Waspada Hepatitis A yang Bisa Menyerang Kapan dan Siapa Saja

Kesehatan

Waspada Hepatitis A yang Bisa Menyerang Kapan dan Siapa Saja

Berbeda dengan penyakit pada umumnya, hepatitisA sanggup menyerang sel-sel hati manusia, sehingga berdampak pada kemampuan hati seseorang. Hepatitis sendiri ialah kondisi peradangan hati yang umumnya disebabkan oleh virus.

Melansir dari Heathline (27/6/2019), dalam beberapa kondisi, penyakit ini bisa juga disebabkan oleh paparan racun, rendahnya kekebalan tubuh, dan infeksi, dan penyalahgunaan alkohol. Kondisi tersebut dapat menganggu proses metabolisme dalam tubuh Anda. karena organ hati mempunyai banyak fungsi yang sangat vital, seperti untuk menyaring racun, aktivasi enzim, dan produksi empedu untuk pencernaan.

[Baca Juga: Waspada Bahaya Kanker Hati pada Pria]

Di Asia Tenggara, penyakit ini menjangkit 400.000 orang per tahunnya dengan angka kematian 800 jiwa. Hepatitis A sangat berbahaya karena bisa menyerang kapan dan siapa saja tanpa disadari. Selain tersebar melalui makanan dan minuman, hal-hal seperti kontak langsung dengan pengidap, berhubungan intim dengan sesame pria dan kontak langsung dengan pengidap juga dapat menyebabkan penularan hepatitis A.

Sejatinya, hepatitis A tidak separah hepatisis B dan hepatitis C. Namun, hepatitis A sanggup menyebabkan seseorang kerusakan hati yang akut dan dapat menyebabkan kematian. Belum lagi hepatitis A merupakan penyakit yang bisa kambuh lagi meski sudah dibersihkan.

[Baca Juga: Menkes Himbau Waspadai Virus MERS-Cov]

Gejala awal yang dirasakan apabila hepatitis A menyerang tubuh ialah seperti demam, muntah, mual dan nyeri pada otot. Bila mana virus ini menyerang organ hati, gejala seperti tinja berwarna cokelat, urin berwarna gelap dan sakit kuning akan pengidap. Pengidap yang berusia remaja dan dewasa harus merasakan gejala cukup parah dari sakit kuning. Maka dari itu, hepatitis A merupakan penyakit yang sulit disadari keberadaannya.

Bagaimana cara mengatasi hepatitis A? Jika terkena hepatitis A, pengidap tidak perlu penanganan khusus untuk mengobatinya. Karena tubuh memiliki sistem kekebalan yang dapat melawan virus. Segera periksalah ke dokter untuk diberikan obat-obatan yang berguna untuk meredakan gejala yang ditimbulkan hepatitis A.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.