Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Memilih Sekolah Sepak Bola

Kesehatan

Waspada COVID-19, Berbagai Kompetisi Olahraga Tanah Air Dihentikan

Sudah ratusan ribu orang di seluruh dunia yang terkena wabah COVID-19. Di tanah air, lebih dari 170 kasus terjadi. Kondisi ini berdampak pada banyak bidang, termasuk olahraga. Mengikuti jejak sejumlah kompetisi olahraga internasional, sejumlah kompetisi dari berbagai cabang olahraga di Indonesia juga menerapkan penghentian sementara.

Dari cabang olahraga sepakbola, Pesatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan operator liga sepak bola Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), telah menunda semua kompetisi di dua liga teratas mereka, Liga 1 dan Liga 2, selama dua minggu ke depan karena mereka memprioritaskan keamanan pemain, ofisial, dan penonton. Keputusan itu diambil dalam pertemuan luar biasa mereka pada 16 Maret 2020, Senin malam.

Waspada COVID-19, Berbagai Kompetisi Olahraga Tanah Air Dihentikan

1) PSSI

"Setelah berkoordinasi dengan menteri pemuda dan olahraga, LIB dan komite eksekutif [PSSI], kami telah memutuskan untuk menangguhkan kompetisi setidaknya selama dua minggu sambil menunggu pembaruan terbaru tentang COVID-19," kata ketua PSSI Mochamad Iriawan, seperti diberitakan Jakartapost, Selasa (17/3/2020).

PSSI sekarang merancang rencana mitigasi dan menilai bagaimana wabah itu dapat mempengaruhi masa depan liga setelah suspensi dua minggu. Sadar akan kerugian finansial yang mungkin diderita klub sepakbola sebagai akibat dari jeda kompetisi, PSSI berjanji untuk membantu LIB dalam menghitung kerugian setiap klub anggota.

“Beberapa negara lain telah membuat keputusan tegas untuk menghentikan kompetisi sepakbola mereka. Malaysia dan Thailand telah menunda liga sepak bola mereka. Langkah serupa juga diambil di Cina, Jepang dan Korea Selatan, ” sambung wakil ketua PSSI, Cucu Somantri.

Waspada COVID-19, Berbagai Kompetisi Olahraga Tanah Air Dihentikan

2) PBVSI

Sementara itu, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) juga turut merelokasi semua pertandingan tersisa dari liga bola voli nasional, Proliga, dari berbagai tempat di Jawa ke Sentul di Bogor, Jawa Barat, untuk meminimalkan risiko. Termasuk juga pertandingan yang seharusnya diadakan di Surakarta Jawa Tengah, di mana pemerintah daerah menyatakan status kejadian luar biasa (KLB) setelah kematian seorang pasien COVID-19 di wilayah tersebut minggu lalu.

“Rencana tetap dijalankan agar kompetisi Proliga berjalan sesuai jadwal sepanjang April. Semua pertandingan di masa depan akan diadakan tanpa penonton,” tutur Direktur Proliga Hanny Surkatty Senin (16/3/2020).

Waspada COVID-19, Berbagai Kompetisi Olahraga Tanah Air Dihentikan

3) IBL

Sebelum PSSI dan PBVSI, Indonesian Basketball League (IBL) adalah liga pertama yang menghentikan kompetisi. Itu mengumumkan keputusan pada hari Jumat, hanya beberapa jam sebelum pertemuan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk membahas dampak COVID-19 dengan asosiasi olahraga dan operator liga olahraga.

Waspada COVID-19, Berbagai Kompetisi Olahraga Tanah Air Dihentikan

4) PBSI

Sedangkan dari cabang Badminton, para pemain bulutangkis yang kembali dari acara olahraga internasional, termasuk turnamen All England yang baru saja selesai, diisolasi sesampainya di Indonesia. Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti termasuk di antara 24 atlet, pelatih, dan ofisial yang diwajibkan melakukan karantina sendiri di pusat pelatihan PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, selama 14 hari.

Atlet-atlet ini hanya dapat meninggalkan Cipayung untuk tujuan darurat setelah mendapatkan izin dari pelatih mereka dan dokter asosiasi. Mereka akan diberikan program pelatihan khusus yang dirancang untuk masa karantina,” jelas Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto.

[Baca Juga: Konser Malam Pergantian Tahun Slank di GBK Dibatalkan]

[Baca Juga: Dipicu COVID-19, Konser One Ok Rock Ditunda]


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.