Warga Tangerang Inisiatif Lakukan Ini Demi Hadapi Virus Corona

Berita Kawasan

Warga Tangerang Inisiatif Lakukan Ini Demi Hadapi Virus Corona

Saat ini sudah ada pemerintah daerah yang meminta masyarakat di wilayahnya untuk berperan aktif dalam mencegah penyebaran Virus Corona pemicu COVID-19. Seperti yang bisa dilihat di Kota Tangerang dengan pemerintahnya yang membuat program Kampung Siaga COVID-19 atau KSC. Di mana para warganya dapat berinisiatif untuk saling bahu-membahu menekan penyebaran virus bernama SARS-CoV-2 itu.

Realisasi dari KSC dapat dilihat dari perumahan Cluster Cendana Taman Royal 1 yang berada di Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Tangerang. Dengan para warganya yang bersepakat untuk pengadaan mesin penyemprotan proses disinfeksi yang ditempatkan di area pos satpam. Langkah ini disebut sebagai perlindungan garda terdepan dari perumahan itu sebelum warga atau tamu masuk ke dalamnya.

Warga Tangerang Inisiatif Lakukan Ini Demi Hadapi Virus Corona

Menurut Ketua RT002 Joko Ariwibowo, pemasangan ini merupakan bagian dari partisipasi aktif warganya terhadap kota dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. “Selain mengutamakan keamanan, kami juga mementingkan kesehatan warga. Setiap kendaraan yang keluar dan masuk, baik itu mobil atau motor, akan disemprot disinfektan secara otomatis dari sisi atas. (Jadi) yang keluar dan masuk sini biar terbebas dari virus,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (26/3/2020).

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis]

Menurut warga setempat, pengadaan semprotan ini merupakan hasil dana swadaya masyarakat secara sukarela. Karena alat disinfektan ini disebut memang untuk kepentingan bersama.

Hal yang serupa juga bisa dilihat di area RW 11 Perumahan Metro Permata 1 di Kelurahan Karang Mulya. Para warga RW 11 disebut melakukan iuran untuk membangun bilik disinfektan yang memiliki ukuran 2,5 meter x 1,25 meter x 2 meter. Bilik ini diletakkan tepat di pintu masuk perumahan di jalur pejalan kaki dan pengendara motor.

[Baca Juga: Efektifkah Menyemprot Disinfektan di Ruang Publik?]

Menurut Ketua RW 11 Bambang Soetjahjo, pengadaan bilik disinfektan ini diawali dengan rapat para warga yang akhirnya sepakat untuk menutup kemungkinan terjadinya penyebaran virus SARS CoV-2 di perumahan mereka. “Alhamdulillah, warga menyambut baik ide kami dan antusias dengan adanya disinfektan chamber ini,” jelasnya.

Setelah sepakat, bilik disinfektan itu pun sudah mulai dioperasionalkan dari 23 Maret 2020 dengan semua orang yang tak menggunakan mobil diperlukan melewatinya. Selain itu, para warga juga secara aktif untuk melakukan penyemprotan disinfektan serta fogging di area RW 11. Karena selain mencegah COVID-19, mereka juga ingin memutus mata rantai terjadinya demam berdarah di wilayahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.