Warga Tangerang Inisiatif Lakukan Ini Demi Hadapi Virus Corona

Berita Kawasan

Warga Tangerang Inisiatif Lakukan Ini Demi Hadapi Virus Corona

Saat ini sudah ada pemerintah daerah yang meminta masyarakat di wilayahnya untuk berperan aktif dalam mencegah penyebaran Virus Corona pemicu COVID-19. Seperti yang bisa dilihat di Kota Tangerang dengan pemerintahnya yang membuat program Kampung Siaga COVID-19 atau KSC. Di mana para warganya dapat berinisiatif untuk saling bahu-membahu menekan penyebaran virus bernama SARS-CoV-2 itu.

Realisasi dari KSC dapat dilihat dari perumahan Cluster Cendana Taman Royal 1 yang berada di Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Tangerang. Dengan para warganya yang bersepakat untuk pengadaan mesin penyemprotan proses disinfeksi yang ditempatkan di area pos satpam. Langkah ini disebut sebagai perlindungan garda terdepan dari perumahan itu sebelum warga atau tamu masuk ke dalamnya.

Warga Tangerang Inisiatif Lakukan Ini Demi Hadapi Virus Corona

Menurut Ketua RT002 Joko Ariwibowo, pemasangan ini merupakan bagian dari partisipasi aktif warganya terhadap kota dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. “Selain mengutamakan keamanan, kami juga mementingkan kesehatan warga. Setiap kendaraan yang keluar dan masuk, baik itu mobil atau motor, akan disemprot disinfektan secara otomatis dari sisi atas. (Jadi) yang keluar dan masuk sini biar terbebas dari virus,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (26/3/2020).

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis]

Menurut warga setempat, pengadaan semprotan ini merupakan hasil dana swadaya masyarakat secara sukarela. Karena alat disinfektan ini disebut memang untuk kepentingan bersama.

Hal yang serupa juga bisa dilihat di area RW 11 Perumahan Metro Permata 1 di Kelurahan Karang Mulya. Para warga RW 11 disebut melakukan iuran untuk membangun bilik disinfektan yang memiliki ukuran 2,5 meter x 1,25 meter x 2 meter. Bilik ini diletakkan tepat di pintu masuk perumahan di jalur pejalan kaki dan pengendara motor.

[Baca Juga: Efektifkah Menyemprot Disinfektan di Ruang Publik?]

Menurut Ketua RW 11 Bambang Soetjahjo, pengadaan bilik disinfektan ini diawali dengan rapat para warga yang akhirnya sepakat untuk menutup kemungkinan terjadinya penyebaran virus SARS CoV-2 di perumahan mereka. “Alhamdulillah, warga menyambut baik ide kami dan antusias dengan adanya disinfektan chamber ini,” jelasnya.

Setelah sepakat, bilik disinfektan itu pun sudah mulai dioperasionalkan dari 23 Maret 2020 dengan semua orang yang tak menggunakan mobil diperlukan melewatinya. Selain itu, para warga juga secara aktif untuk melakukan penyemprotan disinfektan serta fogging di area RW 11. Karena selain mencegah COVID-19, mereka juga ingin memutus mata rantai terjadinya demam berdarah di wilayahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.