Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ di Masjid atau Musala

Berita Kawasan

Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) merupakan satu organisasi yang dibentuk BAZNAS untuk membantu pengumpulan zakat yang wajib disetorkan ke BAZNAS. Dengan adanya UPZ di Tangerang memudahkan warga untuk menyalurkan zakat tanpa mencari BAZNAS. Ribuan UPZ sudah tersebar di berbagai masjid dan musala Kota Tangerang. Untuk itu Kota Tangerang menggelar Workshop Nasional yang bertajuk "Menggagas UPZ Masjid Sebagai Jejaring Pengaman Sosial Ekonomi Umat".

Workshop tersebut dihadiri Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin di Gedung MUI Kota Tangerang pada 12 September 2019. Selain itu hadir narasumber lainnya seperti Kepala Divisi Pengumpulan UPZ Faisal Qosim, Perwakilan DKM Masjid Jogokarian Yogyakarta M. Rosyidi , dan Ketua Baznas Kota Tangerang H. Aslie Elhusyairi.

Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ di Masjid atau Musala

Nantinya, masjid dan musala se-Kota Tangerang mampu menghadirkan UPZ yang terukur dan sistematis. Melansir laman tangerangkota.go.id (13/09/2019). Wali Kota Tangerang Arief R. Wimansyah berharap UPZ yang digagas Baznas bersama Pemerintah Kota Tangerang hadir di seluruh masjid dan musala di Kota Tangerang agar warga bisa dengan mudah memberikan zakat ke UPZ di masjid atau musala terdekat. "Hadirnya UPZ untuk mempermudah masyarakat dalam menangani permasalahan sosial, karena tidak perlu jauh-jauh ke Baznas bila ingin bersedekah membantu sekitar lingkungan," ucap Arief.

[Baca Juga: Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah]

Zakat yang diberikan kepada UPZ sudah bersistem transparan dan mengetahui dengan jelas siapa saja yang berhak menerima zakat. "Apalagi sistemnya sudah transparan, yang menerima bantuan pun jelas sehingga keamanan dari dana umat yang disalurkan betul-betul sampai pada mereka yang membutuhkan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin yang menjadi salah satu narasumber dalam workshop tersebut menerangkan peningkatan potensi dana zakat, infaq, dan sodaqoh yang diterima Baznas tiap tahunnya."Alhamdulilah tercatat mulai dari tahun 2014 hingga 2018 pertumbuhan zakat di Kota Tangerang terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2018 misalnya, sudah mencapai angka 8,1 Miliar," ucapnya.

[Baca Juga: Jangan Lewatkan JIFEST 2019 di Masjid Al-Hikmah]

Sachrudin yakin penyebarluasan informasi dan pengembangan ekonomi bisa di mulai dari masjid-masjid lingkungan sekitar warga.

Read More

Artikel Lainnya

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

Pendidikan

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

18 January 2021, 16:17

Kanal yang diberi nama Belajar Bersama Disdik Kota Depok ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) atau pembelajaran daring siswa.

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

Kesehatan

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

18 January 2021, 15:28

Proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan SMS yang sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

18 January 2021, 14:23

Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay.


Comments


Please Login to leave a comment.