Waspada Hipersomnia, Ngantuk Berlebihan

Kesehatan

Waspada Hipersomnia dengan Gejala Ngantuk Berlebihan

Mengantuk adalah hal yang wajar terjadi dialami setiap orang. Namun, bila Anda masih mengantuk walau sudah tidur cukup, waspadalah bila Anda mengalami rasa kantuk berlebihan atau yang disebut dengan hipersomnia. Hipersomnia akan mengganggu kualitas hidup dan produktivitas seseorang bahkan menyebabkan berbagai penyakit tidur seperti Narkolepsi, Sleep Apnea, dan lain-lain.

Mengantuk berlebihan bisa menjadi tanda adanya penyakit tidur dan dapat memicu penyakit lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, berbagai penyakit jantung, stres, hingga gangguan seks. Orang yang menderita hipersomnia mudah tertidur kapan saja. Dilansir webmd.com (26/11/2019), menurut National Sleep Foundation, hingga 40 persen orang mengalami beberapa gejala hipersomnia dari waktu ke waktu.

[Baca Juga: Klinik Gangguan Tidur di RS Mitra Kemayoran]

Bila Anda mengalami hipersomnia, maka akan mudah terkendala pada produktivitas hidup Anda seperti konsentrasi terganggu, daya ingat menurun, ceroboh, bahkan kemampuan mengendarai sangat rendah. Dalam tayangan di channel Youtube Metro Manulife, Dr. Andreas Prasadja seorang RSPGT Sleep Physician dari RS Mitra Kemayoran mengatakan, bila penderita Hipersomnia ingin mengubah rasa kantuknya agar tidak berlebihan, disarankan untuk membuat jam tidur secara teratur.

Waspada Hipersomnia, Ngantuk Berlebihan

Aplikasikan jam bangun tidur Anda secara teratur selama dua minggu akan lebih baik. Bila masih mengantuk, tambahkan lagi setengah jam. Majukan jam tidur Anda setengah jam atau mundurkan bangunnya setengah jam. Dan rasakan apakah lebih baik atau tidak. Jika tidak ada perbaikan sama sekali, segera periksa ke dokter. Dr. Andreas Prasadja juga menjelaskan gejala umum hypersomnia: mengantuk sudah pasti, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi.

Melansir laman healthline.com (26/11/2019), orang dengan kondisi yang membuat mereka lelah di siang hari paling berisiko terkena hipersomnia. Kondisi-kondisi ini termasuk sleep apnea, kondisi ginjal, kondisi jantung, kondisi otak, depresi atipikal, dan fungsi tiroid yang rendah.

[Baca Juga: Ketahui Dampak Kesehatan yang Menghantui Pengidap Insomnia]

American Sleep Association menyatakan bahwa kondisinya lebih banyak mempengaruhi pria daripada wanita. Orang yang merokok atau minum secara teratur juga berisiko terkena hipersomnia. Obat yang menyebabkan kantuk dapat memiliki efek samping yang mirip dengan hipersomnia. Untuk mengatasi hipersomnia ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan. Yaitu dengan cara melakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makan-makanan yang memiliki gizi asupan terbaik.

Konsultasikanlah ke dokter bila Anda mengalami hipersomnia dan tak kunjung membaik sehingga mengganggu produktivitas Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.