Juni, PPDB SD & SMP Se-Surabaya Sepenuhnya Berbasis Daring]

Dia diwajibkan menjalani isolasi mandiri setelah hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif. Dilansir Jawapos, Selasa (26/5/2020) kemarin, Yayuk beruntung karena hasil evaluasi hasil evaluasi menunjukkan bahwa dia sudah bisa menyelesaikan masa karantina sehari sebelum Lebaran. Namun, tetap saja harus melanjutkan dengan isolasi mandiri di rumah.

Intip Kegiatan Warga Surabaya di Hari Raya

Yayuk mengungkapkan, kesedihan dan kesepian tidak hanya dialami warga yang dikarantina, seperti dirinya. Warga yang dinyatakan non-reaktif dan tinggal di rumah, sambung dia, juga merasa kesepian. Sebab, kawasan RT 4 sudah seperti kampung mati. Tidak ada aktivitas sama sekali.

Meski begitu, musibah tersebut menguatkan warganya. Masyarakat makin kompak. Warga saling membantu selama isolasi. Mereka yang tidak ikut dikarantina menyuplai makanan untuk anggota keluarga warga yang harus menjalani isolasi mandiri. “Kami berusaha saling berbagi rezeki dan membantu terkait dengan masalah perekonomian,’’ tandas Yayuk.

[Baca Juga: Memprihatinkan, Mayoritas Arek Surabaya Cuek Selama PSBB]

Didik Purwanto, sekretaris RW IV, mengatakan, meskipun ketakutan masih menyelimuti warga, mereka berusaha untuk tetap hidup dan menghidupi. Karantina sementara memang berdampak di perekonomian warga. Namun, tidak menyurutkan semangat saling berbagi. ”Rutin secara swadaya saling bantu. Waktu karantina pertama ada donatur yang bantu warga,” ujarnya kemarin.

Bersama pengurus lain, dia juga berupaya menciptakan langkah preventif. Yakni, membuat satgas penanggulangan COVID-19 khusus dari warga sendiri. Satgas itulah yang memantau jika ada warga yang reaktif, tapi tanpa gejala sehingga bisa langsung dikarantina mandiri di kampung. ”Nanti setiap RT ada tendanya dan warga juga ikut memantau. Ini biar warga nggak takut juga,” jelasnya.

Intip Kegiatan Warga Surabaya di Hari Raya

Kampung Wani Jogo Suroboyo

Pemkot Surabaya menilai kondisi dan situasi angka infeksi COVID-19 kian memprihatinkan dan dirasa memang sudah saatnya melibatkan warga, karena dalam penanganannya pemerintah tidak bisa sendirian melainkan bersama-sama dengan warga.

Diberitakan surabaya.go.id, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Irvan Widyanto menjelaskan Pemkot Surabaya akan terus memasifkan gerakan untuk membendung penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan membentuk ‘Kampung Wani Jogo Suroboyo’ yang tersebar di seluruh RW se-Kota Surabaya.

Nantinya, akan ada empat Satgas yang tugasnya berbeda-beda, yaitu Satgas Wani Sehat, Satgas Wani Sejahtera, Satgas Wani Jogo, dan Satgas Wani Ngandani. Adapun tugas dari Satgas Wani Sehat adalah melakukan pemantauan terhadap pasien ODP, PDP, OTG, dan konfirm rawat jalan dari gugus tugas kota/kecamatan. Kemudian melakukan pendataan terhadap warga yang kontak erat dengan pasien, dan bertugas melaporkan kepada puskesmas, kelurahan, dan kecamatan bila ada warganya yang terindikasi gejala COVID-19.

[Baca Juga: Sepekan PSBB, Bantuan Sembako Didistribusi ke Warga Surabaya]

Sedangkan tugas Satgas Wani Sejahtera adalah mengidentifikasi kebutuhan makanan pasien ODP, PDP, OTG, dan konfirmasi rawat jalan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Kemudian mengidentifikasi warga terdampak yang tidak mampu, dan melakukan upaya penanganan terhadap warga terdampak secara gotong-royong, serta memastikan bantuan sosial pemerintah sampai ke penerima.

Intip Kegiatan Warga Surabaya di Hari Raya

Lalu tugas Satgas Wani Jogo adalah pembatasan dan pencatatan orang dan kendaraan yang keluar-masuk (one gate system). Kemudian membuat jadwal jaga kampung, dan memantau serta memastikan warga yang isolasi mandiri untuk tidak keluar lingkungan rumah kecuali untuk keperluan fasilitas kesehatan, menjaga dan memastikan semua warga terutama lansia, difabel, dan anak-anak terlindungi dari resiko penularan, memastikan kegiatan sosial dan keamanan dilakukan secara gotong-royong, memastikan penerapan protokol kesehatan (physical distancing, pakai masker, cuci tangan pakai sabun), dan melaksanakan penyemprotan disinfektan.

Selanjutnya tugas Satgas Wani Ngandani adalah memberikan informasi dan edukasi kepada warga terkait pencegahan dan penanganan COVID-19, melakukan komunikasi dengan berbagai pihak terkait, dan melaporkan perkembangan penanganan ODP, PDP, OTG, dan konfirmasi rawat jalan melalui lawancovid-19.surabaya.go.id.

“Jadi, sebenarnya Bu Wali [Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini] kan sudah mengeluarkan banyak SE [Surat Edaran], nah satgas ini nanti yang akan menjalankannya dan menertibkannya. Ketika di tingkat kampung sudah bisa dikendalikan, maka di hilir yang di tingkat kota akan lebih mudah terkendalikan, karena sudah selesai di tingkat kampungnya masing-masing,” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.