Warga Tangesel Cegah DBD dengan Tanaman Lavender 1.jpg

Kesehatan

Warga Tangsel Cegah DBD dengan Tanam Lavender

Camat Setu Heru Agus Santoso bersama dengan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany terus mengadakan kampanye untuk pencegahan Demam Berdarah (DBD). Salah satunya dengan memberikan bibit Bunga Lavender kepada warga Setu yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Setu pada Senin lalu (18/2/2019)

Lavender dipercaya ampuh mengusir nyamuk. Akan lebih efektif jika bunga lavender tersebut dibuat minyak esensial dan dioleskan di kulit. Namun, tanamannya pun dapat mengurangi keberadaan nyamuk di rumah.

Warga Tangesel Cegah DBD dengan Tanaman Lavender

Camat Setu Heru Agus Santoso, seperti dilansir dari tangerangselatankota.go.id (20/2/2019), sebanyak 200 bibit bunga telah dibagikan. “Pencegahan lebih diutamakan daripada pengobatan,” katanya sambil mengatakan bibit bunga itu dia dapatkan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel dengan mengajukan permohonan proposal untuk bibit tersebut.

Ia menyadari resiko DBD yang cukup tinggi. Apalagi habitat nyamuk Aedes Aegypti berada di air yang jernih. Bukan dilingkungan yang kotor. Untuk itu, ia juga menghimbau warganya untuk selalu menjaga kebersihan dan mencegah air jernih tergenang. Warganya pun diminta rutin melakukan 3M yakni Menguras, Menutup dan Mengubur.

[Baca Juga: Cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus]

“Kita memberikan bibit lavender agar masyarakat menanamkan dipekarangan rumah mereka,”ungkapnya. Heru mengatakan, Lavender merupakan tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek dan semak kecil. Tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan menahun. Selain sebagai tanaman hias, lavender juga dijadikan ekstrak minyak esensial untuk aroma ataupun parfum ruangan. “Lavender dapat mengusir nyamuk dan baunya harum,”jelasnya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, menjelaskan, Ada pohon-pohon tertentu yang tidak disukai nyamuk, seperti lavender, untuk itu Pemkot melalui Kecamatan Setu membagikan bibit tersebut kepada warga.

[Baca Juga: Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap Penen 450 Kilogram Melon]

Sebagai langkah awal, Airin menyebut telah membagikan beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk kepada masyarakat. Hal itu menjadi langkah Pemkot Tangsel menyosialisasikan adanya tanaman-tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.