Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil Buat KTP Bisa di Kecamatan

Berita Kawasan

Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dalam membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan memangkas birokasi pelayanan adminitrasi kependudukan.

[Baca Juga: Warga Sambut Baik Sistem Jemput Bola Administrasi Kependudukan]

Pemohonan pembuatan KTP tidak hanya dapat dilakukan di Kantor Disdukcapil, namun juga dapat dilakukan di kecamatan yang ada di Tangsel. Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menegaskan, pelayanan pembuatan KTP dan Kartu Keluarga (KK) dipusatkan di kecamatan.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk mempercepat dan mendekatkan pelayanan. Sejak 18 Maret 2019 lalu, pihaknya sudah menerapkan pelayanan di kecamatan setelah disetujui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Perubahan setelah dilakukan evaluasi, karena kalau dipusatkan di Disdukcapil terlalu menumpuk. Perpindahan ini sebagai tujuan untuk mempercepat program Indonesia sadar Adminitrasi Kependudukan (Adminduk) yang dicanangkan Kemendagri,” katanya seperti dikutip laman Pemerintah Kota Tangerang Selatan (27/3/2019).

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Airin juga menyatakan, persiapan peralatan dan sarana prasarana sudah disiapkan. Meskipun pelaksanaan di hari pertama mengalami gangguan, pihaknya tetap berharap Ketua RT dan RW bisa mensosialisasikan ke warganya mengenai pelayanan Adminduk tersebut.

Hal itu diharapkan mengingat identitas KTP dan KK merupakan bukti sebagai warga negara. Selain itu, digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat akta kelahiran, kematian, masuk sekolah, menikah, dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Siaran Tangsel, Aplikasi Online Pengaduan Masyarakat]

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan menjelaskan, selain dapat mengurus langsung ke kecamatan, masyarakat juga tidak perlu memakai surat keterangan dari RT dan RW lagi dalam pembuatan adminitrasi kependudukan.

“Maksud dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan adminitrasi kependudukan kepada masyarakat. sesuai dengan peraturan baru sekarang dalam kepengurusan Adminduk tidak harus memakai surat keterangan RT dan RW,” katanya.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.