Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memimpin Kerja Bakti Akbar di Jalan Kebon Jayanti, Kecamatan Kiaracondong pada Kamis, 29 Oktober 2020. Aksi ini sebagai langkah untuk menghadapi musim penghujan yang sudah mulai mengguyur Kota Bandung dan sekitarnya.

Ia mengungkapkan, saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan. Oleh karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama warga harus memastikan saluran air berfungsi dengan lancar guna mengantisipasi curah hujan yang lebih tinggi. "Alhamdulillah hari ini warga mau bersama-sama membersihkan saluran dan lingkungan sekitarnya. Karena diprediksi ke depan dengan La Nina ini ada konsekuensi terhadap Kota Bandung," kata Yana seperti diberitakan humas.bandung.go.id (30/10/2020).

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

"Selain waspada terhadap COVID-19, kita juga harus waspada terhadap kemungkinan bencana yang mudah-mudahan tidak terjadi. Tetapi tetap kita harus antisipasi," imbuhnya. Selain aparat kewilayahan dan jajaran TNI Polri, Kerja Bakti Akbar juga diikuti oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan, komunitas, serta sejumlah organisasi kepemudaan.

Target utama gerakan kali ini menyasar saluran air dan lingkungan sekitarnya yang tepat berdekatan dengan Pasar Kiaracondong. Yana mengingatkan, partisipasi masyarakat untuk menjaga saluran air menjadi kunci penting saat menghadapi musim hujan. Sebab sudah sering terjadi, kelalaian warga membuang sampah ke sungai menjadi penyebab banjir.

[Baca Juga: Antisipasi Banjir Kebon Jeruk, Pemkot Jakarta Barat Koordinasi Pencegahan Genangan]

"Warga juga tahu di daerah Kebon Jeruk pernah banjir. Ternyata salurannya ada bedcover. Saya berharap banjir ini ditangani dengan partisipasi warga. Salah satunya tidak buang sampah sembarangan," tuturnya.

Pemkot Bandung, sambungnya, masih terus berusaha menghadirkan sejumlah solusi alternatif untuk mengurangi banjir. Di antaranya dengan membuat kolam retensi. Kolam Retensi sudah terbukti bisa menahan sementara debit air. Seperti Kolam Retensi Sirnaraga dan Jalan Bima yang berfungsi untuk parkir sementara aliran Sungai Citepus. Kolam Retensi Rancabolang, mengurangi genangan di kawasan Gebegage.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Kini Pemkot Bandung tengah menyiapkan sejumlah kolam di kawasan Gedebage dan sekitarnya. "Alhamdulillah dengan Wetland Cisurupan sungai Ciloa biasanya di hulu hujan, Gedebage banjir. Itu juga karena air meresap cukup banyak," Yana menjelaskan. Kolam Retensi Sirnaraga dan Kolam Retensi Bima, lanjutnya, cukup mengurangi limpahan air yang biasa ke Pagarsih.

Dia juga mengulas kemampuan drumpori yang cukup efektif sebagai resapan air saat musim hujan. Drumpori mampu mengurangi air hujan agar tidak meluap ke jalan atau pun mengurangi yang mengalir ke saluran menuju sungai. "Drumpori dengan kapasitas 200 liter dan memiliki rongga-rongga, air hujan bisa menyerap lebih banyak. Mudah-mudahan daya serap air lebih cepat apalagi La Nina terjadi hingga tahun 2021," tutup Yana.

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Lisa 4 weeks, 1 day lalu
    lisa

    Hallo guyss masih semangat dengan keadaan yang sekarang di masa New Normal Kita memberikan hiburan sekaligus pendapatan yang menggiurkan untuk isi dompet anda Bergabung bersama kami di <a href="https://dupa88.org/slots/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Dupa88</a> Bukan situs kaleng-kaleng, berapapun anda menang pasti kami bayar jangan ragu lagi buruan daftarkan diri anda sekarang juga yaaa !!!!!!!

  • Anisa 4 weeks, 1 day lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Website Best Betting Online Indonesia Terlengkap, Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan Memberikan Promo Terbaru nya Ke semua member ( Baik Member Baru Maupun Member Setia QQHarian ) Untuk Game SPORTSBOOK ialah EVENT PESTA GOAL BONUS CUMA - CUMA IDR. 1.000.000,- Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah 👇 = 🏹 Situs Resmi QQHarian ( <a href="https://qqharian.cc/" title="Best Betting Online" rel="nofollow">CLICK DISINI</a> ) :) 🏹 biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian ) 🏹 https://www.facebook.com/SlotOnline3/ ( Fans Page Facebook ) 🏹 https://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )