Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19.jpg

Kesehatan

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19

Walau saat ini pemerintah pusat masih terus mempersiapkan uji coba vaksinasi COVID-19, pandemi penyakit yang disebabkan virus Corona ini masih terus membayangi wilayah Indonesia. Oleh karena itulah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyayangkan kondisi di Kota Pahlawan yang ia pandang warganya sudah mulai turun kesadarannya dalam menerapkan protokol kesehatan. Padahal masih ada potensi ancaman gelombang kedua COVID-19.

Sekadar informasi, gelombang lanjutan atau gelombang kedua dari pandemi COVID-19 sudah terjadi sejumlah negara yang sebelumnya dipandang berhasil mengatasi wabah penyakit akibat virus Corona tersebut. Pada awal November 2020, wilayah benua Eropa sempat menghadapi gelombang kedua COVID-19 yang setidaknya menyebabkan ratusan ribu orang dari berbagai negara di wilayah ini kehilangan nyawanya. Namun berkat lockdown yang ketat, negara seperti Inggris dan Prancis disinyalir mulai dapat menangani gelombang kedua ini dan telah melonggarkan kebijakannya.

[Baca Juga: Covid Hunter Gencar Jemput Pasien COVID-19 untuk Perawatan di RSDL Jawa Timur]

Kondisi gelombang kedua inilah yang dikhawatirkan Wali Kota Risma bisa saja menimpa wilayah Tanah Air, khususnya di Kota Surabaya. “Jadi, Bu Wali meminta kami untuk mengantisipasi adanya gelombang kedua COVID-19, karena ada indikasi penurunan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujar Wakil Sekretaris IV Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto, sebagaimana dikutip dari surabaya.go.id (1/12/2020).

Dari kekhawatiran Wali Kota Risma inilah, Pemkot Surabaya menggaungkan agar protokol kesehatan yang terdiri dari Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sabun atau 3M harus tetap dilakukan masyarakat di Kota Pahlawan. Protokol kesehatan ini sangat penting, karena menurut mantan Kepala Satpol PP Kota Surabaya itu, warga saat ini sudah mulai rutin bersosialisasi serta kumpul-kumpul dan pada momen inilah banyak yang memilih untuk melepas masker saat mengobrol sembari makan.

W arganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19.jpg

Atas dasar pandangan itulah, Pemkot Surabaya meminta agar satuan tugas mandiri di berbagai tempat yang dulu sempat aktif memastikan penerapan protokol kesehatan agar kembali diaktifkan kembali. Lalu perihal kegiatan hajatan yang sudah mulai banyak diselenggarakan, Irvan menegaskan agar penyelanggara harus konsisten dengan usulannya serta sesuai rekomendasi dari Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya.

“Perlu diingat juga, bilamana tidak sesuai dengan rekomendasi satgas, maka ada konsekuensi hukum yang akan diberlakukan. Ini penting demi keselamatan bersama,” imbuhnya. Irvan menambahkan, saat ini yang pihaknya tegaskan adalah terkait protokol kesehatan, karena vaksin yang saat ini masih menjadi solusi terbaik untuk Kota Surabaya adalah terkait perubahan perilaku masyarakatannya yang terus membiasakan sesuatu yang tak biasa.

Read More

Artikel Lainnya

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

Pendidikan

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

18 January 2021, 16:17

Kanal yang diberi nama Belajar Bersama Disdik Kota Depok ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) atau pembelajaran daring siswa.

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

Kesehatan

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

18 January 2021, 15:28

Proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan SMS yang sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

18 January 2021, 14:23

Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay.


Comments


Please Login to leave a comment.