Waspada COVID-19, Jakarta Barat Pertimbangkan Pengadaan Area Isolasi

Kesehatan

Waspada COVID-19, Jakarta Barat Pertimbangkan Pengadaan Area Isolasi

Dengan semakin bertambahnya pasien yang positif terpapar Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia, para pemerintah daerah di Jabodetabek pun banyak bergerak untuk melakukan langkah antisipasi agar para warganya terhindar dari virus ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat pun sudah melakukan hal yang sama sejak Januari 2020 tapi dengan penyebaran COVID-19 yang terbilang cepat, mereka mempertimbangkan untuk mengambil langkah antisipasi lainnya. Di mana Pemkot Jakarta Barat ingin membangun area isolasi khusus suspect atau pasien positif Virus Corona.

Waspada COVID-19, Jakarta Barat Pertimbangkan Pengadaan Area Isolasi

Rencana pembangunan area isolasi ini disampaikan Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi pada pidato peresmian Walkot Farm 4.0 di wilayahnya. Ia menyebut, momen ini tepat untuk menyampaikan mengenai sosialisasi terkait Virus Corona sekaligus langkah apa saja yang harus diambil agar terhindar. Pasalnya, dari mulai jajaran pemerintahan di Jakarta Barat sampai kelurahan, termasuk para warganya, hadir dalam peresmian ini sehingga ini menurutnya waktu yang tepat membahas COVID-19.

[Baca Juga: Tanpa Potong Gaji, Anies Liburkan PNS dengan Gejala Mirip COVID-19]

Salah satu hal yang Rustam soroti adalah kebiasaan orang bersalaman yang sangat berpotensi memicu penyebaran Virus Corona. Oleh karena itulah, sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ia meminta semua pihak di Jakarta Barat agar bersalamannya tidak saling bersentuhan antara satu individu dengan individu lainnya. Selain itu, ia sangat menyoroti mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS yang menjadi langkah antisipasi terhadap COVID-19.

Saat ini di kawasan Jakarta Barat sendiri sudah ada rumah sakit yang ditujukan untuk rujukan bagi suspect atau pasien yang positif terkena Virus Corona, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng. Namun, Rustam Effendi tak memungkiri bahwa kapasitas rumah sakit itu terbatas dalam menampung suspect COVID-19, sehingga ia mempertimbangkan membangun area isolasi khusus.

[Baca Juga: Sudin Kesehatan Jakarta Barat Telusuri Jejak WN Jepang Terkait Corona]

“Hari ini kita dipanggil lagi, untuk apa? Bilamana terjadi kasus yang sedemikian rupa mendesak membutuhkan tempat, maka kita harus siap. Kan kita tidak tahu dari 34 (pasien) itu berkembangnya nanti berapa lama. Kalau kita hitung-hitung dari Januari sampai dengan Maret ini sudah 34, sekali lagi itu yang ketahuan,” ujar Rustam Effendi kepada awak media pada persemian Walkot Farm 4.0 di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya No.2, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (13/3/2020).

Orang nomor satu di Jakarta Barat itu melanjutkan, ia meminta Sekretaris Kota Jakarta Barat Eldi Andi untuk merapatkan dalam mencari lokasi, seperti fasilitas kesehatan puskesmas, yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang isolasi pasien Virus Corona. Karena ia khawatir COVID-19 memiliki potensi untuk terus berkembang penyebarannya, sedangkan rumah sakit yang menjadi rujukan isolasi memiliki kapasitas yang terbatas. Jadi butuh langkah antisipasi lainnya dari sisi Pemkot Jakarta Barat.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 5 months lalu
    suki

    Bola165 ,co game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...