Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Warga RW 09 Kelurahan Warakas, Tanjung Priok,Jakarta Utara memanfaatkan lahan di kolong Tol Wiyoto Wiyono untuk lahan pertanian, budi daya ikan lele dan maggot. Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09.

Ketua TP PKK Jakarta Utara Suni Sigit Wijatmoko mengapresiasi upaya tersebut. Bahkan, dirinya menyempatkan turun langsung menanam bibit sayuran dan memanen kangkung di Taman Warga Kampung Tangguh RW 09 Warakas. "Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kolaborasi menjadikan tempat pembuangan sampah menjadi area pertanian, budi daya ikan dan maggot yang asri dan hijau," ujar Suni dilansir dari beritajakarta.id (23/10/2020).

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Diakui Sunni, aksi nyata ini juga sebagai upaya menguatkan ketahanan pangan keluarga. Upaya ini bisa menginspirasi masyarakat sekitar agar ikut berkontribusi.

Lahan seluas 500 meter persegi itu dimanfaatkan untuk menanam beragam jenis sayuran seperti sawi, terung, kangkung dan bayam. Kemudian ada tanaman obat keluarga (toga) dan umbi-umbian. Warga juga memanfaatkan lahan pertanian sebagai wahana edukatif.

[Baca Juga: Budidaya Maggot Efektif Atasi Masalah Sampah]

Saat ini warga RT 05/09 Kelurahan Warakas telah membentuk kelompok Bocah Cinta Lingkungan (Bocil) yang berperan aktif membantu pertanian dengan jumlah anggota sebanyak 70 anak. "Kegiatan ini mengedukasi anak agar tertanam rasa mencintai lingkungan sejak dini. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan 3M saat beraktivitas di lingkungan agar terhindar resiko penularan COVID-19," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.