Waspada Hepatitis A yang Bisa Menyerang Kapan dan Siapa Saja

Kesehatan

Waspada Hepatitis A yang Bisa Menyerang Kapan dan Siapa Saja

Berbeda dengan penyakit pada umumnya, hepatitisA sanggup menyerang sel-sel hati manusia, sehingga berdampak pada kemampuan hati seseorang. Hepatitis sendiri ialah kondisi peradangan hati yang umumnya disebabkan oleh virus.

Melansir dari Heathline (27/6/2019), dalam beberapa kondisi, penyakit ini bisa juga disebabkan oleh paparan racun, rendahnya kekebalan tubuh, dan infeksi, dan penyalahgunaan alkohol. Kondisi tersebut dapat menganggu proses metabolisme dalam tubuh Anda. karena organ hati mempunyai banyak fungsi yang sangat vital, seperti untuk menyaring racun, aktivasi enzim, dan produksi empedu untuk pencernaan.

[Baca Juga: Waspada Bahaya Kanker Hati pada Pria]

Di Asia Tenggara, penyakit ini menjangkit 400.000 orang per tahunnya dengan angka kematian 800 jiwa. Hepatitis A sangat berbahaya karena bisa menyerang kapan dan siapa saja tanpa disadari. Selain tersebar melalui makanan dan minuman, hal-hal seperti kontak langsung dengan pengidap, berhubungan intim dengan sesame pria dan kontak langsung dengan pengidap juga dapat menyebabkan penularan hepatitis A.

Sejatinya, hepatitis A tidak separah hepatisis B dan hepatitis C. Namun, hepatitis A sanggup menyebabkan seseorang kerusakan hati yang akut dan dapat menyebabkan kematian. Belum lagi hepatitis A merupakan penyakit yang bisa kambuh lagi meski sudah dibersihkan.

[Baca Juga: Menkes Himbau Waspadai Virus MERS-Cov]

Gejala awal yang dirasakan apabila hepatitis A menyerang tubuh ialah seperti demam, muntah, mual dan nyeri pada otot. Bila mana virus ini menyerang organ hati, gejala seperti tinja berwarna cokelat, urin berwarna gelap dan sakit kuning akan pengidap. Pengidap yang berusia remaja dan dewasa harus merasakan gejala cukup parah dari sakit kuning. Maka dari itu, hepatitis A merupakan penyakit yang sulit disadari keberadaannya.

Bagaimana cara mengatasi hepatitis A? Jika terkena hepatitis A, pengidap tidak perlu penanganan khusus untuk mengobatinya. Karena tubuh memiliki sistem kekebalan yang dapat melawan virus. Segera periksalah ke dokter untuk diberikan obat-obatan yang berguna untuk meredakan gejala yang ditimbulkan hepatitis A.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.