Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ di Masjid atau Musala

Berita Kawasan

Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) merupakan satu organisasi yang dibentuk BAZNAS untuk membantu pengumpulan zakat yang wajib disetorkan ke BAZNAS. Dengan adanya UPZ di Tangerang memudahkan warga untuk menyalurkan zakat tanpa mencari BAZNAS. Ribuan UPZ sudah tersebar di berbagai masjid dan musala Kota Tangerang. Untuk itu Kota Tangerang menggelar Workshop Nasional yang bertajuk "Menggagas UPZ Masjid Sebagai Jejaring Pengaman Sosial Ekonomi Umat".

Workshop tersebut dihadiri Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin di Gedung MUI Kota Tangerang pada 12 September 2019. Selain itu hadir narasumber lainnya seperti Kepala Divisi Pengumpulan UPZ Faisal Qosim, Perwakilan DKM Masjid Jogokarian Yogyakarta M. Rosyidi , dan Ketua Baznas Kota Tangerang H. Aslie Elhusyairi.

Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ di Masjid atau Musala

Nantinya, masjid dan musala se-Kota Tangerang mampu menghadirkan UPZ yang terukur dan sistematis. Melansir laman tangerangkota.go.id (13/09/2019). Wali Kota Tangerang Arief R. Wimansyah berharap UPZ yang digagas Baznas bersama Pemerintah Kota Tangerang hadir di seluruh masjid dan musala di Kota Tangerang agar warga bisa dengan mudah memberikan zakat ke UPZ di masjid atau musala terdekat. "Hadirnya UPZ untuk mempermudah masyarakat dalam menangani permasalahan sosial, karena tidak perlu jauh-jauh ke Baznas bila ingin bersedekah membantu sekitar lingkungan," ucap Arief.

[Baca Juga: Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah]

Zakat yang diberikan kepada UPZ sudah bersistem transparan dan mengetahui dengan jelas siapa saja yang berhak menerima zakat. "Apalagi sistemnya sudah transparan, yang menerima bantuan pun jelas sehingga keamanan dari dana umat yang disalurkan betul-betul sampai pada mereka yang membutuhkan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin yang menjadi salah satu narasumber dalam workshop tersebut menerangkan peningkatan potensi dana zakat, infaq, dan sodaqoh yang diterima Baznas tiap tahunnya."Alhamdulilah tercatat mulai dari tahun 2014 hingga 2018 pertumbuhan zakat di Kota Tangerang terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2018 misalnya, sudah mencapai angka 8,1 Miliar," ucapnya.

[Baca Juga: Jangan Lewatkan JIFEST 2019 di Masjid Al-Hikmah]

Sachrudin yakin penyebarluasan informasi dan pengembangan ekonomi bisa di mulai dari masjid-masjid lingkungan sekitar warga.

Read More

Artikel Lainnya

Bijak Berplastik, Aqua Kini Miliki Botol 100 Persen Daur Ulang

Bisnis

Bijak Berplastik, Aqua Kini Miliki Botol 100 Persen Daur Ulang

26 February 2020, 18:00

Botol kemasan air mineral terbaru dari Aqua ini merupakan 100 persen hasil daur ulang dari sampah botol plastik.

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.


Comments


Please Login to leave a comment.