Waspada Gelombang 2, Pemprov Jabar Perketat Pos Pemeriksaan Kala Lebaran

Berita Kawasan

Waspada Gelombang 2, Pemprov Jabar Perketat Pos Pantau Lebaran

Di tengah pandemi COVID-19 , lalu lintas Kota Bandung saat Hari Raya Idul Fitri terpantau lengang. Beberapa ruas jalan yang biasanya dipadati kendaraan, kini tidak sepadat biasanya. Lalu lintas pun terpantau lancar, terlihat beberapa kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

Suasana lengang juga nampak di Gerbang Tol Sadang, di Purwakarta, Jawa Barat. Sejumlah kendaraan pribadi masih tampak terlihat memasuki Kota Purwakarta, tetapi jumlah berkurang signifikan. Seperti disiarkan Kompas TV (24/5/2020), di jalan layang Pasupati hingga Pasteur, yang biasanya dipadati kendaraan saat Hari Raya Idulfitri, kini lengang.

[Baca Juga: Sah, Pemkot Bandung Perpanjang PSBB Hingga 29 Mei 2020]

Di hari pertama Lebaran, arus kendaraan dari Kalihurip menuju Kota Purwakarta melalui gerbang Tol Sadang, terus menurun. Lalu lintas didominasi para pemudik lokal yang ingin bersilaturahmi ke rumah sanak saudaranya. Meski lengang, petugas terus bersiap mengantisipasi adanya peningkatan arus kendaraan saat arus balik nanti.

Perketat Pos Pantau

Sebelumnya diberitakan, jelang Idulfitri 1441 Hijriah atau Lebaran ini, pos pemantauan pergerakan orang di Jabar diperketat. Menurut Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat Daud Ahmad pengetatan itu dilakukan untuk mencegah pergerakan orang di masa mudik yang sudah dilarang pemerintah sebelumnya.

Waspada Gelombang 2, Pemprov Jabar Perketat Pos Pemeriksaan Kala Lebaran

"Tidak bisa dipungkiri masih ada orang yang berniat mudik ke kampung halaman, ini yang kita cegah" kata Daud dalam jumpa pers update penanganan COVID-19 Jabar di Gedung Sate Kota Bandung pada 22 Mei seperti dilansir jabarprov.go.id.

Pengetatan tidak hanya dilakukan di pos pantau atau check point tetapi menurut Daud juga dilakukan di jalan-jalan tikus menuju daerah tertentu. "Karena kita banyak sekali jalan tikus, maka pengetatan tidak hanya dilakukan di pos pantau saja" ujarnya.

[Baca Juga: Beda Dengan Jabodebek, Warga Bandung Raya Dilarang Mudik Lokal]

Daud berharap petugas di pos pantau bisa berlaku tegas terhadap pelanggar PSBB Jabar yang dilanjutkan hingga 29 Mei 2020.

"Tentu saja akan melibatkan banyak petugas selain yang biasa bertugas di check point. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Kota yang biasa terlewati arus mudik, menambah petugas yang bisa ditempatkan di jalan-jalan tikus tersebut" papar Daud.

Kepada masyarakat, Daud tidak henti-hentinya meminta untuk mematuhi larangan mudik di Lebaran 2020 ini, untuk mencegah penularan COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.