Waspada Bila Kesemutan Berlangsung dalam Jangka Panjang

Kesehatan

Waspada Bila Kesemutan Berlangsung dalam Jangka Panjang

Kesemutan atau dalam istilah medis disebut paresthesia. Kondisi seperti ini hampir semua orang merasakannya. Kesemutan timbul seperti sensasi ditusuk-tusuk (pricking), digelitik (tingling), dan diserta rasa kebas atau mati rasa (numbness). Timbulnya sensasi ini bersifat sementara. Namun, ada juga yang dirasakannya berlangsung lama. Bagian tubuh yang paling sering kaki dan tangan.

Waspada Bila Kesemutan Berlangsung dalam Jangka Panjang

Biasanya kesemutan terjadi saat duduk bersilang terlalu lama, pemakaian sepatu yang sempit, atau saat tidur di satu sisi dan tangan tertekan. Hal ini karena saraf mendapatkan tekanan sehingga aliran darah pada saraf tidak lancar. Anda patut mewaspadai kesemutan yang berlangsung lama atau kronis.

[Baca Juga: Mengenal Kondisi Medis “Ketindihan” atau Erep-Erep]

Menurut dr. Yudish Herlambang ketika diwawancara oleh PingPoint.co.id (21/2/2020), beberapa jenis penyakit yang sering terjadi karena kesemutan biasanya, disebabkan hal-hal berikut ini.

  • Cedera atau Kecelakaan: Kerusakan pada sel saraf dan menyebabkan paresthesia.
  • Stroke Ringan: Jika aliran darah ke otak terganggu dapat menyebabkan paresthesia kronis.
  • Multiple Sclerosis: Sel saraf rusak sehingga indra perasa terganggu
  • Diabetes Melitus: Gula darah tinggi dapat menyebabkan rusaknya saraf yang berakibat kesemutan.
  • Sciatica: Penekanan bagian saraf dari bawah pinggul sampai kaki. Biasanya yang dialami oleh ibu hamil, pada kaki yang terjadi.
  • Gangguan saraf seperti Carpal Tunnel Syndrome (CTS): Biasanya terjadi pada orang-orang yang sering menggunakan alat berat yang bergetar, pengendara motor jarak jauh, atau biasanya ibu-ibu yang mengulek.
  • Kekurangan Vitamin: Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan kesemutan.
  • Pengobatan tertentu: Kemoterapi menyebabkan gangguan saraf yang menjadi penyebab kesemutan

Kesemutan yang bersifat sementara biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, bila kesemutan yang bersifat berkepanjangan, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter. Dan, dokter biasanya akan memeriksa tes darah, rontgen, CT Scan, Magnetic Resonance Imaging, Elektromiogram.

[Baca Juga: Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli]

Agar kesemutan yang Anda alami dapat berkurang, Anda bisa menerapkan hidup sehat dengan cara rutin, seperti berolahraga, pola makan yang sehat, mengontrol kadar gula darah, berhenti merokok, dan menghindari mengonsumsi alkohol.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian,club guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian,club ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>