Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil Buat KTP Bisa di Kecamatan

Berita Kawasan

Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dalam membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan memangkas birokasi pelayanan adminitrasi kependudukan.

[Baca Juga: Warga Sambut Baik Sistem Jemput Bola Administrasi Kependudukan]

Pemohonan pembuatan KTP tidak hanya dapat dilakukan di Kantor Disdukcapil, namun juga dapat dilakukan di kecamatan yang ada di Tangsel. Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menegaskan, pelayanan pembuatan KTP dan Kartu Keluarga (KK) dipusatkan di kecamatan.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk mempercepat dan mendekatkan pelayanan. Sejak 18 Maret 2019 lalu, pihaknya sudah menerapkan pelayanan di kecamatan setelah disetujui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Perubahan setelah dilakukan evaluasi, karena kalau dipusatkan di Disdukcapil terlalu menumpuk. Perpindahan ini sebagai tujuan untuk mempercepat program Indonesia sadar Adminitrasi Kependudukan (Adminduk) yang dicanangkan Kemendagri,” katanya seperti dikutip laman Pemerintah Kota Tangerang Selatan (27/3/2019).

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Airin juga menyatakan, persiapan peralatan dan sarana prasarana sudah disiapkan. Meskipun pelaksanaan di hari pertama mengalami gangguan, pihaknya tetap berharap Ketua RT dan RW bisa mensosialisasikan ke warganya mengenai pelayanan Adminduk tersebut.

Hal itu diharapkan mengingat identitas KTP dan KK merupakan bukti sebagai warga negara. Selain itu, digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat akta kelahiran, kematian, masuk sekolah, menikah, dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Siaran Tangsel, Aplikasi Online Pengaduan Masyarakat]

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan menjelaskan, selain dapat mengurus langsung ke kecamatan, masyarakat juga tidak perlu memakai surat keterangan dari RT dan RW lagi dalam pembuatan adminitrasi kependudukan.

“Maksud dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan adminitrasi kependudukan kepada masyarakat. sesuai dengan peraturan baru sekarang dalam kepengurusan Adminduk tidak harus memakai surat keterangan RT dan RW,” katanya.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.