Waspada Cuaca Ekstrem Angin Kencang di Kota Malang

Berita Kawasan

Waspada Cuaca Ekstrem Angin Kencang di Kota Malang

Peristiwa angin kencang yang melanda sejumlah daerah di Jawa Timur patut diwaspadai. Dalam dua hari kebelakang ini misalnya, Kota Malang dilanda angin kencang. Karenanya, aktivitas masyarakat dinilai harus mengedepankan kehati-hatian. Mengingat, cuaca ini bisa berpotensi memunculkan bencana seperti pohon tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang mengimbau warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi selama beberapa hari ke depan. Potensi bencana yang diperkirakan, meliputi angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang, tanah longsor di kawasan bantaran sungai, serta banjir sesaat atau genangan.

Waspada Cuaca Ekstrem Angin Kencang di Kota Malang

Kepala BPBD Kota Malang Ali Mulyanto menyatakan, upaya kesiapsiagaan untuk meminimalkan dampak munculnya bencana terus digencarkan. Ia menyebut, proses penanganan bencana terdapat tiga macam. Yakni pra bencana atau kesiapasiagaan, saat terjadi bencana, serta pasca bencana.

"Di musim seperti ini, BPBD melakukan upaya kesiapsiagaan untuk meminimalkan dampak bencana," ujarnya seperti diberitakan malangtimes.com (8/12/2020).

Seperti kondisi angin kencang saat ini, sebagai bentuk kesiapsiagaan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Yakni, untuk melakukan pemotongan pohon yang rawan tumbang di sejumlah titik.

[Baca Juga: Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir]

Apalagi, di beberapa waktu terakhir, BPBD Kota Malang menerima laporan pohon tumbang di sejumlah titik. Di antaranya, kawasan Tanjung, Tidar, dan Taman Slamet.

"Berkaitan pra bencana, DLH dalam hal ini memiliki otoritas untuk melakukan pemotongan pohon yang rentan tumbang. Kemudian saat ada pohon tumbang, petugas BPBD yang melakukan evakuasi," Ali Mulyanto menambahkan.

Di samping mewaspadai potensi bencana, BPBD juga mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran COVID-19. Pasalnya, musim hujan dan cuaca ekstrem bisa membuat kondisi daya tahan tubuh melemah, yang berakibat virus rentan masuk ke tubuh manusia.

Waspada Cuaca Ekstrem Angin Kencang di Kota Malang

"Musim penghujan saat pandemi ini kami juga imbau masyarakat tertib menerapkan 3 M dan 1 I. Yakni disiplin memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sementara 1 I adalah menjaga imun. Menjaga imun itu dengan makan yang cukup, istirahat cukup, serta olahraga," ujarnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang menemui atau pun mengalami kejadian bencana diminta untuk melapor melalui sabungan telpon 112. Sehingga, akan diarahkan pada pihak yang berkompeten melakukan penanganan.

"Jika ada laporan kejadian apa pun bisa menghubungi 112. Nanti dari situ akan diteruskan pada pihak yang berkompeten. Seperti kejadian bencana yang akan diteruskan pada kami (BPBD) untuk ditindaklanjuti. Kalau berkaitan dengan kecelakaan akan diteruskan pada Dishub dan PSC," Ali Mulyanto menjelaskan.

Sebagai informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah memprediksi terjadinya curah hujan lebat pada periode sepekan di Indonesia. Potensi peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang diprediksi terjadi pada 5-11 Desember 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.