Warga Tangesel Cegah DBD dengan Tanaman Lavender 1.jpg

Kesehatan

Warga Tangsel Cegah DBD dengan Tanam Lavender

Camat Setu Heru Agus Santoso bersama dengan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany terus mengadakan kampanye untuk pencegahan Demam Berdarah (DBD). Salah satunya dengan memberikan bibit Bunga Lavender kepada warga Setu yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Setu pada Senin lalu (18/2/2019)

Lavender dipercaya ampuh mengusir nyamuk. Akan lebih efektif jika bunga lavender tersebut dibuat minyak esensial dan dioleskan di kulit. Namun, tanamannya pun dapat mengurangi keberadaan nyamuk di rumah.

Warga Tangesel Cegah DBD dengan Tanaman Lavender

Camat Setu Heru Agus Santoso, seperti dilansir dari tangerangselatankota.go.id (20/2/2019), sebanyak 200 bibit bunga telah dibagikan. “Pencegahan lebih diutamakan daripada pengobatan,” katanya sambil mengatakan bibit bunga itu dia dapatkan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel dengan mengajukan permohonan proposal untuk bibit tersebut.

Ia menyadari resiko DBD yang cukup tinggi. Apalagi habitat nyamuk Aedes Aegypti berada di air yang jernih. Bukan dilingkungan yang kotor. Untuk itu, ia juga menghimbau warganya untuk selalu menjaga kebersihan dan mencegah air jernih tergenang. Warganya pun diminta rutin melakukan 3M yakni Menguras, Menutup dan Mengubur.

[Baca Juga: Cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus]

“Kita memberikan bibit lavender agar masyarakat menanamkan dipekarangan rumah mereka,”ungkapnya. Heru mengatakan, Lavender merupakan tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek dan semak kecil. Tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan menahun. Selain sebagai tanaman hias, lavender juga dijadikan ekstrak minyak esensial untuk aroma ataupun parfum ruangan. “Lavender dapat mengusir nyamuk dan baunya harum,”jelasnya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, menjelaskan, Ada pohon-pohon tertentu yang tidak disukai nyamuk, seperti lavender, untuk itu Pemkot melalui Kecamatan Setu membagikan bibit tersebut kepada warga.

[Baca Juga: Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap Penen 450 Kilogram Melon]

Sebagai langkah awal, Airin menyebut telah membagikan beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk kepada masyarakat. Hal itu menjadi langkah Pemkot Tangsel menyosialisasikan adanya tanaman-tanaman yang bisa mengusir nyamuk.


Read More

Artikel Lainnya

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.