Waspada Bila Kesemutan Berlangsung dalam Jangka Panjang

Kesehatan

Waspada Bila Kesemutan Berlangsung dalam Jangka Panjang

Kesemutan atau dalam istilah medis disebut paresthesia. Kondisi seperti ini hampir semua orang merasakannya. Kesemutan timbul seperti sensasi ditusuk-tusuk (pricking), digelitik (tingling), dan diserta rasa kebas atau mati rasa (numbness). Timbulnya sensasi ini bersifat sementara. Namun, ada juga yang dirasakannya berlangsung lama. Bagian tubuh yang paling sering kaki dan tangan.

Waspada Bila Kesemutan Berlangsung dalam Jangka Panjang

Biasanya kesemutan terjadi saat duduk bersilang terlalu lama, pemakaian sepatu yang sempit, atau saat tidur di satu sisi dan tangan tertekan. Hal ini karena saraf mendapatkan tekanan sehingga aliran darah pada saraf tidak lancar. Anda patut mewaspadai kesemutan yang berlangsung lama atau kronis.

[Baca Juga: Mengenal Kondisi Medis “Ketindihan” atau Erep-Erep]

Menurut dr. Yudish Herlambang ketika diwawancara oleh PingPoint.co.id (21/2/2020), beberapa jenis penyakit yang sering terjadi karena kesemutan biasanya, disebabkan hal-hal berikut ini.

  • Cedera atau Kecelakaan: Kerusakan pada sel saraf dan menyebabkan paresthesia.
  • Stroke Ringan: Jika aliran darah ke otak terganggu dapat menyebabkan paresthesia kronis.
  • Multiple Sclerosis: Sel saraf rusak sehingga indra perasa terganggu
  • Diabetes Melitus: Gula darah tinggi dapat menyebabkan rusaknya saraf yang berakibat kesemutan.
  • Sciatica: Penekanan bagian saraf dari bawah pinggul sampai kaki. Biasanya yang dialami oleh ibu hamil, pada kaki yang terjadi.
  • Gangguan saraf seperti Carpal Tunnel Syndrome (CTS): Biasanya terjadi pada orang-orang yang sering menggunakan alat berat yang bergetar, pengendara motor jarak jauh, atau biasanya ibu-ibu yang mengulek.
  • Kekurangan Vitamin: Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan kesemutan.
  • Pengobatan tertentu: Kemoterapi menyebabkan gangguan saraf yang menjadi penyebab kesemutan

Kesemutan yang bersifat sementara biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun, bila kesemutan yang bersifat berkepanjangan, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter. Dan, dokter biasanya akan memeriksa tes darah, rontgen, CT Scan, Magnetic Resonance Imaging, Elektromiogram.

[Baca Juga: Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli]

Agar kesemutan yang Anda alami dapat berkurang, Anda bisa menerapkan hidup sehat dengan cara rutin, seperti berolahraga, pola makan yang sehat, mengontrol kadar gula darah, berhenti merokok, dan menghindari mengonsumsi alkohol.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 5 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian,club guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian,club ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>