Warga yang Tinggal di Kampung Jakarta, Rentan Kena COVID-19

Berita Kawasan

Warga yang Tinggal di Kampung Jakarta, Rentan Kena COVID-19

Puluhan jutaan orang tinggal di Jakarta, sebagian dari mereka tinggal pada rumah-rumah yang sempit hingga berdempetan dengan pemukiman warga lainnya. Inilah yang disebut sebagai kampung. Di mana, warga yang tinggal di pemukiman seperti itu besar kemungkinannya terserang maupun menyebarkan COVID-19.

Demi mencegah hal-hal buruk yang terjadi, Pemerintah kota Jakarta di bawah instruksi pemerintah provinsi telah melakukan tes antibodi cepat di beberapa kampung selama beberapa minggu terakhir untuk mencegah adanya kelompok infeksi baru.

Melansir laman thejakartapost.com (13/05/2020). Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Jakarta Pusat Erizon Safari menyebutkan, pekan lalu di Kecamatan Kebon Kacang, 24 orang dinyatakan positif COVID-19 setelah otoritas kesehatan menguji 170 penduduk.

Warga yang Tinggal di Kampung Jakarta, Rentan Kena COVID-19

Namun, tes antibodi diketahui tidak akurat. Pemerintah telah memutuskan untuk tidak memasukkan hasil tes tersebut dalam penghitungan COVID-19 resmi sampai mereka dikonfirmasikan dengan pengujian reaksi rantai polimerase (PCR).

“Kami telah mengumpulkan 24 orang yang sementara dinyatakan positif virus untuk melakukan tes PCR. Sambil menunggu hasilnya, 21 di antaranya diisolasi di rumah sakit dan tiga sisanya di rumah,” ucapnya.

Tiga hari kemudian, 17 dari mereka dinyatakan positif virus COVID-19. Namun, petugas medis belum dapat menyimpulkan di mana 17 orang telah tertular virus karena tidak menunjukkan gejalanya.

[Baca Juga: Pengetesan COVID-19 Dilakukan di 12 Pasar Tradisional Kota Bekasi]

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengatakan, ada 18 kampung yang diprioritaskan untuk pengujian cepat di Jakarta Utara, tetapi otoritas kesehatan akan fokus terlebih dulu di tempat kasus-kasus yang dikonfirmasi telah dicatat.

Ia menambahkan, pihaknya sedang menunggu test kit dari Pemprov DKI Jakarta untuk melanjutkan pengujian cepat. Jakarta Barat melakukan tes cepat terhadap 186 orang di Kampung Rawa Barat di Kecamatan Kebon Jeruk. Tiga dinyatakan positif. Mereka telah diisolasi sampai hasil tes PCR mereka dikembalikan.

[Baca Juga: BNPB Targetkan 10 Ribu Tes SWAB per Hari]

Sedangkan di Jakarta Selatan sekitar 150 orang telah dites di kampung-kampung di Kecamatan Pondok Pinang. Satu orang dinyatakan positif.

Pandu Riono, seorang ahli epidemiologi di Universitas Indonesia meminta pemerintah Jakarta untuk memulai pengujian massal di lingkungan padat penduduk.

"Penemuan kasus baru ditentukan oleh layanan pengujian kami. Kami harus memulai [pengujian] di daerah yang mungkin dapat membentuk kelompok baru. Jakarta harus memastikan bahwa tidak ada transmisi yang terjadi di daerah pemukiman padat penduduknya," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.