Warung Aziz 2.jpg

Kuliner

Warung Aziz, Favorit Bungkus Aneka Menu Jawa Timuran

Dalam sebuah wisata rasa, memilih menu-menu dari warung sederhana terkadang menjadi pilihan yang direkomendasikan. Kita bisa melihat ini dari film Aruna dan Lidahnya yang mana menggambarkan sebuah rasa otentik justru lahir dari dapur-dapur sederhana di pinggiran jalan, perkampungan, bahkan rumah warga. Terlepas dari intrik fiksi yang dihadirkannya, penggambaran wisata rasa dalam film tersebut bisa menjadi acuan, terutama dalam memilih menu olahan khas Jawa Timuran di Kota Batu. Membeli rawon di Warung Aziz misalnya, akan terasa lebih seperti di rumah sendiri daripada ketika kita memilih rumah makan yang eksklusif.

Cukup merogoh kocek mulai dengan Rp5.000, kita bisa menikmati makanan khas Jawa Timuran tanpa perlu khawatir kurang kenyang. Sebagaimana warung prasmanan pada umumnya, kita bebas memilih nasi sepuas yang kita mau. Warung Aziz sendiri menyediakan tiga jenis nasi yang selalu hangat dalam magic com besarnya, yakni nasi putih, nasi merah, dan nasi jagung. Pengetahuan mendasar tentang banyaknya orang tua yang perlu menjaga gula darah di Giripurno membuat Warung Aziz merasa perlu menyediakan nasi merah. Sementara itu, nasi jagung sudah menjadi khas dalam menyambut kuah-kuah lodeh, sayur asem, dan sayur bayam untuk menu-menu Jawa Timuran.

Warung Aziz 1.jpg

Warung Aziz memiliki nilai cita rasa yang kuat dalam kesederhanaan yang disajikannya. Rawon Kereng menjadi menu khas yang tak bisa dilewatkan di Warung Aziz. Kata kereng dalam menu tersebut berasal dari kepanjangan kuahe ireng ‘kuahnya hitam’. Rasa yang pekat dari kluwek yang digiling halus membuat aroma dari kuah panas rawon ini bahkan sudah tercium sejak penutup pancinya dibuka. Tak ayal, menu ini seringkali habis lebih dulu dibandingkan menu lainnya. Bersanding dengan menu ini, sayur asam yang diolah dengan asam Jawa, daun mangga muda, dan daun kangkung ini memiliki rasa masam gurih yang kuat sehingga sangat cocok disandingkan dengan nasi jagung.

“Kalau udah pesen nasi jagung sama sayur asam di sini, besok pasti ngulang lagi. Temen-temen di kebun juga sering titip menu itu,” terang Pak Sumari, salah satu pelanggan tetap Warung Aziz.


Read More

"Warung Aziz"

Warung masakan Jawa ala Pedesaan.

None
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.