Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ di Masjid atau Musala

Berita Kawasan

Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) merupakan satu organisasi yang dibentuk BAZNAS untuk membantu pengumpulan zakat yang wajib disetorkan ke BAZNAS. Dengan adanya UPZ di Tangerang memudahkan warga untuk menyalurkan zakat tanpa mencari BAZNAS. Ribuan UPZ sudah tersebar di berbagai masjid dan musala Kota Tangerang. Untuk itu Kota Tangerang menggelar Workshop Nasional yang bertajuk "Menggagas UPZ Masjid Sebagai Jejaring Pengaman Sosial Ekonomi Umat".

Workshop tersebut dihadiri Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin di Gedung MUI Kota Tangerang pada 12 September 2019. Selain itu hadir narasumber lainnya seperti Kepala Divisi Pengumpulan UPZ Faisal Qosim, Perwakilan DKM Masjid Jogokarian Yogyakarta M. Rosyidi , dan Ketua Baznas Kota Tangerang H. Aslie Elhusyairi.

Warga Tangerang Bisa Salurkan Zakat Melalui UPZ di Masjid atau Musala

Nantinya, masjid dan musala se-Kota Tangerang mampu menghadirkan UPZ yang terukur dan sistematis. Melansir laman tangerangkota.go.id (13/09/2019). Wali Kota Tangerang Arief R. Wimansyah berharap UPZ yang digagas Baznas bersama Pemerintah Kota Tangerang hadir di seluruh masjid dan musala di Kota Tangerang agar warga bisa dengan mudah memberikan zakat ke UPZ di masjid atau musala terdekat. "Hadirnya UPZ untuk mempermudah masyarakat dalam menangani permasalahan sosial, karena tidak perlu jauh-jauh ke Baznas bila ingin bersedekah membantu sekitar lingkungan," ucap Arief.

[Baca Juga: Sebentar Lagi Kota Tangerang Jadi Kota Ekonomi Syariah]

Zakat yang diberikan kepada UPZ sudah bersistem transparan dan mengetahui dengan jelas siapa saja yang berhak menerima zakat. "Apalagi sistemnya sudah transparan, yang menerima bantuan pun jelas sehingga keamanan dari dana umat yang disalurkan betul-betul sampai pada mereka yang membutuhkan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin yang menjadi salah satu narasumber dalam workshop tersebut menerangkan peningkatan potensi dana zakat, infaq, dan sodaqoh yang diterima Baznas tiap tahunnya."Alhamdulilah tercatat mulai dari tahun 2014 hingga 2018 pertumbuhan zakat di Kota Tangerang terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2018 misalnya, sudah mencapai angka 8,1 Miliar," ucapnya.

[Baca Juga: Jangan Lewatkan JIFEST 2019 di Masjid Al-Hikmah]

Sachrudin yakin penyebarluasan informasi dan pengembangan ekonomi bisa di mulai dari masjid-masjid lingkungan sekitar warga.


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.