Waspada Corona, Kemnaker Keluarkan Larangan Masuknya TKA China

Bisnis

Waspada Corona, Kemnaker Keluarkan Larangan Masuknya TKA China

Pemerintah Republik Indonesia terus melakukan upaya untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Tanah Air. Salah satu upaya yang baru-baru ini dilakukan adalah dengan melarang sementara Tenaga Kerja Asing (TKA) dari China untuk masuk ke Indonesia.

Larangan itu tertuang dalam surat edaran nomor M.1.HK.04/II/2020 yang dikeluarkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker RI) terkait larangan sementara penggunaan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok akibat Virus Corona.

[Baca Juga: Ini Dampak Virus Corona Bagi Perekonomian Indonesia]

Surat yang ditandatangi Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauzia tersebut memuat tiga poin, yang pertama melarang dan menghentikan sementara penggunaan TKA yang akan didatangkan dari Tiongkok.

Selanjutnya yang kedua tertulis bagi TKA yang dipekerjakan pada pekerjaan yang bersifat sementara dan masih tinggal di Indonesia, dapat diperpanjang paling lama enam bulan. Sedangkan poin ketiga berisikan masa berlaku surat edaran tersebut hingga 29 Februari 2020 dan akan dievaluasi kembali.

Waspada Corona, Kemnaker Keluarkan Larangan Masuknya TKA China

Meski masa berlaku surat hanya sampai 29 Februari 2020, namun Plt. Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemenaker Aris Wahyudi mengatakan, larangan itu dilakukan sampai ada arahan presiden dan juga pembukaan penerbangan dari dan ke China.

Waspada Corona, Kemnaker Keluarkan Larangan Masuknya TKA China

Aris mengakui larangan masuknya TKA China ke Indonesia berimbas pada beberapa proyek yang bekerjasama dengan China. Oleh sebab itu, pemerintah pun memberi kelonggaran bagi pelaku usaha untuk bisa kembali mempekerjakan TKA China yang masih ada di Indonesia paling lama enam bulan seperti yang tertulis pada poin nomor dua dalam surat edaran tersebut.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Jika melihat data Kemnaker, jumlah TKA asal China yang masih ada di Indonesia per 13 Februari 2020 ada sebanyak 39.838 orang. Jika dirinci, jumlah tersebut terdiri dari 22.084 yang bekerja di sektor jasa, 17.258 orang di sektor industri dan 496 orang di sektor pertanian dan maritim.

Dari jumlah itu paling banyak menempati posisi profesional sebanyak 18.906. Diikuti oleh posisi konsultan/advisor sebanyak 9.442 orang dan manajer sebanyak 6.473 orang. Sisanya, menempati posisi supervisor, teknisi, direksi, dan komisaris.


Read More

Artikel Lainnya

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya.jpg

Pendidikan

Sejumlah Kucing di Kampus Unpad Jatinangor Diberikan Kalung Reflektif, Kenapa Ya?

18 August 2022, 13:39

Para mahasiswa Unpad belum lama ini memutuskan untuk memasangkan kalung reflektif untuk kucing-kucing liar yang tinggal di sekitaran area kampus Unpad Jatinangor.

Momen HUT RI ke-77, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Wargany a.jpg

Berita Kawasan

Momen HUT ke-77 RI, Anies Beri Kado Keringanan Pajak PBB untuk Warganya

18 August 2022, 11:38

Dengan tema kebangkitan di HUT ke-77 RI, Anies mengungkapkan bahwa pihaknya telah meringankan beban warganya dengan memberikan keringanan pajak bahkan membebaskannya.

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.


Comments


Please Login to leave a comment.