Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil Buat KTP Bisa di Kecamatan

Berita Kawasan

Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dalam membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan memangkas birokasi pelayanan adminitrasi kependudukan.

[Baca Juga: Warga Sambut Baik Sistem Jemput Bola Administrasi Kependudukan]

Pemohonan pembuatan KTP tidak hanya dapat dilakukan di Kantor Disdukcapil, namun juga dapat dilakukan di kecamatan yang ada di Tangsel. Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menegaskan, pelayanan pembuatan KTP dan Kartu Keluarga (KK) dipusatkan di kecamatan.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk mempercepat dan mendekatkan pelayanan. Sejak 18 Maret 2019 lalu, pihaknya sudah menerapkan pelayanan di kecamatan setelah disetujui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Perubahan setelah dilakukan evaluasi, karena kalau dipusatkan di Disdukcapil terlalu menumpuk. Perpindahan ini sebagai tujuan untuk mempercepat program Indonesia sadar Adminitrasi Kependudukan (Adminduk) yang dicanangkan Kemendagri,” katanya seperti dikutip laman Pemerintah Kota Tangerang Selatan (27/3/2019).

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Airin juga menyatakan, persiapan peralatan dan sarana prasarana sudah disiapkan. Meskipun pelaksanaan di hari pertama mengalami gangguan, pihaknya tetap berharap Ketua RT dan RW bisa mensosialisasikan ke warganya mengenai pelayanan Adminduk tersebut.

Hal itu diharapkan mengingat identitas KTP dan KK merupakan bukti sebagai warga negara. Selain itu, digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat akta kelahiran, kematian, masuk sekolah, menikah, dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Siaran Tangsel, Aplikasi Online Pengaduan Masyarakat]

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan menjelaskan, selain dapat mengurus langsung ke kecamatan, masyarakat juga tidak perlu memakai surat keterangan dari RT dan RW lagi dalam pembuatan adminitrasi kependudukan.

“Maksud dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan adminitrasi kependudukan kepada masyarakat. sesuai dengan peraturan baru sekarang dalam kepengurusan Adminduk tidak harus memakai surat keterangan RT dan RW,” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.